News

News

MediaMU.COM

May 14, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
PCM Ngampilan Adakan Silaturahmi Sekaligus Pelepasan Calon Jamaah Haji Mie Lezatmu dan Mocaf Jadi Bukti Inovasi Cabang-Ranting Muhammadiyah dalam Dakwah Ekonomi PSHW UMY Amankan Tiket Menuju Babak 32 Besar Liga 3 Nasional Gelar Workshop Nasional, LPCRPM PP Siapkan Penguatan Cabang, Ranting, dan Masjid Mahasiswa UAD Tuntut Palestina Merdeka, Presiden BEM UAD: Negara Arab Jangan Cuma Peduli Minyak Saja! Ikut Aksi Bela Palestina, Rektor UAD: Anak Kecil Juga Pedih dengan Penderitaan Palestina Serukan Dukungan Palestina Merdeka, Dosen UAD: Pro Israel Hukumnya Haram Mughallazah Aksi Bela Palestina Menggema di Seluruh Kampus Muhammadiyah dan Aisyiyah Nasyiatul Aisyiyah gelar ToT Fasilitator Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak untuk Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat 1000 Cahaya: Muhammadiyah Gerakkan Ranting Hingga Sekolah untuk Cegah Krisis Iklim Keluarga Alumni UAD Hadiri Syawalan: Taburkan Maaf, Sucikan Hati, Eratkan Tali Persaudaraan Perguruan Tinggi Muhammadiyah - Aisyiyah Bakal Gelar Aksi Serentak Bela Palestina Perkuat Dakwah, Warga Muhammadiyah Bantul Hadiri Syawalan dan Pelepasan Ratusan Jamaah Haji K.H. Harun Abdi Manaf: Banggalah Menjadi Warga Muhammadiyah dan Pegawai AUM Gelar Syawalan dan Silatnas, IPM Luncurkan Inovasi dan Rencana Masa Depan Menjanjikan Syawalan PCM Kalasan Bahas Diplomasi Makanan Sebagai Upaya Melenturkan Dakwah Berkemajuan Pentas Dakwah Seni Budaya Meriahkan Syawalan PCM Gamping Dalam Syawalan dan Family Gathering, IMM UGM Bersatu dan Bersilaturahmi Resmi Terpilih Jadi DPD RI, Syauqi Soeratno Siap Bawa Muhammadiyah dan Jogja Lebih Istimewa Sukses Antar Syauqi Soeratno ke DPD RI, PWM DIY Songsong Pilkada 2024

Selamat Jalan Darwin Harsono, Da’i Cerdas dan Santun

Darwin Harsono ketika jadi saksi pernikahan Aris Gelaktawa warga Krapyak Yogyakarta. Foto: Istimewa

YOGYA – Keluarga Besar Muhammadiyah di Yogyakarta merasakan kehilangan sangat mendalam atas meninggalnya Drs. Darwin Harsono, M.Hum. pada Senin (2/8) pukul 12.45 WIB di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Jenazah dishalatkan di Masjid Jogokariyan usai shalat Isya’ dan langsung dimakamkan di Pemakaman Karangkajen Yogyakarta.

Aris Gelatawa, warga Krapyak Yogyakarta, merasa sangat kehilangan atas meninggalnya suami Hj. Warifah Dahlan dan ayah dari Ifada Amalia, Saidiyah, Kuni Khairun Nisa, dan Khoirul Imam. Pasalnya, almarhum pernah menjadi saksi dalam pernikahannya pada 13 Juli 2020.

“Keteladanan, sikapnya sebagai pemimpin yang amanah dan baik serta kemampuan dalam terus menjalin silaturahim dengan semua orang, tak akan mampu menghilang begitu saja dari benak saya,” kata Aris kepada mediamu.com, Selasa (3/8).

Menurutnya, banyak kenangan bersama almarhum dalam kiprahnya di Masjid Jogokariyan Yogyakarta.

Bersama almarhum Ir. H.M. Dasron Hamid, M.Sc., Drs. Musthofa Kamal Pasha, B.Ed., Muhadi, S.H., Fahmi Muqoddas, Abdullah Effendi, dan Alfian Darmawan, Darwin Harsono ikut andil dalam pembangunan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Selain itu, Darwin ikut mengembangkan TK ABA Peleman, Kotagede, dengan mewakafkan tanahnya seluas 254 meter persegi. Sumbangsih yang diberikan tak akan cukup jika dihitung hanya dengan hitungan jari.

Bisa dikatakan, Darwin Harsono telah mewariskan umurnya untuk Muhammadiyah dan pendidikan. Hingga meninggalnya Darwin Harsono sebagai dosen Program Studi Ilmu Hukum di Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta.

Habib Chirzin merasa kehilangan dengan meninggalnya seorang pemimpin, da’i cerdas dan santun. “Almarhum adalah pendidik kader yang tekun dan mantan Ketua Dewan Mahasiswa UII,” kata Habib Chirzin kepada mediamu.com.

Anggota Badan Pembina Harian (BPH) Madrasah Mu’allimin-Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta ini menyampaikan rasa duka yang mendalam atas wafatnya Darwin Harsono, alumni Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta.

“Almarhum sudah saya kenal dengan baik sejak muda sebagai pejuang, da’I, dan pendidik kader yang cerdas,” ungkap Habib Chirzin. Menurut penjelasannya, Darwin Harsono pernah mengetuai Departemen Tabligh Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah tahun 1980.

Ada kenangan yang tak bisa dilupakan bagi Habib Chirzin. Pada bulan April 1981, Darwin menyampaikan sambutan pada saat pernikahannya di Kotagede bersama K.H. Hamam Ja’far (Pimpinan Pondok Pabelan), Arifin C. Noor, Syaifullah Mahyudin, dan Aslam Hadi.

Dalam kenangannya pula, awal 1980 di Mu’allimin sering berdiskusi dengan Darwin Harsono, dibersamai Chusnan Yusuf, Musthofa Kamal Pasha, Rosyad Sholeh, dan Alfian Darmawan. “Kami tiap malam Jum’at sering berdiskusi,” kenang Habib Chirzin.

Termasuk gagasan perlunya mendirikan Universitas Muhammadiyah, meskipun sudah ada IKIP Muhammadiyah Yogyakarta di Jalan Kapas, Umbulharjo.

Bagi Habib, banyak kenangan bersama Darwin Harsono yang didampingi Hj. Warifah dan dilanjutkan oleh Lia Darwin yang berhijrah ke Australia dan juga adik-adiknya.

“Doa kami semoga almarhum diampuni segala dosanya, diterima amal ibadahnya, wafat dalam husnul khotimah, dan ditempatkan di jannatul firdaus sebaik-baik tempat,” ungkap Habib Chirzin. (*)

Wartawan/Editor: Affan Safani Adham

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here