News

News

MediaMU.COM

May 7, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Mahasiswa UAD Tuntut Palestina Merdeka, Presiden BEM UAD: Negara Arab Jangan Cuma Peduli Minyak Saja! Ikut Aksi Bela Palestina, Rektor UAD: Anak Kecil Juga Pedih dengan Penderitaan Palestina Serukan Dukungan Palestina Merdeka, Dosen UAD: Pro Israel Hukumnya Haram Mughallazah Aksi Bela Palestina Menggema di Seluruh Kampus Muhammadiyah dan Aisyiyah Keluarga Alumni UAD Hadiri Syawalan: Taburkan Maaf, Sucikan Hati, Eratkan Tali Persaudaraan Perguruan Tinggi Muhammadiyah - Aisyiyah Bakal Gelar Aksi Serentak Bela Palestina Perkuat Dakwah, Warga Muhammadiyah Bantul Hadiri Syawalan dan Pelepasan Ratusan Jamaah Haji Gelar Syawalan dan Silatnas, IPM Luncurkan Inovasi dan Rencana Masa Depan Menjanjikan Syawalan PCM Kalasan Bahas Diplomasi Makanan Sebagai Upaya Melenturkan Dakwah Berkemajuan Syawalan PCM Gamping, dr. Agus Taufiqurrahman: Dakwah Muhammadiyah Tidak Selesai di Lisan Pentas Dakwah Seni Budaya Meriahkan Syawalan PCM Gamping Dalam Syawalan dan Family Gathering, IMM UGM Bersatu dan Bersilaturahmi Resmi Terpilih Jadi DPD RI, Syauqi Soeratno Siap Bawa Muhammadiyah dan Jogja Lebih Istimewa Sukses Antar Syauqi Soeratno ke DPD RI, PWM DIY Songsong Pilkada 2024 Ahmad Syauqi Soeratno Jadi Senator DIY Terpilih, Relawan Tasyakuran Besar-besaran Kembali Rebut 3 Poin di Liga 3, PSHW UMY Pertahankan Ritme Permainan Timnas U-23 Gagal Kalahkan Irak, Haedar Nashir: Masih Ada Asa Suara Muhammadiyah Buka SM Farm, Ratusan Ekor Sapi Langsung Ludes Dipesan Ratusan Baliho Ketua PWPM DIY Penuhi Titik Strategis Gunungkidul, Isyarat Maju Pilkada Luar Biasa! 926 Guru PAUD/TK ABA Hadir di Silaturahim Keluarga Besar IGABA Sleman

Dai Pelajar Muhammadiyah DIY Siap Terjun ke Masyarakat sebagai Mubaligh Hijrah

Para Dai Pelajar Muhammadiyah mengikuti prosesi pelepasan sebelum diterjunkan ke masyarakat. Foto: Dok. Majelis Dikdasmen-PNF PWM DIY

YOGYA - Para pelajar dari sekolah / madrasah Muhammadiyah se-DI Yogyakarta diterjunkan untuk mengikuti program Dai Pelajar Muhammadiyah atau Mubaligh Hijrah, hari Rabu (13/3) di Komplek Gedung Muhammadiyah DIY. 

Ada sekitar 53 pelajar dari 22 SMA/SMK/MA Muhammadiyah se-DIY yang diberangkatkan ke-3 lokasi Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM), Yaitu Dekso (Kulon Progo), Minggir (Sleman), dan Pleret (Bantul). Masing-masing dari siswa dibagi dalam kelompok di 3 cabang tersebut, untuk di Minggir, ada 4 kelompok. Kemudian dua kelompok di Dekos dan di Pleret ada 3 kelompok.

Beberapa hari sebelum penerjunan, pada tanggal 2 sampai 3 Maret kemarin mereka sudah dibekali melalui pelatihan dengan berbagai materi yang relevan. “Tentunya dengan kesiapan mereka di lapangan nanti, insya Allah mudah-mudahan semakin berkembang dan benar-benar bisa menjadi kader dakwah persyarikatan Muhammadiyah ke depan,” harap Ketua Majelis Dikdasmen-PNF PW Muhammadiyah DIY, Achmad Muhamad, M.Ag.

Para pelajar akan bertugas selama 6 hari, mulai tanggal 13 sampai 18 Maret 2024. Saat bertugas di masyarakat nanti, para pelajar akan didampingi oleh dari sekolahnya masing-masing dan juga dari Majelis Dikdasmen-PNF PWM DIY serta dari PCM di tempat bertugas. 

Selama di sana, para pelajar akan berkolaborasi dan bersinergi dengan masyarakat, terutama warga persyarikatan Muhammadiyah. “Seperti menggerakkan dakwah-dakwah di masjid-masjid Muhammadiyah, terutama untuk kegiatan TPA kepada anak-anak maupun kegiatan keagamaan yang lain, termasuk penyelenggaraan tarawih dan kegiatan-kegiatan di masjid,” jelas Achmad.

Ini merupakan program Dai Pelajar Muhammadiyah angkatan pertama. Oleh karenanya, Achmad berharap para pelajar memberikan kesan yang terbaik bagi masyarakat dan membawa nama baik persyarikatan. 

“Sehingga, ke depan kami bisa lanjutkan dengan batch ke-2 atau angkatan kedua, serta terus akan bergulir semakin baik. Program ini akan disempurnakan sehingga benar-benar bisa mendukung gerakan dakwah persyarikatan Muhammadiyah dalam menyiapkan kader-kader dakwahnya,” tandas Achmad. (*)

Wartawan: Dzikril Firmansyah 

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here