News

News

MediaMU.COM

Apr 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Amanatkan Jaga Tradisi Syawalan, Haedar Nashir: Identitas Kita Sebagai Bangsa Haedar Nashir Tegaskan Muhammadiyah Netral dalam Politik, Ingatkan Semua Pihak Berintrospeksi Atasi Perubahan Iklim, MLH PP Muhammadiyah Tanam 1000 Pohon Mangrove Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Korsel di Piala Asia, PP Muhammadiyah Beri Apresiasi Menang Lewat Adu Penalti lawan Korsel, Indonesia Satu Kaki Menuju Olimpiade 2024 Babak I Perempat Final Piala Asia U-23: Indonesia Unggul 2-1 atas Korea Selatan Inilah Doa untuk Mengharap Kemenangan Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar Anwar Abbas Harap Muhammadiyah-NU Bersatu Hadapi Peralihan Peradaban Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Minta Semua Pihak Hormati Putusan MK Inilah Makna Syawalan Bagi Cabang Ranting dan Masjid Berkemajuan Sukses di DPD RI, PWM DIY Siapkan Kader-kader Terbaiknya di Pilkada Serentak 300 Warga Muhammadiyah Ngaglik Hadiri Syawalan, Siap Bangun SMP Muhammadiyah yang Pertama Timnas U-23 Menang Lawan Australia Berkat Mahasiswa Muhammadiyah, Inilah Komentar Syauqi Soeratno Dukung Timnas U-23 di Piala Asia, PP Muhammadiyah Gelar Nonton Bareng Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim

Target 2022 Rp 45,8 Milyar, Lazismu DIY Berkomitmen Tetap Memberi Manfaat bagi Umat

Ketua Lazismu DIY, Cahyono, bersama lima perwakilan Lazismu Daerah usai penandatanganan target pencapaian tahun 2022. Foto: Ahimsa/mediamu

YOGYA – Target pencapaian dana ZIS (Zakat, Infaq, dan Shadaqah) Lazismu PWM DIY tahun 2022 diketuk pada penutupan Rakerwil Lazismu, Ahad (23/1). Jika tahun 2021 target sebesar Rp 27 milyar, untuk tahun ini Rp 45,8 milyar. Ada kenaikan target sebesar Rp 18,8 milyar.

Rakerwil berlangsung sejak Jum’at di Tjokro Style Hotel, Umbulharjo, Yogyakarta. Acara ini diikuti seluruh Kantor Daerah dan Kantor Layanan Lazismu se DIY.

Cahyono, Ketua Lazismu DIY, mengungkapkan bahwa hasil Rakerwil antara lain menetapkan target pencapaian dana tahun 2022 sebesar Rp 45.816.046.285,78.

Angka tersebut muncul didasarkan pada data tahun sebelumnya dimana dari target Rp 27 milyar ternyata capaiannya Rp 37,6 milyar. “Kenaikan inilah yang kita coba jadikan rujukan untuk target capaian yang akan datang,” jelas Cahyono.

Dari capaian tingkat DIY, diharapkan tiap Kantor Daerah dapat menurunkannya ke level Kantor Layanan untuk dapat meraih target yang diharapkan. Masing-masing Daerah telah menyepakati target capaian tahun 2022 berdasarkan target skala wilayah.

Berikut target tiap Kantor Daerah:

  • Gunungkidul Rp 4,3 milyar
  • Kulonprogo Rp 4,4 milyar
  • Kota Yogyakarta Rp 5,7 milyar
  • Bantul Rp 10,8 milyar
  • Sleman Rp 11 milyar
  • Wilayah DIY Rp 9,3 milyar

Kesepakatan tersebut kemudian dituliskan dan ditandatangani Lazismu PWM DIY bersama perwakilan tiap Lazismu Daerah. “Atas nama seluruh amil DIY, bismillahirrohmanirrohim kami tandatangani target capaian ini,” tutur Cahyono.

Acara kemudian dilanjutkankan dengan penyampaian komitmen dari perwakilan tiap daerah. Secara berurutan dari Gunungkidul, Sleman, Yogyakarta, Kulonprogo, dan Bantul menyampaikan keseriusan untuk memenuhi target yang sudah disepakati demi kebermafaatan masyarakat luas.

Arif selaku perwakilan dari Lazismu Sleman menuturkan, “Angka bukanlah hal yang penting. Yang paling penting bagi kita adalah fastabiqul khoirot, berlomba-lomba melakukan kebajikan.” Upaya menghimpun dana dengan target ini diniatkan untuk melayani dan menjalankan amanah muzakki.

Cahyono mengatakan, Lazismu PWM DIY menerapkan kebijakan khusus yang berbeda dengan wilayah lain. Yakni, kegiatan pentasyarufan dana, sebagaimana juga penghimpunan, diserahkan kepada Kantor Layanan Lazismu.

Kewenangan itu diharapkan dapat mendorong kreativitas Lazismu di tingkat ranting dan cabang untuk mengadakan program yang berdampak dan bermanfaat bagi umat. Termasuk juga perlunya untuk menyejahterakan amil zakat.

Dede Haris Sumarno, S.E., M.M., Wakil Bendahara PWM DIY, turut memberikan sambutan. Di samping memberikan apresiasi, ia juga menyampaikan tantangan-tantangan yang mungkin akan dihadapi oleh lembaga amil zakat ini.

“Perubahan semakin cepat dan menuntut Lazismu bergerak lebih cepat,” tuturnya.

Bergerak adaptif untuk menghadapi berbagai kondisi menjadi begitu penting. Selain itu, Lazismu perlu meningkatkan kapasitas sumber daya manusia serta mengoptimalkan sinergisitas antarmajelis, lembaga, dan ortom.

Rakerwil ini terlaksana dengan sukses atas dukungan beberapa pihak yakni Bank BPD DIY Syari’ah, Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Universitas ‘Aisyiyah (Unisa) Yogyakarta, RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta, RS PKU Muhammadiyah Gamping, dan Gramasurya. (*)

Wartawan: Ahimsa W. Swadeshi
Editor: Heru Prasetya

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here