News

News

MediaMU.COM

Feb 24, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Ikhwan Ahada: Penghafal Al-Quran Adalah Pengusung Misi Langit yang Harus Dibawa Membumi Literasi Digital, Arif Jamali Imbau Muhammadiyah Manfaatkan Data: Bukankah Kita Organisasi Berkemajuan?  MPKS PWM DIY dan LazisMU PKU Muhammadiyah Gamping Tanda Tangan MOU Kerjasama Pembiayaan Operasional RSPM DIY Gelar Rakerwil, MPI PWM DIY Soroti Literasi Digital Warga Muhammadiyah Majelis Dikdasmen-PNF Kota Yogyakarta Gelar Wisuda Akbar untuk Ratusan Murid Penghafal Al-Quran Tindak Lanjuti Hasil Temuan Pemilu 2024, 'Aisyiyah Catatkan Delapan Rekomendasi 'Aisyiyah Catat Pemilu 2024 Belum Sepenuhnya Ramah Kelompok Rentan Dari Pemantauan, Aisyiyah Temukan Berbagai Pelanggaran pada Pemilu 2024 Respons Cepat Angin Puting Beliung di Sumedang, MDMC dan Lazismu Turun Tangan Berdayakan Masyarakat, Muhammadiyah Hadirkan Air Bersih di Desa Tliu NTT MHH PWM DIY Melatih Paralegal, Siap Menyuarakan Keadilan untuk Semua Syamsul Anwar: Munas Tarjih Jadi Forum Tertinggi Muhammadiyah untuk Masalah Kagamaan Melalui AUM Bertaraf Internasional, Haedar Harap Dakwah Muhammadiyah Sentuh Kaum Elit Cetak Kader Profesional, Ini Pesan Agus Taufiqurrahman untuk PP IPM Busyro Muqoddas: Kepemimpinan di Muhammadiyah Tak Dipengaruhi Pemilu PP IPM Resmikan 'Kantor Baru' di Yogyakarta Pemeran dan Sutradara Dirty Vote Kunjungi UMY: Apa Langkah Selanjutnya Setelah Pemilu? Muhammadiyah Seru Seluruh Kader untuk Kawal Suara dalam Pemilu 2024 MJE #3 Sukses, PWM DIY: MJE Adalah Wajah Baru Dakwah Muhammadiyah Pemilu 2024 Usai, Abdul Mu'ti Tulis Catatannya Tentang Demokrasi Hari ini

Perkuat Antisipasi Kebencanaan Institusi Sekolah, Tim PKM UAD Beri Pelatihan SPAB

SLEMAN - Dalam mitigasi kebencanaan, manusia hanya bisa memprediksi namun tak tahu pasti kapan bencana akan datang dan terjadi. Untuk itu, dalam rangka penguatan kapasitas terkait mitigasi kebencanaan, tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menggelar Pelatihan Penguatan Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) pada Sabtu (10/2) di SMK Muhammadiyah 2 Sleman.

Pelatihan ini ditujukan untuk institusi sekolah, di mana tak jarang bencana terjadi saat jam sekolah berlangsung. Sebanyak 50 peserta hadir, terdiri dari guru yang mewakili 18 sekolah, dari jenjang PAUD hingga SMA. Adapun turut hadir perwakilan dari Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Sleman, Majelis Pembinaan Kesehatan Umum Sleman, hingga perwakilan Pimpinan Cabang Muhammadiyah dan Aisyiyah (PCM dan PCA) Sleman.

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat UAD sendiri diketuai Prof. Zahrul Mufrodi, dengan anggota tim Afan Kurniawan, S.T, M.T; Dholina Inang Pambudi, M.Pd; dan Oktomi Wijaya, S.KM, M.Sc. Bersama, mereka berikhtiar menyelamatkan sesama dan semesta di tengah ancaman bencana melalui kegiatan ini.

Dalam keterangannya, tim PKM UAD berharap peserta dapat melakukan rencana tindak lanjut (RTL) agar seluruh sekolah yang terlibat dapat mengimplementasikan Satuan Pendidikan Aman Bencana melalui tiga pilar dan pilar pondasi dengan baik. Pada acara tersebut juga disampaikan terkait deteksi dan pencegahan terjadinya kecelakaan yang memungkinkan terjadi pada saat proses pembelajaran berlangsung.

Berita ini diterima mediamu.com dari rilisan pers Tim PKM UAD

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here