News

News

MediaMU.COM

Apr 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Atasi Perubahan Iklim, MLH PP Muhammadiyah Tanam 1000 Pohon Mangrove Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Korsel di Piala Asia, PP Muhammadiyah Beri Apresiasi Menang Lewat Adu Penalti lawan Korsel, Indonesia Satu Kaki Menuju Olimpiade 2024 Babak I Perempat Final Piala Asia U-23: Indonesia Unggul 2-1 atas Korea Selatan Inilah Doa untuk Mengharap Kemenangan Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar Anwar Abbas Harap Muhammadiyah-NU Bersatu Hadapi Peralihan Peradaban Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Minta Semua Pihak Hormati Putusan MK Inilah Makna Syawalan Bagi Cabang Ranting dan Masjid Berkemajuan Sukses di DPD RI, PWM DIY Siapkan Kader-kader Terbaiknya di Pilkada Serentak 300 Warga Muhammadiyah Ngaglik Hadiri Syawalan, Siap Bangun SMP Muhammadiyah yang Pertama Timnas U-23 Menang Lawan Australia Berkat Mahasiswa Muhammadiyah, Inilah Komentar Syauqi Soeratno Dukung Timnas U-23 di Piala Asia, PP Muhammadiyah Gelar Nonton Bareng Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah

Terima Delegasi Sudan, Muhammadiyah Rembug Kerja Sama Bidang Pendidikan dan Bilateral

JAKARTA – Muhammadiyah terus mengembangkan perannya di dunia internasional dalam berbagai bidang. Salah satunya, dalam bidang pendidikan tinggi dan hubungan bilateral. Terkini, hal ini dibahas dalam agenda silaturahmi Duta Besar Sudan untuk Indonesia di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Jakarta pada Rabu (8/11).

Delegasi yang dipimpin Dubes Sudan, Yassir Mohamed Ali, ditemani konselor Kedubes Sudan, Sid Ahmed M. Alamain Hamid Alamain disambut langsung oleh Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu’ti; Sekretaris PP Muhammadiyah, Sayuti; anggota Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah: Widodo Muktiyo, Armai Arief, dan Irwan Baadila.

Selain itu, hadir pula Ketua Lembaga Hubungan dan Kerja sama Internasional PP Muhammadiyah, Imam Addaruqutni; Rektor UHAMKA, Gunawan Suryoputro; dan Rektor UMT, Ahmad Amarullah. 

Pertemuan itu, menurut Sayuti, Sekretaris PP Muhammadiyah, membicarakan penguatan kerja sama yang sudah pernah dibicarakan dan dirintis oleh Muhammadiyah dan Duta Besar Sudan.

Sebagai keterangan, pada Maret 2023 PP Muhammadiyah pernah membahas peluang kerja sama bidang pendidikan dan impor-ekspor dengan Pemerintah Sudan.

Meski belum ada kesepakatan akhir yang tercapai, Sayuti menilai pertemuan ini menjadi langkah yang baik untuk membangun relasi dan menguatkan peran Muhammadiyah di negara-negara Afrika. Apalagi, sebagian warganya berbahasa Arab dan mayoritas beragama Islam.

Sayuti lantas menyebut beberapa peran Muhammadiyah di dunia internasional, khususnya Sudan. Pada November 2022, misalnya, LazisMu Sudan telah meresmikan bantuan sumur di daerah Omdurman, Sudan. Ia berharap ukhuwah ini terus dijaga demi semakin kuatnya relasi.

“Ukhuwah Islamiyah antar negara-negara Islam harus diperkuat sehingga sangat wajar kalau Indonesia sebagai negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam termasuk Sudan sendiri ingin memperkuat relasi,” kata Sayuti.

Berita ini disadur mediamu.com dari muhammadiyah.or.id dengan artikel berjudul Jamu Dubes Sudan, Muhammadiyah Rumuskan Kerja Sama Pendidikan Tinggi

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here