News

News

MediaMU.COM

May 13, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
PCM Ngampilan Adakan Silaturahmi Sekaligus Pelepasan Calon Jamaah Haji Mie Lezatmu dan Mocaf Jadi Bukti Inovasi Cabang-Ranting Muhammadiyah dalam Dakwah Ekonomi PSHW UMY Amankan Tiket Menuju Babak 32 Besar Liga 3 Nasional Gelar Workshop Nasional, LPCRPM PP Siapkan Penguatan Cabang, Ranting, dan Masjid Mahasiswa UAD Tuntut Palestina Merdeka, Presiden BEM UAD: Negara Arab Jangan Cuma Peduli Minyak Saja! Ikut Aksi Bela Palestina, Rektor UAD: Anak Kecil Juga Pedih dengan Penderitaan Palestina Serukan Dukungan Palestina Merdeka, Dosen UAD: Pro Israel Hukumnya Haram Mughallazah Aksi Bela Palestina Menggema di Seluruh Kampus Muhammadiyah dan Aisyiyah Nasyiatul Aisyiyah gelar ToT Fasilitator Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak untuk Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat 1000 Cahaya: Muhammadiyah Gerakkan Ranting Hingga Sekolah untuk Cegah Krisis Iklim Keluarga Alumni UAD Hadiri Syawalan: Taburkan Maaf, Sucikan Hati, Eratkan Tali Persaudaraan Perguruan Tinggi Muhammadiyah - Aisyiyah Bakal Gelar Aksi Serentak Bela Palestina Perkuat Dakwah, Warga Muhammadiyah Bantul Hadiri Syawalan dan Pelepasan Ratusan Jamaah Haji K.H. Harun Abdi Manaf: Banggalah Menjadi Warga Muhammadiyah dan Pegawai AUM Gelar Syawalan dan Silatnas, IPM Luncurkan Inovasi dan Rencana Masa Depan Menjanjikan Syawalan PCM Kalasan Bahas Diplomasi Makanan Sebagai Upaya Melenturkan Dakwah Berkemajuan Pentas Dakwah Seni Budaya Meriahkan Syawalan PCM Gamping Dalam Syawalan dan Family Gathering, IMM UGM Bersatu dan Bersilaturahmi Resmi Terpilih Jadi DPD RI, Syauqi Soeratno Siap Bawa Muhammadiyah dan Jogja Lebih Istimewa Sukses Antar Syauqi Soeratno ke DPD RI, PWM DIY Songsong Pilkada 2024

Prof Gonda Bicara Kemungkinan WNI dan Indonesia di Konflik Timur Tengah

MALANG - Pertikaian yang tengah berlangsung antara Iran dan Israel di Timur Tengah masih menjadi topik pembicaraan yang hangat. Iran baru-baru ini melancarkan serangan terbuka terhadap Israel, yang merupakan kejadian pertama kalinya, meskipun harus melalui wilayah kedaulatan Irak, Suriah, dan Jordan. Profesor Gonda Yumitro, PhD, seorang dosen Hubungan Internasional di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), mengemukakan bahwa Indonesia tidak akan terlibat dalam masalah geopolitik selama konflik tersebut tidak berlanjut.

Ia menekankan pentingnya memeriksa kembali sejarah, khususnya Revolusi Ruhullah Khomeini pada tahun 1979, yang menggulingkan Shah dan mendirikan Republik Islam Iran. Salah satu prinsip utama Khomeini adalah menentang imperialisme Amerika Serikat dan sekutunya, Israel, sehingga hubungan antara Iran dan Israel terputus sejak saat itu. "Serangan baru-baru ini hanya sebagai pengingat bahwa Iran memiliki kekuatan yang cukup," katanya.

Meskipun demikian, menurut Gonda, serangan Iran terhadap Israel bisa berdampak negatif. Misalnya, hal itu dapat mempengaruhi masyarakat Muslim di Palestina dan Warga Negara Indonesia (WNI) yang tinggal di Timur Tengah. Meskipun serangan Iran tidak menimbulkan kerusakan pada inti Israel, tetapi dapat memicu konflik yang lebih luas dengan konsekuensi yang tidak terduga.

Gonda menggarisbawahi bahwa Indonesia harus tetap netral dan hati-hati dalam menanggapi perkembangan situasi. Kehadiran banyak WNI di kawasan Timur Tengah menuntut Indonesia untuk bersikap bijak dan mematuhi prinsip-prinsip konstitusi, yaitu mendukung perdamaian dunia dan menentang segala bentuk penjajahan.

"Indonesia adalah penjaga perdamaian dunia dan menolak keras segala bentuk kekerasan yang mengancam kehidupan sipil. Oleh karena itu, saya percaya bahwa Indonesia harus mempertahankan sikap normatifnya dan memperhatikan kepentingan WNI yang mungkin terpengaruh di kawasan tersebut," tambahnya.

Gonda menegaskan bahwa perang yang berkepanjangan harus dihindari, dan semua pihak perlu meningkatkan upaya untuk mencegah konflik yang lebih luas. Masyarakat Indonesia juga harus memiliki pemahaman yang kritis agar tidak merugikan kepentingan nasional di kawasan, mengingat banyaknya WNI yang tinggal di Timur Tengah.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here