News

News

MediaMU.COM

Jun 14, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Eco Bhinneka Muhammadiyah dan Majelis Sinode GPIB Perkuat Kerjasama Lestarikan Lingkungan GreenFaith x Eco Bhinneka Muhammadiyah Belajar Merawat Bumi Melalui Rumah Ibadah Saat Parkiran Basement PDM Jogja Disulap IPM DIY Jadi Tempat Nobar Timnas, Bawa Kemenangan untuk Garuda Pemilu Sukses, IMM DIY Dukung KPU DIY untuk Pilkada PCIM Tiongkok Bersama Anwar Abbas Kunjungi CIA, Jalin Silaturahmi dan Kerja Sama Gol Mahasiswa Muhammadiyah Antarkan Timnas Indonesia Menuju Piala Dunia 2026 Inovatif! Dosen UMY Kembangkan Rekayasa Teknologi untuk Olahraga Lempar Pisau Muhammadiyah Yakin Timnas Indonesia Bisa Lolos ke Piala Dunia 2026 Ibu-Ibu 'Aisyiyah Mergangsan Belajar Olah Mocaf Jadi Cemilan Sehat Bersama Faperta UMY MPM Pusat Inisiasi Kampung Nelayan Berkemajuan, Fokus Peningkatan Kualitas Hidup Keluarga Nelayan Perpustakaan UMY Raih Juara Instagram Terbaik di FPPTMA AWARDS 2024 PCA Ngampilan Semarakkan Milad ‘Aisyiyah ke-107 Dengan Rangkaian Syiar Dakwah Resmi Diumumkan, Siswa-siswi Kelas IX SMP Muhdasa Yogya Lulus 100% Dari Bazaar hingga Posbakum, PWA Aceh Sukses Gelar Milad ‘Aisyiyah ke-107 Lazismu UMY Raih Sertifikat ISO, Perdana Untuk Kantor Layanan Lazismu Ingat Dosa-dosa ke Lingkungan Hidup, DPP IMM Laksanakan Gerakan Nasional Menanam Pohon Ogah Mengurus Tambang! IMM Pilih Kelola Bank Sampah IBTimes.id Rayakan Milad ke-5: Merayakan Moderasi Beragama Jelang Iduladha, JagalMu Sleman Latih 30 Juru Sembelih Teknik Qurban Halal PWPM DIY Sambangi Pemuda Muhammadiyah Sleman, Ada Apa? 

Hadapi Jutaan Pemudik, MDMC DIY Dirikan Pos MudikMu

YOGYA – Arus mudik telah dimulai secara nasional jelang berakhirnya bulan Ramadan 1444 H. Jutaan pemudik dari berbagai daerah berbondong – bondong pulang ke kampung halamannya untuk dapat merayakan Idul Fitri bersama keluarga.

Di setiap mudik, ada yang menempuh perjalanan puluhan dan ratusan kilometer dengan berbagai moda transportasi, tentunya ini membutuhkan waktu dan tempat untuk istirahat yang memadai agar perjalanan menjadi lancar.

Hal inilah yang disadari betul oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Daerah Istimewa Yogyakarta melalui Lembaga Resiliensi Bencana (LRB) atau Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) dengan berinisiatif mendirikan Pos MudikMu.

Pos MudikMu merupakan perwujudan pelayanan masyarakat yg sedang melakukan perjalanan silaturrahim pulang kampung dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1444 H.

“Pos MudikMu didirikan di lokasi strategis Muhammadiyah yg mudah di jangkau baik melekat di lokasi amal usaha atau menggunakan lahan terbuka yg mudah di akses di jalur lintas provinsi atau kabupaten,” ujar Ketua MDMC PWM DIY Indrayanto kepada mediamu.com, Selasa (18/4).

Khusus di Daerah Istimewa Yogyakarta, ada 8 lokasi pos MudikMu yang sudah didirikan, antara lain: Pos Srandakan, Sedayu, Terong, Dlingo, Semin, Putat, Wates, dan Kota Yogyakarta.

Pos MudikMu juga menyediakan berbagai fasilitas layanan, di antaranya berupa kesehatan, tempat istirahat, perbengkelan, tempat ibadah, relaksasi, ambulans kegawatdaruratan.

MDMC DIY juga turut melibatkan beberapa sumber daya untuk ikut dilibatkan, seperti: unsur PRM, PCM, PDM dan PWM, ‘Aisyiyah (LLHPB), Ortom, Ambulanmu, Rumah Sakit PKU Muhammadiyah, Lazismu, dan pemerintah lewat Dinas Kesehatan, Dinas Pariwisata, Dinas Perhubungan, Polri, TNI dan BPBD.

MDMC DIY sendiri memperkirakan tahun 2023 ada 5 juta pemudik dan ini menjadi angka yang besar ketika dibandingkan dengan jumlah penduduk DIY yg kurang lebih 3 juta.

“Kepada para pemudik tetap menjaga ketertiban, kebersihan dan kesehatan bagaimanapun ancaman covid-19 masih ada, semoga dimudahkan dan dilancarkan seluruh rangkaian Idul Fitri 1444 H,” pesan Indrayanto untuk para pemudik. (*)


Wartawan: Dzikril Firmansyah

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here