News

News

MediaMU.COM

Jun 14, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Eco Bhinneka Muhammadiyah dan Majelis Sinode GPIB Perkuat Kerjasama Lestarikan Lingkungan GreenFaith x Eco Bhinneka Muhammadiyah Belajar Merawat Bumi Melalui Rumah Ibadah Saat Parkiran Basement PDM Jogja Disulap IPM DIY Jadi Tempat Nobar Timnas, Bawa Kemenangan untuk Garuda Pemilu Sukses, IMM DIY Dukung KPU DIY untuk Pilkada PCIM Tiongkok Bersama Anwar Abbas Kunjungi CIA, Jalin Silaturahmi dan Kerja Sama Gol Mahasiswa Muhammadiyah Antarkan Timnas Indonesia Menuju Piala Dunia 2026 Inovatif! Dosen UMY Kembangkan Rekayasa Teknologi untuk Olahraga Lempar Pisau Muhammadiyah Yakin Timnas Indonesia Bisa Lolos ke Piala Dunia 2026 Ibu-Ibu 'Aisyiyah Mergangsan Belajar Olah Mocaf Jadi Cemilan Sehat Bersama Faperta UMY MPM Pusat Inisiasi Kampung Nelayan Berkemajuan, Fokus Peningkatan Kualitas Hidup Keluarga Nelayan Perpustakaan UMY Raih Juara Instagram Terbaik di FPPTMA AWARDS 2024 PCA Ngampilan Semarakkan Milad ‘Aisyiyah ke-107 Dengan Rangkaian Syiar Dakwah Resmi Diumumkan, Siswa-siswi Kelas IX SMP Muhdasa Yogya Lulus 100% Dari Bazaar hingga Posbakum, PWA Aceh Sukses Gelar Milad ‘Aisyiyah ke-107 Lazismu UMY Raih Sertifikat ISO, Perdana Untuk Kantor Layanan Lazismu Ingat Dosa-dosa ke Lingkungan Hidup, DPP IMM Laksanakan Gerakan Nasional Menanam Pohon Ogah Mengurus Tambang! IMM Pilih Kelola Bank Sampah IBTimes.id Rayakan Milad ke-5: Merayakan Moderasi Beragama Jelang Iduladha, JagalMu Sleman Latih 30 Juru Sembelih Teknik Qurban Halal PWPM DIY Sambangi Pemuda Muhammadiyah Sleman, Ada Apa? 

Terima Delegasi Sudan, Muhammadiyah Rembug Kerja Sama Bidang Pendidikan dan Bilateral

JAKARTA – Muhammadiyah terus mengembangkan perannya di dunia internasional dalam berbagai bidang. Salah satunya, dalam bidang pendidikan tinggi dan hubungan bilateral. Terkini, hal ini dibahas dalam agenda silaturahmi Duta Besar Sudan untuk Indonesia di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Jakarta pada Rabu (8/11).

Delegasi yang dipimpin Dubes Sudan, Yassir Mohamed Ali, ditemani konselor Kedubes Sudan, Sid Ahmed M. Alamain Hamid Alamain disambut langsung oleh Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu’ti; Sekretaris PP Muhammadiyah, Sayuti; anggota Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah: Widodo Muktiyo, Armai Arief, dan Irwan Baadila.

Selain itu, hadir pula Ketua Lembaga Hubungan dan Kerja sama Internasional PP Muhammadiyah, Imam Addaruqutni; Rektor UHAMKA, Gunawan Suryoputro; dan Rektor UMT, Ahmad Amarullah. 

Pertemuan itu, menurut Sayuti, Sekretaris PP Muhammadiyah, membicarakan penguatan kerja sama yang sudah pernah dibicarakan dan dirintis oleh Muhammadiyah dan Duta Besar Sudan.

Sebagai keterangan, pada Maret 2023 PP Muhammadiyah pernah membahas peluang kerja sama bidang pendidikan dan impor-ekspor dengan Pemerintah Sudan.

Meski belum ada kesepakatan akhir yang tercapai, Sayuti menilai pertemuan ini menjadi langkah yang baik untuk membangun relasi dan menguatkan peran Muhammadiyah di negara-negara Afrika. Apalagi, sebagian warganya berbahasa Arab dan mayoritas beragama Islam.

Sayuti lantas menyebut beberapa peran Muhammadiyah di dunia internasional, khususnya Sudan. Pada November 2022, misalnya, LazisMu Sudan telah meresmikan bantuan sumur di daerah Omdurman, Sudan. Ia berharap ukhuwah ini terus dijaga demi semakin kuatnya relasi.

“Ukhuwah Islamiyah antar negara-negara Islam harus diperkuat sehingga sangat wajar kalau Indonesia sebagai negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam termasuk Sudan sendiri ingin memperkuat relasi,” kata Sayuti.

Berita ini disadur mediamu.com dari muhammadiyah.or.id dengan artikel berjudul Jamu Dubes Sudan, Muhammadiyah Rumuskan Kerja Sama Pendidikan Tinggi

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here