News

News

MediaMU.COM

Apr 18, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: RS Muhammadiyah Berazaskan Kasih Sayang, Berpihak Pada Dhuafa Jamu PP Aisyiyah, Haedar Nashir Berpesan Untuk Dekatkan Dakwah dengan Masyarakat Lazismu bersama MPM PP Muhammadiyah Salurkan 1000 Paket Zakat Fitrah dan Fidyah Abdul Mu'ti: Jadikan Idulfitri Momentum Rekonsiliasi Sosial Ketua PP Muhammadiyah Prihatin Korupsi Subur di Tengah Masyakarat yang Religius Haedar Nashir: Puasa Momentum Seimbangkan Hidup dengan Sikap 'Tengahan' Warga Muhammadiyah Lokshumawe Shalat Id Serentak di Halaman Masjid At-Taqwa Taawun Sosial Ramadan PWA DIY: Berbagi Berkah dan Pesan Kebajikan Muhammadiyah DIY Siapkan 718 Lokasi Sholat Idulfitri 1445 H, Ini Daftarnya Layani Para Pemudik, RS PKU Muhammadiyah Bantul Sediakan 3 Posko Kesehatan PDPM Sleman Tebar Kebaikan Ramadhan Bersama Steps2 Allah London di Ponpes Abu Dzar Al Ghifari Gamping Dayah Modern Ihyaaussunnah Kota Lhokseumawe Sukse Gelar Intensive Qur’anic Camp Kunjungi Pos MudikMU Masjid Ahmad Dahlan Pundong, Sekretaris PWM DIY Apresiasi Fasilitas Layanan yang Tersedia MPKU dan Klinik PKU Bambanglipuro Bersinergi dalam Program Muhammadiyah Menyapa Muhammadiyah Umumkan Idul Fitri 1445 H Jatuh Pada Rabu 10 April 2024 Tetap Bertugas di Lebaran, RS PKU Muhammadiyah Yogya Siap Beri Pelayanan Maksimal

Prestasi IPM Jadi Refleksi Milad agar Tetap Optimistis Hadapi Dinamika Organisasi

YOGYA – Agenda semarak Milad ke-60 Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) terus bergulir meski hari-H milad sudah lewat beberapa hari. Sabtu (24/7) malam acara Millennial Symposium yang diadakan Pimpinan Pusat (PP) IPM menghadirkan beberapa tokoh Muhammadiyah, termasuk Prof. Dr. Abdul Mu’ti, Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, dan alumni IPM berprestasi. Melalui teleconference, para narasumber menyampaikan pesan dan gagasan yang dirangkai dalam tema “Kader IPM: untuk Umat, Bangsa, dan Bernegara”.

“Tema yang menarik,” kata Syarial Suandi, Ketua Kornas Alumni IPM, dalam sambutannya di depan lebih dari 150 peserta. Tema ini, lanjutnya, berangkat dari kesadaran tanggung jawab angkatan muda soal bagaimana masa depan bangsa dan negara. IPM perlu membekali kadernya dengan hardskill, softskill, dan lifeskill (akhlak) yang memadai untuk dapat mengambil peran di masyarakat.

Ketua Umum PP IPM, Ipmawan Hafizh Syafa’aturrahman, memberi sambutan dengan mengajak para kader untuk menyusuri kembali jalan panjang organisasi ini sejak awal berdiri 1961. “Dalam momen milad ini, kita sama-sama merefleksikan pergerakan yang begitu berat ke depannya, akan tetapi akan mudah apabila kita berkolaborasi,” jelasnya.

Turut menghidupkan acara tersebut, Abdul Mu’ti dalam keynote speech. “Kami di Muhammadiyah merasa bangga dan berbahagia dengan prestasi IPM yang berturut-turut menjadi organisasi terbaik se-Asia Tenggara, bahkan se-Asia,” ungkapnya.

Ia kemudian mengingatkan pencapaian-pencapaian IPM yang diraih baik secara institusional maupun individual yang melingkupi berbagai bidang. Mulai dari kesenian, olahraga, sains, teknologi, dan banyak lagi.

Prestasi-prestasi IPM tepat menjadi refleksi dalam momen milad supaya kader lebih optimis dan tidak berkecil hati menghadapi tantangan dan dinamika organisasi. Sebagai sebuah organisasi besar, tantangan yang dihadapi tidak semakin ringan. Dengan menghadapi berbagai halang rintang, para kader akan semakin terasah untuk lebih terampil dan dewasa dalam menyelesaikan berbagai persoalan.

Usai simposium dilanjutkan diskusi interaktif menghadirkan para alumni berprestasi dengan berbagai latar belakang. Mereka antara lain adalah Azaki Khoirudin (CEO Ibtimes.id), Slamet Nur Achmad Effendy (tenaga ahli DPR RI), Dzul Fikar Ahmad Tawalla (Sekjen PP PM), Irfan Amalee (Executive Director PeaceGen), dan Ulfah Mawardi (Staf Khusus Menteri PPPA).

Para alumni bergantian memaparkan gagasan menyangkut perkembangan organisasi Muhammadiyah sayap pelajar ini. Mereka berbagi pandangan berdasarkan lini perjuangan masing-masing. Dengan dipandu moderator yang cekatan, peserta antusias menyimak. (*)

Wartawan: Ahimsa
Editor: Heru Prasetya

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here