News

News

MediaMU.COM

Jun 14, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Eco Bhinneka Muhammadiyah dan Majelis Sinode GPIB Perkuat Kerjasama Lestarikan Lingkungan GreenFaith x Eco Bhinneka Muhammadiyah Belajar Merawat Bumi Melalui Rumah Ibadah Saat Parkiran Basement PDM Jogja Disulap IPM DIY Jadi Tempat Nobar Timnas, Bawa Kemenangan untuk Garuda Pemilu Sukses, IMM DIY Dukung KPU DIY untuk Pilkada PCIM Tiongkok Bersama Anwar Abbas Kunjungi CIA, Jalin Silaturahmi dan Kerja Sama Gol Mahasiswa Muhammadiyah Antarkan Timnas Indonesia Menuju Piala Dunia 2026 Inovatif! Dosen UMY Kembangkan Rekayasa Teknologi untuk Olahraga Lempar Pisau Muhammadiyah Yakin Timnas Indonesia Bisa Lolos ke Piala Dunia 2026 Ibu-Ibu 'Aisyiyah Mergangsan Belajar Olah Mocaf Jadi Cemilan Sehat Bersama Faperta UMY MPM Pusat Inisiasi Kampung Nelayan Berkemajuan, Fokus Peningkatan Kualitas Hidup Keluarga Nelayan Perpustakaan UMY Raih Juara Instagram Terbaik di FPPTMA AWARDS 2024 PCA Ngampilan Semarakkan Milad ‘Aisyiyah ke-107 Dengan Rangkaian Syiar Dakwah Resmi Diumumkan, Siswa-siswi Kelas IX SMP Muhdasa Yogya Lulus 100% Dari Bazaar hingga Posbakum, PWA Aceh Sukses Gelar Milad ‘Aisyiyah ke-107 Lazismu UMY Raih Sertifikat ISO, Perdana Untuk Kantor Layanan Lazismu Ingat Dosa-dosa ke Lingkungan Hidup, DPP IMM Laksanakan Gerakan Nasional Menanam Pohon Ogah Mengurus Tambang! IMM Pilih Kelola Bank Sampah IBTimes.id Rayakan Milad ke-5: Merayakan Moderasi Beragama Jelang Iduladha, JagalMu Sleman Latih 30 Juru Sembelih Teknik Qurban Halal PWPM DIY Sambangi Pemuda Muhammadiyah Sleman, Ada Apa? 

Audit Lazismu Berjalan Lancar, Pengumpulan KLL MBS Capai 2 M

SLEMAN – Sebanyak 88 Kantor Lazismu (KL) dan Kantor Layanan Lazismu (KLL) di DIY menjalani audit oleh auditor eksternal. Mereka tersebar di Sleman, Bantul, Kota Yogyakarta, Gunungkidul, dan Kulonprogo, sebagai bagian audit yang dilakukan di Lazismu DIY beberapa waktu lalu.

Dari sejumlah itu, sebanyak 69 KLL menjalani audit secara online, lainnya dilakukan dengan kunjungan langsung di tempat. Termasuk di antaranya adalah KLL MBS Yogyakarta dan KLL Gamping, Senin (6 Muharram 1445 bertepatan 24 Juli 2023).

Dala rilis yang diterima mediamu.com dari KLL MBS disebutkan bahwa auditor eksternal itu adalah Akuntan Publik dari Tim Abdul Hamid dan Rekan. Audit di tempat ini berjalan sejak sekitar pukul 13.30.

Ustadz Fajar Shodiq, Dewan Pengawas Syariah dan Direktur PPM MBS Yogya, menjelaskan bahwa Lazismu MBS tidak sama dengan dari PCM Prambanan. “Alhamdulillah sejak 2015, sebagian besar santri kita mukim. Banyak latar belakang wali murid dari Pimpinan Pusat sampai Cabang Muhammadiyah,” katanya.

Fajar berharap, audit tersebut membawa kebaikan bersama dan berjalan lancar.

Sedangkan Anisa, auditor dari Abdul Hamid dan Rekan, mengungkapkan bahwa penerimaan infaq melalui KLL MBS Yogya adalah terbesar, yakni mencapai Rp 2 M di tahun 2022. “Alhamdulillah MBS ini pertama kali ikut audit,” katanya.

Pada sesi kali ini auditor mengecek rekomendasi di tahun lalu apakah sudah dilaksanakan atau ada isu baru lagi. “Dengan audit ini kami juga bertanggungjawab memberikan report kepada muzakki untuk meningkatkan trust kepada Lazismu,” ungkap Anisa.

Sedangkan Dodi Hervian Saputra, S.E., Kepala KLL MBS, berharap audit berjalan lancar dan bisa semakin meningkat pengumpulan ZIS dari tahun ke tahun.

Terpisah Ketua KL Lazismu Sleman, Synta Brata, mengungkapkan bahwa proses audit tahun buku 2022 di Sleman berjalan lancar, baik yang secara hybrid maupun onsite langsung.

“Audit ini sangat penting bagi Lazismu untuk menambah kepercayaan dari publik atau muzaki dan munfik atas pelaporan ZIS di setiap Kantor Layanan yang transparan dan akuntabel,” katanya kepada mediamu.com. (*)


Berita ini diterima mediamu.com dari Ustadz Arif Yudistira (Lembaga Publikasi dan Penyiaran PPM MBS Yogya)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here