News

News

MediaMU.COM

Jun 14, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Eco Bhinneka Muhammadiyah dan Majelis Sinode GPIB Perkuat Kerjasama Lestarikan Lingkungan GreenFaith x Eco Bhinneka Muhammadiyah Belajar Merawat Bumi Melalui Rumah Ibadah Saat Parkiran Basement PDM Jogja Disulap IPM DIY Jadi Tempat Nobar Timnas, Bawa Kemenangan untuk Garuda Pemilu Sukses, IMM DIY Dukung KPU DIY untuk Pilkada PCIM Tiongkok Bersama Anwar Abbas Kunjungi CIA, Jalin Silaturahmi dan Kerja Sama Gol Mahasiswa Muhammadiyah Antarkan Timnas Indonesia Menuju Piala Dunia 2026 Inovatif! Dosen UMY Kembangkan Rekayasa Teknologi untuk Olahraga Lempar Pisau Muhammadiyah Yakin Timnas Indonesia Bisa Lolos ke Piala Dunia 2026 Ibu-Ibu 'Aisyiyah Mergangsan Belajar Olah Mocaf Jadi Cemilan Sehat Bersama Faperta UMY MPM Pusat Inisiasi Kampung Nelayan Berkemajuan, Fokus Peningkatan Kualitas Hidup Keluarga Nelayan Perpustakaan UMY Raih Juara Instagram Terbaik di FPPTMA AWARDS 2024 PCA Ngampilan Semarakkan Milad ‘Aisyiyah ke-107 Dengan Rangkaian Syiar Dakwah Resmi Diumumkan, Siswa-siswi Kelas IX SMP Muhdasa Yogya Lulus 100% Dari Bazaar hingga Posbakum, PWA Aceh Sukses Gelar Milad ‘Aisyiyah ke-107 Lazismu UMY Raih Sertifikat ISO, Perdana Untuk Kantor Layanan Lazismu Ingat Dosa-dosa ke Lingkungan Hidup, DPP IMM Laksanakan Gerakan Nasional Menanam Pohon Ogah Mengurus Tambang! IMM Pilih Kelola Bank Sampah IBTimes.id Rayakan Milad ke-5: Merayakan Moderasi Beragama Jelang Iduladha, JagalMu Sleman Latih 30 Juru Sembelih Teknik Qurban Halal PWPM DIY Sambangi Pemuda Muhammadiyah Sleman, Ada Apa? 

Badan Penasihat Politik Republik Rakyat Tiongkok Sambangi Muhammadiyah, Harapkan Kerja Sama Berbagai Bidang

JAKARTA - Kunjungan Badan Penasihat Politik Republik Rakyat Tiongkok yang dikenal sebagai The Chinese People’s Political Consultative Conference (CPPCC) Komite Xinjiang diterima dengan baik oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah di Jakarta (17/10).

Kunjungan ini disambut oleh Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Irwan Akib, dan Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu’ti. Selama pertemuan tersebut, anggota dari Komite Xinjiang CPPCC memberikan laporan tentang perkembangan terbaru mengenai situasi kaum muslim di wilayah otonom barat laut Republik Rakyat Tiongkok.

“Pertama mereka menyampaikan keadaan Xinjiang hari ini, bagaimana masyarakat sekarang dengan berbagai suku yang ada di sana mendapat prioritas utama dari pemerintah China. Isu-isu (HAM) yang selama ini berkembang tentang kebebasan beragama, ternyata sudah dijamin oleh negara, bahkan oleh Undang-Undang. Termasuk (kehidupan) umat muslim di sana dijamin, bahkan sekarang sudah ada khusus pembinaan cendekiawan (ulama) muslimnya,” jelas Irwan Akib setelah pertemuan.

Selain memberikan klarifikasi mengenai kondisi kaum Muslim di Xinjiang, CPPCC juga memperkenalkan sejarah serta potensi besar yang dimiliki Xinjiang untuk kerja sama di masa depan. Irwan Akib menyatakan bahwa CPPCC Xinjiang berharap untuk menjalin kerja sama dengan Muhammadiyah dalam tiga bidang, yaitu pendidikan, dakwah, dan kegiatan kemanusiaan.

“Harapannya kenapa ke Muhammadiyah, mereka berharap kita bisa bekerja sama lebih jauh khususnya terkait urusan agama dan terkait dengan persoaalan kemanusiaan secara umum,” tambah Irwan Akib.

Terakhir, menurut Irwan Akib, CPPCC mengundang perwakilan dari Muhammadiyah untuk mengunjungi langsung wilayah otonom Xinjiang. Sebelumnya, Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah melakukan kunjungan langsung ke Xinjiang pada pertengahan Februari 2019.

“Oleh karena itu ini memang langkah awal yang mereka lakukan, yaitu untuk memperkenalkan keadaan Xinjiang hari ini, khususnya masyarakat muslim yang ada di sana sehingga harapannya Muhammadiyah bisa menjadi bagian dari kerja sama yang ada antara Xinjiang dengan Pemrintah Indonesia, dan khususnya dengan Muhammadiyah,” tutup Irwan Akib.

Dalam kesempatan ini, 14 anggota rombongan dari CPPCC Komite Xinjiang hadir, yang dipimpin oleh Ketua Komite Xinjiang, H.E. Nurlan Abdimajin, beserta beberapa anggotanya, seperti Mr. Gao Jianghuai, Mr. Ren Cheng, Mr. Mahmut Obulqasim, Mr. Zhuang Huazhong, Ms. Wang Tingting, Mr. Yang Hongxin, Mr. Zou Yanfeng, Mr. Zhu Li, Mr. Lin Rongsheng, Mr. Hou Wenjie, dan Mr. Wang Yin.

Berita ini disadur oleh mediamu.com dari muhammadiyah.or.id dengan artikel berjudul Terima Komite Xinjiang Republik Rakyat Tiongkok, Muhammadiyah Jajaki Kerja Sama di Bidang Dakwah, Pendidikan, dan Kemanusiaan

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here