News

News

MediaMU.COM

May 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Haedar Nashir: Muhammadiyah Ada Karena Panggilan Ilahi, Tak Akan Lelah Bangun Peradaban Timur Tengah Memanas, Dubes RI untuk Lebanon Soroti Dampak Bagi Stabilitas Global MTT PWM DIY Gelar Pelatihan Penentuan Arah Kiblat Metode Rashdul Qiblat Resmi Dikukuhkan, Dua Guru Besar UMY Teliti Anomali Psikologis Pelajar Revisi UU Penyiaran Mengkhawatirkan, Ilmu Komunikasi UMY Serukan Penghentian Perkuat Kolaborasi Internasional, UMY Teken MoU Dengan Provinsi Tawi-Tawi, Filipina Dosen UMY Raih Penghargaan Terbaik 1 Bidang Kesehatan dalam Anugerah Academic Leader 2024 Tasyakur Milad 107 ‘Aisyiyah, PWM DIY Harap ‘Aisyiyah Punya TK ABA Unggulan Ratusan Kader ‘Aisyiyah DIY Hadiri Tasyakur Milad ke-107: Refleksi Perjalanan Panjang ‘Aisyiyah Ridwan Furqoni Dukung Dakwah Inklusi ‘Aisyiyah untuk Jangkau Semua Kalangan Rachmawati Husein: Dakwah Kemanusiaan ‘Aisyiyah adalah Upaya Mengentaskan Keyatiman Dosen Ilmu Pemerintahan UMY: Muhammadiyah Dibutuhkan Dalam Penanganan Isu Kemanusiaan Sah! Inilah Susunan Personel DPP IMM Periode 2024-2026 Soroti Fenomena Feminisida, Tri Hastuti: 'Aisyiyah Dorong Relasi Sosial Tanpa Kekerasan UMY Kembali Gelar Kampanye Kesehatan Mental “Stop Bullying dan Kekerasan Seksual” Kolaborasi Lazismu, MPKU, dan USAID Sediakan Rumah Singgah bagi Ibu Hamil Pesan Haedar Nashir di Hari Kebangkitan Nasional: Momentum Menegakkan Kedaulatan Indonesia Tidak Biasa! Milad 107 Aisyiyah Diperingati dengan Berlari Bareng Sejauh 10,7 Km Kenal Dekat dengan PRM UGM: PRM Berbasis PTN yang Pertama di Yogya Inilah Pentingnya Keberadaan Ranting untuk Dakwah Muhammadiyah

Gallery Walk GCWRI Jadi Saksi Aksi Pemuda-Pemudi Lintas Iman Rawat Perdamaian dan Lingkungan 

YOGYA - Gallery Walk yang menampilkan rangkaian kreasi foto tentang aksi bersama antar umat lintas iman dalam melestarikan lingkungan, turut menyemarakkan kegiatan Global Conference on Women’s Rights in Islam (GCWRI) di Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta (UNISA). Gallery Walk yang dilaksakan oleh Eco Bhinneka Muhammadiyah ini dapat dikunjungi pada 14-16 Mei 2024 di Lobby Convention Hall Masjid Walidah Dahlan UNISA. Pengunjung dapat melihat foto-foto kegiatan Eco Bhinneka Muhammadiyah yang dilaksanakan di 4 wilayah di Indonesia, yaitu Pontianak (Kalimantan Barat), Ternate (Maluku Utara), Surakarta (Jawa Tengah), dan Banyuwangi (Jawa Timur).

Eco Bhinneka merupakan program yang diinisiasi oleh Muhammadiyah dalam rangkaian project Inisiatif Bersama untuk Aksi Keagamaan yang Strategis atau dikenal dengan nama JISRA (Joint Initiative for Strategic Religious Action), yang bertujuan merawat kerukunan dengan mengajak umat lintas agama bersama-sama melestarikan lingkungan. Sejak 2021 hingga 2025 mendatang, Faith to Action Network (F2A) menjadi konsorsium yang mendampingi organisasi Muhammadiyah dalam mengimplementasikan program JISRA di Indonesia. 

Program and Finance Coordinator Eco Bhinneka Muhammadiyah, Triningsih, mengungkapkan bahwa tujuan diadakan Gallery Walk ini adalah untuk mengapresiasi upaya para changemaker perempuan dalam keterlibatannya membangun perdamaian dan kelestarian lingkungan, bagi diri mereka sendiri, keluarga, dan komunitas mereka. “Di Indonesia, perempuan merupakan kelompok rentan terdampak krisis iklim dan kerusakan lingkungan. Sangat penting perempuan menyuarakan hak-haknya untuk kesetaraan akses dan peningkatan kualitas hidupnya agar semakin membaik,” imbuhnya.

Menurut Triningsih, Gallery Walk sebagai wadah berbagi pengalaman yang dilakukan oleh JISRA Muhammadiyah, yang mengkolaborasikan isu kebebasan beragama dan berkeyakinan dengan pendekatan lingkungan, di mana upaya pelestarian lingkungan bisa dijaga bersama oleh seluruh umat lintas iman. “Di Gallery Walk, kita bisa berkesempatan untuk melakukan dialog dengan para pengunjung, khususnya peserta Global Conference on Women’s Rights in Islam (GCWRI), untuk saling memberi masukan dan strategi agar dampak JISRA – Eco Bhinneka Muhammadiyah makin luas, berkesinambungan, dan bermanfaat untuk semua,” ungkapnya

Selain menikmati kreasi foto, pengunjung Gallery Walk yang beruntung juga akan mendapatkan merchandise menarik dari Eco Bhinneka. Pengunjung cukup mengambil foto atau membuat video saat berkunjung ke Gallery Walk, kemudian mem-follow akun Instagram @ecobhinneka, lalu mengunggah foto atau videonya ke Instagram story-nya masing-masing, dan dimention ke @ecobhinneka. 

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here