News

News

MediaMU.COM

May 21, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Pesan Haedar Nashir di Hari Kebangkitan Nasional: Momentum Menegakkan Kedaulatan Indonesia Tidak Biasa! Milad 107 Aisyiyah Diperingati dengan Berlari Bareng Sejauh 10,7 Km Kenal Dekat dengan PRM UGM: PRM Berbasis PTN yang Pertama di Yogya Inilah Pentingnya Keberadaan Ranting untuk Dakwah Muhammadiyah PRM Berbasis PTN di Yogya ini Gelar Musyran Perdana, Siap Jalankan Kepemimpinan Pustakawan UMY Jadi Perwakilan Indonesia Pada Program STW Erasmus+ di Spanyol Haedar Nashir Apresiasi Usaha 'Aisyiyah untuk Kemanusiaan dan Perempuan Selama 107 Tahun Salmah Orbayinah: Milad ‘Aisyiyah ke-107 Komitmen Kuatkan Dakwah Kemanusiaan Semesta Anwar Abbas Bersama Moeldoko Lakukan Simulasi Alat Sadap Karet Mercu Biotech Mesra Banget! PWM dan PWNU DIY Silaturahmi dan Siap Kerja Bareng Badlul Rifa’i Jadi Khotib Sholat Jum’at Perdana di Masjid Umar bin Khottob Purwokerto Pertamina Bicarakan Energi Terbarukan Untuk Atasi Kelangkaan Energi Umat Muslim Debat Soal Fatwa Musik, Ini Kata Ketua PWPM DIY Pelatihan Paralegal oleh ‘Aisyiyah dan BPHN Tingkatkan Akses Bantuan Hukum PCIM Amerika Bergabung Dalam Gelombang Dukungan Global untuk Palestina Songsong Milad ke-107, 'Aisyiyah Komitmen Perkuat Dakwah Kemanusiaan Semesta Abdul Mu'ti: Bukan Mendiskriminasi, Islam Justru Memuliakan Perempuan Lewat Workshop, BMT UMY Komitmen Wujudkan “Modernisasi Koperasi” di Kabupaten Bantul Komitmen Mengabdi Di Daerah 3T, PENA UMY Menuju Sambi Rampas Gallery Walk GCWRI Jadi Saksi Aksi Pemuda-Pemudi Lintas Iman Rawat Perdamaian dan Lingkungan 

Hadapi Jutaan Pemudik, MDMC DIY Dirikan Pos MudikMu

YOGYA – Arus mudik telah dimulai secara nasional jelang berakhirnya bulan Ramadan 1444 H. Jutaan pemudik dari berbagai daerah berbondong – bondong pulang ke kampung halamannya untuk dapat merayakan Idul Fitri bersama keluarga.

Di setiap mudik, ada yang menempuh perjalanan puluhan dan ratusan kilometer dengan berbagai moda transportasi, tentunya ini membutuhkan waktu dan tempat untuk istirahat yang memadai agar perjalanan menjadi lancar.

Hal inilah yang disadari betul oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Daerah Istimewa Yogyakarta melalui Lembaga Resiliensi Bencana (LRB) atau Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) dengan berinisiatif mendirikan Pos MudikMu.

Pos MudikMu merupakan perwujudan pelayanan masyarakat yg sedang melakukan perjalanan silaturrahim pulang kampung dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1444 H.

“Pos MudikMu didirikan di lokasi strategis Muhammadiyah yg mudah di jangkau baik melekat di lokasi amal usaha atau menggunakan lahan terbuka yg mudah di akses di jalur lintas provinsi atau kabupaten,” ujar Ketua MDMC PWM DIY Indrayanto kepada mediamu.com, Selasa (18/4).

Khusus di Daerah Istimewa Yogyakarta, ada 8 lokasi pos MudikMu yang sudah didirikan, antara lain: Pos Srandakan, Sedayu, Terong, Dlingo, Semin, Putat, Wates, dan Kota Yogyakarta.

Pos MudikMu juga menyediakan berbagai fasilitas layanan, di antaranya berupa kesehatan, tempat istirahat, perbengkelan, tempat ibadah, relaksasi, ambulans kegawatdaruratan.

MDMC DIY juga turut melibatkan beberapa sumber daya untuk ikut dilibatkan, seperti: unsur PRM, PCM, PDM dan PWM, ‘Aisyiyah (LLHPB), Ortom, Ambulanmu, Rumah Sakit PKU Muhammadiyah, Lazismu, dan pemerintah lewat Dinas Kesehatan, Dinas Pariwisata, Dinas Perhubungan, Polri, TNI dan BPBD.

MDMC DIY sendiri memperkirakan tahun 2023 ada 5 juta pemudik dan ini menjadi angka yang besar ketika dibandingkan dengan jumlah penduduk DIY yg kurang lebih 3 juta.

“Kepada para pemudik tetap menjaga ketertiban, kebersihan dan kesehatan bagaimanapun ancaman covid-19 masih ada, semoga dimudahkan dan dilancarkan seluruh rangkaian Idul Fitri 1444 H,” pesan Indrayanto untuk para pemudik. (*)


Wartawan: Dzikril Firmansyah

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here