News

News

MediaMU.COM

May 3, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Suara Muhammadiyah Buka SM Farm, Ratusan Ekor Sapi Langsung Ludes Dipesan Ratusan Baliho Ketua PWPM DIY Penuhi Titik Strategis Gunungkidul, Isyarat Maju Pilkada Luar Biasa! 926 Guru PAUD/TK ABA Hadir di Silaturahim Keluarga Besar IGABA Sleman Demam Timnas, 200 Titik Pimpinan dan Amal Usaha Muhammadiyah Gelar Nobar PCIM Tiongkok Gelar Kajian Syawal Bersama Din Syamsuddin, Kuatkan Dakwah Melalui Diaspora Timnas Indonesia Kalah Atas Uzbekistan, Haedar Nashir Beri Semangat: Kalian Pahlawan Bangsa Tanpa Mahkota! Ramai Gelar Nobar Timnas U-23, Dosen UMY Beri Penjelasan Begini Rektor Berharap PSHW UMY Jadi Kebanggan Pemuda dan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Amanatkan Jaga Tradisi Syawalan, Haedar Nashir: Identitas Kita Sebagai Bangsa Haedar Nashir Tegaskan Muhammadiyah Netral dalam Politik, Ingatkan Semua Pihak Berintrospeksi Atasi Perubahan Iklim, MLH PP Muhammadiyah Tanam 1000 Pohon Mangrove Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Korsel di Piala Asia, PP Muhammadiyah Beri Apresiasi Menang Lewat Adu Penalti lawan Korsel, Indonesia Satu Kaki Menuju Olimpiade 2024 Babak I Perempat Final Piala Asia U-23: Indonesia Unggul 2-1 atas Korea Selatan Inilah Doa untuk Mengharap Kemenangan Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar Anwar Abbas Harap Muhammadiyah-NU Bersatu Hadapi Peralihan Peradaban

12 Hari Layani Pemudik, Pos MudikMU DIY Resmi Ditutup

YOGYA – Genap 12 hari, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melalui Lembaga Resiliensi Bencana atau MDMC dan Lazismu bersama seluruh Ortom Muhammadiyah se-DIY mendirikan layanan bagi pemudik melalui 8 Pos MudikMU yang tersebar di 4 Kab/Kota (Bantul, Kota Yogyakarta, Kulon Progo, dan Gunung Kidul). Pada hari Rabu (26/4) Pos MudikMU resmi ditutup.

Sejak dibuka pada 18 April lalu, Pos MudikMU DIY telah berhasil membantu masyarakat khususnya pemudik sebanyak 250 jiwa dengan 6 jenis layanan yang diberikan, mulai dari dapur mini, layanan kesehatan, tempat istirahat, bengkel kendaraan, ambulan, dan pengaturan lalu lintas di 9 titik rawan kemacetan.

Dari jumlah penerima manfaat layanan tersebut, sebaran penerima manfaat berdasarkan Pos MudikMU adalah sebagai berikut: Kulon Progo (44%), Kota Yogyakarta (16%), Srandakan (11%), Sedayu (8%), Dlingo (6%),  Bundaran Srandakan (5%),  Semin (2%), dan Putat (9%).

Selain MDMC Wilayah DIY dan Daerah setempat, terdapat beberapa Lembaga dan Ortom Muhammadiyah yang terlibat dalam pelaksanaan Pos MudikMU DIY, seperti PWM DIY, Lazismu DIY dan daerah se-DIY, PDM se-DIY, PCM (Sedayu, Patuk, Senin, Dlingo), KL Lazismu (Dlingo, Semin, Wonosari, Saptosari, Sedayu, Putat), RS PKU Muhammadiyah (Bantul, Kotagede, dan Wonosari), KOKAM, Ortom, AmbulanMu, hingga SMK Muhammadiyah 1 Bantul, SMK Muhammadiyah Imogiri, SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta.

Tidak hanya itu, PoskoMU juga melibatkan ratusan personil tersebut juga didukung dengan 7 Unit Ambulan, 2 Unit Mobil Strada, dan 1 Unit Mobil Avanza.

Afiq Adde Afrizal selaku Koordinator Operasional POSKOR MudikMU menjelaskan berdasarkan data laporan harian dari masing-masing Pos MudikMU DIY, angka layanan pemudik tertinggi pada tanggal 23 dan 24 April 2023, yaitu mencapai 50 – 54 jiwa.

“Ini sejalan dengan aktivitas arus balik yang dilakukan masyarakat yang memilih untuk balik lebih awal untuk menghindari kemacetan panjang,” jelas Afiq.

Ketua MDMC DIY Indrayanto berujar seluruh data yang berhasil dihimpun pada pelaksanaan Pos MudikMU DIY ini nantinya akan menjadi bahan evaluasi bersama untuk pelaksanaan kedepan yang lebih baik.

Nantinya ini diharapkan menjadi modal awal untuk menyusun pemetaan termasuk jalur mudik dan lokasi strategis untuk pendirian Pos MudikMU yang representatif di setiap daerah, sehingga mampu menjangkau lebih banyak lagi penerima manfaat.

“Tujuan akhir dari program ini tentu saja untuk mengurangi risiko kecelakaan bagi para pemudik sehingga bisa berkumpul bersama keluarga merayakan hari raya Idul Fitri serta kembali ke tanah rantau dan bekerja dengan kondisi yang aman serta nyaman” tutur Indrayanto. (*)


Berita ini diterima mediamu.com dari Sulistiya (Sekretaris MDMC DIY)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here