News

News

MediaMU.COM

Jul 17, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
PCM Kalasan Jadikan Tahun Baru Hijriah Sebagai Momen Refleksi dan Penguatan Dakwah Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: Jika Otak Pintar dan Akhlak Baik Disatukan, Indonesia akan Maju Arif Jamali Muis: Center of Excellent Muhammadiyah Dimulai dari Gunungkidul Prihatin Kondisi Pengelolaan Sampah Ternate, Pemuda Lintas Iman Susun Rekomendasi untuk Pemerintah Ternate Guru Besar UAD Bicarakan Tantangan Kosmetik Halal di International Pharmacy Summer School UMY Ketua PPNI Bireuen Apresiasi Atas Berhasilnya Ummah Raih Akreditasi Baik Sekali  Dorong Peningkatan Ekonomi Umat, Lazismu Pusat Dan PWM Aceh Kerjasama Dengan Bank Danamon Syariah  Selamat Jalan Bu Ahang, Kami Semua Ikhlas PWA DIY Gelar EMKAES TOP, Upayakan Bersama Kebahagian Lansia Ibu Nahar Miladi Dimakamkan, Satu Lokasi dengan Mantan Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir Sampaikan Duka Cita atas Wafatnya Nahar Miladi Mahasiswa UMY Kembangkan Ekstrak Kulit Pohon Bangkal untuk Obati Kanker Payudara Anak Muda Mengaji: Inovasi AMM Depok dalam Kegiatan Mengaji untuk Gen-Z KABAR DUKA: Istri Sekretaris PWM DIY Meninggal Dunia  Gelar Pelatihan Jurnalistik, MPI DIY Siapkan Aktivis Media Muhammadiyah di Daerah dan Cabang Rayakan Milad ke-22 Tahun, Lazismu Siap Berkontribusi Pada Pembangunan Berkelanjutan Penuhi Undangan Dialog Yayasan Kristen, Haedar Nashir Bicara Gagasan Moderasi Beragama Agung Danarto: Muhammadiyah Butuh Kader Berkualitas Untuk Umat, Bangsa, dan Manusia Dalam Apel Akbar Nasional Kokam, Haedar Nashir Tegaskan Kiprah Muhammadiyah untuk Bangsa Upayakan Penanganan Bullying di Kalangan Pelajar, PP IPM Gelar Sekolah Adil Gender

IMM DIY: Ketua PSSI dan Menpora Harus Mundur

YOGYAKARTA — Kasus kematian ratusan suporter di Stadion Kanjuruhan, Malang telah menuai perhatian dunia internasional. Tragedi ini terjadi pasca pertandingan sepak bola antara Arema FC dan Persebaya Surabaya pada hari Sabtu (1/10) malam.

Jumlah korban meninggal dunia, menurut keterangan resmi Polri tercatat 125 jiwa serta 323 lainnya mengalami luka-luka, dan kemungkinan bisa terus bertambah. Menurut Kepala Dinas Kesehatan Malang, penyebab utama jatuhnya korban jiwa lantaran sesak napas dan patah tulang akibat terinjak-injak.

Beberapa laporan menyebut keributan meletus akibat tembakan gas air mata ke tengah ribuan suporter oleh aparat kepolisian. Supporter yang kalang kabut akhirnya berhamburan keluar hingga terjadi penumpukan massa di pintu keluar. Akibatnya beberapa di antara mereka jatuh pingsan dan terinjak-injak.

Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (DPD) DIY turut bersuara atas kejadian tragis ini. DPD IMM DIY mendesak Kapolres Malang Ferli Hidayat, Kapolda Jawa Timur Nico Afinta, Ketua PSSI Mochamad Iriawan, dan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali untuk mundur dan bertanggung jawab penuh atas tragedi ini.

Sekretaris Umum DPD IMM DIY, Farhan Aji Dharma, menyatakan IMM turut berbelasungkawa kepada seluruh keluarga korban yang ditinggalkan dan menyebut kejadian ini sebagai tragedi kemanusiaan besar.

“Kepada seluruh keluarga korban, kami menyampaikan belasungkawa yang amat dalam. Jumlah korban jiwa dalam tragedi ini termasuk deretan tertinggi di dunia. Ini adalah tragedi kemanusiaan yang besar dan kelam,” ucap Farhan dalam keterangannya, Ahad (2/10).

Farhan juga menuntut agar tragedi mematikan ini segera diusut tuntas. “Kasus ini mesti diusut tuntas. Duka dan kesedihan yang bertubi-tubi di jagat persepakbolaan kita harus berakhir!” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Umum DPD IMM DIY Muhammad Akmal Ahsan memandang peristiwa ini terjadi akibat permasalahan struktural dalam pengelolaan sepak bola nasional

“Peristiwa ini amat memilukan dan memalukan. Problem struktural adalah akar masalahnya. Utamanya ketidakmampuan pejabat terkait untuk mengelola ihwal olahraga nasional terkhusus sepak bola,” jelas Akmal.

Akmal juga menilai semua pihak terkait harus bertanggung jawab. “Negara harus bertanggung jawab dan sikap terhormat untuk Kapolres, Kapolda, Ketua PSSI, dan Menpora adalah mundur dari jabatan. Seraya itu, kami juga mendesak Presiden Jokowi dan Kapolri mengusut tuntas masalah ini seterang-terangnya,” tegas Akmal dalam keterangan tertulis Ahad (2/10). (*)


Wartawan: Dzikril Firmansyah

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here