News

News

MediaMU.COM

Apr 27, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Korsel di Piala Asia, PP Muhammadiyah Beri Apresiasi Menang Lewat Adu Penalti lawan Korsel, Indonesia Satu Kaki Menuju Olimpiade 2024 Babak I Perempat Final Piala Asia U-23: Indonesia Unggul 2-1 atas Korea Selatan Inilah Doa untuk Mengharap Kemenangan Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar Anwar Abbas Harap Muhammadiyah-NU Bersatu Hadapi Peralihan Peradaban Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Minta Semua Pihak Hormati Putusan MK Inilah Makna Syawalan Bagi Cabang Ranting dan Masjid Berkemajuan Sukses di DPD RI, PWM DIY Siapkan Kader-kader Terbaiknya di Pilkada Serentak 300 Warga Muhammadiyah Ngaglik Hadiri Syawalan, Siap Bangun SMP Muhammadiyah yang Pertama Timnas U-23 Menang Lawan Australia Berkat Mahasiswa Muhammadiyah, Inilah Komentar Syauqi Soeratno Dukung Timnas U-23 di Piala Asia, PP Muhammadiyah Gelar Nonton Bareng Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: RS Muhammadiyah Berazaskan Kasih Sayang, Berpihak Pada Dhuafa

Proses Wakaf Tanah Sukses, Gedung Pusdiklat Kader Siap Dibangun

KULON PROGO – Muhammadiyah terus bergerak untuk mengembangkan programnya, khususnya terkait dengan perkaderan. Hal ini ditunjukkan dengan dibangunnya Gedung Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) oleh Majelis Pendidikan Kader (MPK) PP Muhammadiyah menjelang Muktamar ke – 48 Muhammadiyah tahun 2022 lalu.

Gedung Pusdiklat ini berdiri di tanah wakaf seluas 3.200 m² berlokasi di Dusun Conegaran, Kelurahan Triharjo, Kapanewon Wates, Kabupaten Kulon Progo, dimana posisinya sangat strategis yang dekat dengan Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), sekitar 10 Km. Pembangunan ini mendapatkan sambutan positif dari warga setempat, salah satunya H. Ratno yang mempunyai tanah persis di samping lokasi yang rencananya dibangun Gedung Pusdiklat.

Oleh karena itu, H.Ratno bermaksud mewakafkan tanahnya tersebut seluas 1008 m². Namun, awalnya rencana wakaf ini kurang mulus karena secara domisili, beliau saat itu sudah tidak tinggal di Kulon Progo, dan beliau tinggal dan ber-KTP di Kabupaten Sidoarjo. Alhasil, secara administratif berpindah KTP dari Sidoarjo ke Kulon Progo, proses wakaf dapat berjalan dengan baik.

Proses wakaf dilaksanakan pada Senin (20/3) di Kantor Urusan Agama (KUA) Wates, dipimpin langsung oleh Kepala Latif Fuad Nurul Huda S.Ag. MSi. serta turut hadir dalam prosesi tersebut H. Ratno sebagai waqif, Nadzir Muhammadiyah dari PCM Wates Selatan Drs Sudarminto.dan dihadiri juga oleh saksi-saksi yaitu Wakil Ketua PWM DIY Dr. Sapardiyono, M.H, Perwakilan Majelis Wakaf PDM Kulon Progo H. Sutarno. S.Ag dan Perwakilan Baznas Kulon Progo Drs Jumanto.

“PWM DIY berharap rencana pembangunan Pusdiklat dapat segera dilanjutkan setelah terjadinya pergantian kepemimpinan pasca Muktamar Muhammadiyah kemarin. Sehingga, tanah-tanah yang sudah diwakafkan oleh warga Muhammadiyah segera bermanfaat bagi kepentingan dakwah Persyarikatan, aamiin,” harap Sapardiyono.

Setelah proses wakaf selesai, selanjutnya tanah akan diserahkan kepada MPK PP Muhammadiyah untuk perluasan pembangunan Pusdiklat. (*)


Wartawan: Dzikril Firmansyah

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here