News

News

MediaMU.COM

Jul 17, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
PCM Kalasan Jadikan Tahun Baru Hijriah Sebagai Momen Refleksi dan Penguatan Dakwah Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: Jika Otak Pintar dan Akhlak Baik Disatukan, Indonesia akan Maju Arif Jamali Muis: Center of Excellent Muhammadiyah Dimulai dari Gunungkidul Prihatin Kondisi Pengelolaan Sampah Ternate, Pemuda Lintas Iman Susun Rekomendasi untuk Pemerintah Ternate Guru Besar UAD Bicarakan Tantangan Kosmetik Halal di International Pharmacy Summer School UMY Ketua PPNI Bireuen Apresiasi Atas Berhasilnya Ummah Raih Akreditasi Baik Sekali  Dorong Peningkatan Ekonomi Umat, Lazismu Pusat Dan PWM Aceh Kerjasama Dengan Bank Danamon Syariah  Selamat Jalan Bu Ahang, Kami Semua Ikhlas PWA DIY Gelar EMKAES TOP, Upayakan Bersama Kebahagian Lansia Ibu Nahar Miladi Dimakamkan, Satu Lokasi dengan Mantan Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir Sampaikan Duka Cita atas Wafatnya Nahar Miladi Mahasiswa UMY Kembangkan Ekstrak Kulit Pohon Bangkal untuk Obati Kanker Payudara Anak Muda Mengaji: Inovasi AMM Depok dalam Kegiatan Mengaji untuk Gen-Z KABAR DUKA: Istri Sekretaris PWM DIY Meninggal Dunia  Gelar Pelatihan Jurnalistik, MPI DIY Siapkan Aktivis Media Muhammadiyah di Daerah dan Cabang Rayakan Milad ke-22 Tahun, Lazismu Siap Berkontribusi Pada Pembangunan Berkelanjutan Penuhi Undangan Dialog Yayasan Kristen, Haedar Nashir Bicara Gagasan Moderasi Beragama Agung Danarto: Muhammadiyah Butuh Kader Berkualitas Untuk Umat, Bangsa, dan Manusia Dalam Apel Akbar Nasional Kokam, Haedar Nashir Tegaskan Kiprah Muhammadiyah untuk Bangsa Upayakan Penanganan Bullying di Kalangan Pelajar, PP IPM Gelar Sekolah Adil Gender

Respons Banjir Demak, MDMC DIY Terjunkan Tim Bantu Evakuasi

DEMAK - Bencana banjir telah melanda area Desa Karanganyar, Kecamatan Karanganyar, Demak sejak 5 Februari 2024. Mengutip informasi yang telah diketahui banjir ini terjadi akibat limpasan air dan tanggul sungai yang jebol. Belum lagi, curah hujan tinggi menyebabkan banjir tak kunjung surut. Merespons hal tersebut, Lembaga Reliensi Bencana (LRB) atau dikenal juga Muhammadiyah Disaster and Management Center (MDMC) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DIY menerjunkan satuannya untuk membantu proses mitigasi dan evakuasi korban.

Tim MDMC DIY berangkat menuju Demak dari Yogyakarta pada Jumat dini hari (9/2) pukul 00.20 WIB dengan empat personil: Faris HO; Wagiran; Budi Putra; Rifki Ramadhan. Tim ini berangkat dengan persiapan penuh dan sampai di Demak pada pukul 06.00 WIB untuk berkumpul di Posyan Masjid At-Taqwa Dusun Karanwaru lor.

Sesampainya di sana, tim MDMC DIY menyatu bersama tim MDMC PWM Jawa Tengah dan relawan lain, untuk kemudian melakukan penyisiran terhadap korban bencana banjir. Kegiatan penyisiran dilakukan hingga petang hari sekitar pukul 18.00 WIB. 

Dalam penyisiran tersebut, tim MDMC DIY mengalami beberapa kendala, di antaranya seperti komunikasi yang kurang, kurangnya guide yang mengarahkan, hingga briefing yang masih belum mendetail. Meski begitu, tim MDMC DIY berhasil mengevakuasi setidaknya 14 korban bencana banjir ke tempar yang aman. Para korban tersebut terdiri dari 7 perempuan dan 7 laki-laki, dari remaja hingga lansia.

Banjir di lokasi tersebut sendiri masih menggenang dari 1 hingga 5 meter, meski dalam laporan tim MDMC DIY sudah mulai surut hingga 20 CM. Adapun beberapa warga masih enggan dievakuasi menuju tempat yang aman.

Berita ini diterima mediamu.com dari rilis pers MDMC DIY

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here