News

News

MediaMU.COM

Feb 24, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Ikhwan Ahada: Penghafal Al-Quran Adalah Pengusung Misi Langit yang Harus Dibawa Membumi Literasi Digital, Arif Jamali Imbau Muhammadiyah Manfaatkan Data: Bukankah Kita Organisasi Berkemajuan?  MPKS PWM DIY dan LazisMU PKU Muhammadiyah Gamping Tanda Tangan MOU Kerjasama Pembiayaan Operasional RSPM DIY Gelar Rakerwil, MPI PWM DIY Soroti Literasi Digital Warga Muhammadiyah Majelis Dikdasmen-PNF Kota Yogyakarta Gelar Wisuda Akbar untuk Ratusan Murid Penghafal Al-Quran Tindak Lanjuti Hasil Temuan Pemilu 2024, 'Aisyiyah Catatkan Delapan Rekomendasi 'Aisyiyah Catat Pemilu 2024 Belum Sepenuhnya Ramah Kelompok Rentan Dari Pemantauan, Aisyiyah Temukan Berbagai Pelanggaran pada Pemilu 2024 Respons Cepat Angin Puting Beliung di Sumedang, MDMC dan Lazismu Turun Tangan Berdayakan Masyarakat, Muhammadiyah Hadirkan Air Bersih di Desa Tliu NTT MHH PWM DIY Melatih Paralegal, Siap Menyuarakan Keadilan untuk Semua Syamsul Anwar: Munas Tarjih Jadi Forum Tertinggi Muhammadiyah untuk Masalah Kagamaan Melalui AUM Bertaraf Internasional, Haedar Harap Dakwah Muhammadiyah Sentuh Kaum Elit Cetak Kader Profesional, Ini Pesan Agus Taufiqurrahman untuk PP IPM Busyro Muqoddas: Kepemimpinan di Muhammadiyah Tak Dipengaruhi Pemilu PP IPM Resmikan 'Kantor Baru' di Yogyakarta Pemeran dan Sutradara Dirty Vote Kunjungi UMY: Apa Langkah Selanjutnya Setelah Pemilu? Muhammadiyah Seru Seluruh Kader untuk Kawal Suara dalam Pemilu 2024 MJE #3 Sukses, PWM DIY: MJE Adalah Wajah Baru Dakwah Muhammadiyah Pemilu 2024 Usai, Abdul Mu'ti Tulis Catatannya Tentang Demokrasi Hari ini

Respons Banjir Demak, MDMC DIY Terjunkan Tim Bantu Evakuasi

DEMAK - Bencana banjir telah melanda area Desa Karanganyar, Kecamatan Karanganyar, Demak sejak 5 Februari 2024. Mengutip informasi yang telah diketahui banjir ini terjadi akibat limpasan air dan tanggul sungai yang jebol. Belum lagi, curah hujan tinggi menyebabkan banjir tak kunjung surut. Merespons hal tersebut, Lembaga Reliensi Bencana (LRB) atau dikenal juga Muhammadiyah Disaster and Management Center (MDMC) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DIY menerjunkan satuannya untuk membantu proses mitigasi dan evakuasi korban.

Tim MDMC DIY berangkat menuju Demak dari Yogyakarta pada Jumat dini hari (9/2) pukul 00.20 WIB dengan empat personil: Faris HO; Wagiran; Budi Putra; Rifki Ramadhan. Tim ini berangkat dengan persiapan penuh dan sampai di Demak pada pukul 06.00 WIB untuk berkumpul di Posyan Masjid At-Taqwa Dusun Karanwaru lor.

Sesampainya di sana, tim MDMC DIY menyatu bersama tim MDMC PWM Jawa Tengah dan relawan lain, untuk kemudian melakukan penyisiran terhadap korban bencana banjir. Kegiatan penyisiran dilakukan hingga petang hari sekitar pukul 18.00 WIB. 

Dalam penyisiran tersebut, tim MDMC DIY mengalami beberapa kendala, di antaranya seperti komunikasi yang kurang, kurangnya guide yang mengarahkan, hingga briefing yang masih belum mendetail. Meski begitu, tim MDMC DIY berhasil mengevakuasi setidaknya 14 korban bencana banjir ke tempar yang aman. Para korban tersebut terdiri dari 7 perempuan dan 7 laki-laki, dari remaja hingga lansia.

Banjir di lokasi tersebut sendiri masih menggenang dari 1 hingga 5 meter, meski dalam laporan tim MDMC DIY sudah mulai surut hingga 20 CM. Adapun beberapa warga masih enggan dievakuasi menuju tempat yang aman.

Berita ini diterima mediamu.com dari rilis pers MDMC DIY

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here