News

News

MediaMU.COM

Jul 17, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
PCM Kalasan Jadikan Tahun Baru Hijriah Sebagai Momen Refleksi dan Penguatan Dakwah Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: Jika Otak Pintar dan Akhlak Baik Disatukan, Indonesia akan Maju Arif Jamali Muis: Center of Excellent Muhammadiyah Dimulai dari Gunungkidul Prihatin Kondisi Pengelolaan Sampah Ternate, Pemuda Lintas Iman Susun Rekomendasi untuk Pemerintah Ternate Guru Besar UAD Bicarakan Tantangan Kosmetik Halal di International Pharmacy Summer School UMY Ketua PPNI Bireuen Apresiasi Atas Berhasilnya Ummah Raih Akreditasi Baik Sekali  Dorong Peningkatan Ekonomi Umat, Lazismu Pusat Dan PWM Aceh Kerjasama Dengan Bank Danamon Syariah  Selamat Jalan Bu Ahang, Kami Semua Ikhlas PWA DIY Gelar EMKAES TOP, Upayakan Bersama Kebahagian Lansia Ibu Nahar Miladi Dimakamkan, Satu Lokasi dengan Mantan Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir Sampaikan Duka Cita atas Wafatnya Nahar Miladi Mahasiswa UMY Kembangkan Ekstrak Kulit Pohon Bangkal untuk Obati Kanker Payudara Anak Muda Mengaji: Inovasi AMM Depok dalam Kegiatan Mengaji untuk Gen-Z KABAR DUKA: Istri Sekretaris PWM DIY Meninggal Dunia  Gelar Pelatihan Jurnalistik, MPI DIY Siapkan Aktivis Media Muhammadiyah di Daerah dan Cabang Rayakan Milad ke-22 Tahun, Lazismu Siap Berkontribusi Pada Pembangunan Berkelanjutan Penuhi Undangan Dialog Yayasan Kristen, Haedar Nashir Bicara Gagasan Moderasi Beragama Agung Danarto: Muhammadiyah Butuh Kader Berkualitas Untuk Umat, Bangsa, dan Manusia Dalam Apel Akbar Nasional Kokam, Haedar Nashir Tegaskan Kiprah Muhammadiyah untuk Bangsa Upayakan Penanganan Bullying di Kalangan Pelajar, PP IPM Gelar Sekolah Adil Gender

IMM Komisariat H.O.S. Tjokroaminoto Gelar Masta Pertama

YOGYA – Organisasi dalam perjalanannya tak lepas dari dinamika kader di dalamnya. Kader yang memiliki semangat naik turun, berkurang juga bertambah, sehingga semangatnya harus dipupuk secara kontinyu. Selain itu, kader organisasi pergerakan hendaknya bergerak secara masif pula dalam menjalankan kewajibannya sebagai mahasiswa, menjadi agent of change dan agen of control.

Kesadaran tersebut kemudian dibangun melalui berbagai kegiatan, salah satunya Masta (Masa Ta’aruf). Tidak hanya ta’aruf atau perkenalan yang menjadi inti kegiatan, juga internalisasi nilai-nilai IMM.

IMM Komisariat H.O.S. Tjokroaminoto Universitas Cokroaminoto Yogyakarta menggelar kegiatan perkaderan yakni Masta yang pertama, setelah hampir menginjak usia empat tahun. Acara ini digelar Sabtu-Ahad (4-5/12) di Seribu Batu, Mangunan, Bantul. Menghadirkan pembicara H. Hendra Dharmawan (MPK PP Muhammadiyah) dan Paryanto (Wakil Rektor 1 Universitas Cokroaminoto Yogyakarta).

Berbahagia dan menjadi kader yang berkualitas merupakan tema besar sekaligus tujuan Masta diadakan. Juga, perkenalan antarkader baru, kader dengan Pimpinan Komisariat, lebih-lebih dengan IMM sendiri.

Selain pemberian materi mengenai Kemuhammadiyahan, ke-IMM-an, keorganisasian, dan kepemimpinan, Masta menjadi lebih seru dengan yambahan acara seperti api unggun, pentas seni dari kader baru, outbond, juga ikrar suci.

“Kegiatan Masta untuk mempererat ukhuwah antarkader, dan juga mengenalkan organisasi kepadakader. Bersama 30 kader baru, acara Masta berakhir dengan bahagia,” tegas Immawati Heni Nadia Fitriana, Ketua Umum Komisariat H.O.S. Tjokroaminoto, dalam sambutannya.

“Saya waktu diundang untuk mengisi di IMM H.O.S. Tjokroaminoto ini langsung mengiyakan. Semangat saya ketika mendengar ada IMM di non-PTM tiba-tiba seperti semangat militansi teman-teman yang di non-PTM, karena mereka tidak difasilitasi, tetapi mau dan mampu berjuang dengan usahanya sendiri untuk Muhammadiyah dan umat,” kata Hendra Dharmawan.

Masta kali ini menjadi sesuatu yang sangat berarti bagi Komisariat non-PTM ini. Selain merupakan Masta pertama, jumlah kader baru mengalami peningkatan pada dua tahun terakhir. Artinya, Pimpinan Komisariat selaku pihak yang memiliki tanggung jawab di tingkat komisariat juga memiliki kewajiban untuk menjaga kader baru tersebut agar tetap mengobarkan semangatnya untuk ber-IMM.

“Kegiatan Masta ini merupakan langkah awal dari teman-teman kader baru untuk mengenal IMM, harapan ke depannya adalah teman-teman dapat berproses dan belajar lebih jauh lagi di IMM,” kata Immawan Rifqi Haryanto, Ketua Panitia. (*)

Kontributor: Lely Nur Arifah dan Mukhtar Kundhori
Editor: Heru Prasetya

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here