News

News

MediaMU.COM

Apr 18, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: RS Muhammadiyah Berazaskan Kasih Sayang, Berpihak Pada Dhuafa Jamu PP Aisyiyah, Haedar Nashir Berpesan Untuk Dekatkan Dakwah dengan Masyarakat Lazismu bersama MPM PP Muhammadiyah Salurkan 1000 Paket Zakat Fitrah dan Fidyah Abdul Mu'ti: Jadikan Idulfitri Momentum Rekonsiliasi Sosial Ketua PP Muhammadiyah Prihatin Korupsi Subur di Tengah Masyakarat yang Religius Haedar Nashir: Puasa Momentum Seimbangkan Hidup dengan Sikap 'Tengahan' Warga Muhammadiyah Lokshumawe Shalat Id Serentak di Halaman Masjid At-Taqwa Taawun Sosial Ramadan PWA DIY: Berbagi Berkah dan Pesan Kebajikan Muhammadiyah DIY Siapkan 718 Lokasi Sholat Idulfitri 1445 H, Ini Daftarnya Layani Para Pemudik, RS PKU Muhammadiyah Bantul Sediakan 3 Posko Kesehatan PDPM Sleman Tebar Kebaikan Ramadhan Bersama Steps2 Allah London di Ponpes Abu Dzar Al Ghifari Gamping Dayah Modern Ihyaaussunnah Kota Lhokseumawe Sukse Gelar Intensive Qur’anic Camp Kunjungi Pos MudikMU Masjid Ahmad Dahlan Pundong, Sekretaris PWM DIY Apresiasi Fasilitas Layanan yang Tersedia MPKU dan Klinik PKU Bambanglipuro Bersinergi dalam Program Muhammadiyah Menyapa Muhammadiyah Umumkan Idul Fitri 1445 H Jatuh Pada Rabu 10 April 2024 Tetap Bertugas di Lebaran, RS PKU Muhammadiyah Yogya Siap Beri Pelayanan Maksimal

Inilah Program MPI PWM DIY 2022-2027: Dari Penulisan Sejarah, BA Influencer, Cetak Kader Jurnalis, Hingga Kelola Website PWM DIY

Peserta Rakerwil MPI PWM DIY bersama tamu undangan di Aula Islamic Center UAD, Sabtu (24/2). Foto: Dok. MPI PWM DIY

YOGYA - Serangkaian agenda Rapat Kerja (Raker) Majelis Pustaka dan Informasi Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (MPI PWM) DI Yogyakarta telah selesai. Agenda yang berlangsung selama sehari yaitu Sabtu (24/2) di Aula Masjid Islamic Center Universitas Ahmad Dahlan (UAD) itu diikuti sekitar 40 peserta, dari internal MPI, Majelis/lembaga PWM DIY, MPI PDM se-DIY, dan perwakilan ortom tingkat wilayah. 

Dalam rakerwil ini, sejumlah program telah dipersiapkan dan disampaikan kepada peserta. Program-program ini berasal dari 4 bidang di MPI. PWM DIY. 

Mulai dari bidang Kearsipan, Pustaka, dan Penerbitan dengan program-programnya seperti inventarisasi heritage atau situs sejarah Muhammadiyah, penulisan buku sejarah PWM DIY, pengelolaan penerbitan riset PWM DIY, dan wakaf buku. 

Lalu, bidang Media Sosial dan Komunikasi Publik berfokus pada penguatan dakwah di ranah media sosial yang digandrungi masyarakat, khususnya anak muda. Ada dua program yang direncanakan, yaitu mendata akun-akun media sosial afiliasi Muhammadiyah DIY dan berencana mengadakan Baitul Arqam untuk influencer dari Muhammadiyah. 

Selanjutnya, bidang Media Digital dan Jurnalistik, sesuai namanya akan konsentrasi pada pembentukan kader jurnalis. Sehingga, diadakanlah Sekolah Kader Jurnalistik serta membuat kurikulum pelatihan jurnalistik yang nantinya bisa jadi referensi bagi PDM, PCM, PRM, hingga ortom dan lain-lain. 

Kemudian, bidang Data dan Informasi akan membantu implementasi Sistem Informasi PP Muhammadiyah di lingkungan PWM DIY. Begitu juga dengan peningkatan literasi bidang teknologi informasi dan akan mengembangkan website PWM DIY dan Majelis/Lembaga di PWM DIY. 

Program-program yang dirancang ini tentunya menarik dan diharapkan bisa berjalan dengan maksimal untuk menjalankan spirit literasi dakwah di Muhammadiyah DIY. 

"Semoga MPI PWM DIY bisa bekerja dengan optimal selama satu periode. Untik mendorong dan mendukung visi dan misi Muhammadiyah menuju gerakan pencerahan," harap Ketua MPI PWM DIY, Afan Kurniawan, M.T.

Raker MPI PWM DIY resmi ditutup oleh Wakil Ketua PWM DIY Prof. Dr. Ariswan, M.Si., DEA. yang berharap MPI PWM DIY bisa menjadi inisiator dalam pendataan dan inovasi literasi di Persyarikatan Muhammadiyah. Ia juga ingin agar MPI PWM DIY bisa membangun roadmap kerja selama 5 tahun ini dan periode selanjutnya. 

“Saya yakin MPI dengan para personilnya yang kompeten dapat mengawal dakwah persyarikatan di jamaah dengan karya-karya luar biasa,” ujar Dosen Pendidikan Fisika Universitas Negeri Yogyakarta itu. (*) 

Wartawan: Dzikril Firmansyah 

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here