News

News

MediaMU.COM

May 3, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Kembali Rebut 3 Poin di Liga 3, PSHW UMY Pertahankan Ritme Permainan Timnas U-23 Gagal Kalahkan Irak, Haedar Nashir: Masih Ada Asa Suara Muhammadiyah Buka SM Farm, Ratusan Ekor Sapi Langsung Ludes Dipesan Ratusan Baliho Ketua PWPM DIY Penuhi Titik Strategis Gunungkidul, Isyarat Maju Pilkada Luar Biasa! 926 Guru PAUD/TK ABA Hadir di Silaturahim Keluarga Besar IGABA Sleman Demam Timnas, 200 Titik Pimpinan dan Amal Usaha Muhammadiyah Gelar Nobar PCIM Tiongkok Gelar Kajian Syawal Bersama Din Syamsuddin, Kuatkan Dakwah Melalui Diaspora Timnas Indonesia Kalah Atas Uzbekistan, Haedar Nashir Beri Semangat: Kalian Pahlawan Bangsa Tanpa Mahkota! Ramai Gelar Nobar Timnas U-23, Dosen UMY Beri Penjelasan Begini Rektor Berharap PSHW UMY Jadi Kebanggan Pemuda dan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Amanatkan Jaga Tradisi Syawalan, Haedar Nashir: Identitas Kita Sebagai Bangsa Haedar Nashir Tegaskan Muhammadiyah Netral dalam Politik, Ingatkan Semua Pihak Berintrospeksi Atasi Perubahan Iklim, MLH PP Muhammadiyah Tanam 1000 Pohon Mangrove Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Korsel di Piala Asia, PP Muhammadiyah Beri Apresiasi Menang Lewat Adu Penalti lawan Korsel, Indonesia Satu Kaki Menuju Olimpiade 2024 Babak I Perempat Final Piala Asia U-23: Indonesia Unggul 2-1 atas Korea Selatan Inilah Doa untuk Mengharap Kemenangan Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud

Pengajian Malam Selasa Kembali Hadir, Upaya Merawat Amanat KH Ahmad Dahlan

YOGYAKARTA - Setelah sempat terhenti penyelenggaraannya secara tatap muka, Pengajian Malam Selasa (PMS) kini kembali diadakan secara langsung di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Sebagai catatan, PMS telah menyejarah di lingkungan Muhammadiyah, pengajian ini bahkan sudah ada sejak zaman KH. Ahmad Dahlan.

Ketua Majelis Tabligh PP Muhammadiyah, Fathurrahman Kamal, juga memberikan informasi tentang sejarah PMS. Menurutnya, penggelaran kembali PMS secara tatap muka di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta merupakan upaya merawat amanat.

“Dengan segala ketulusan, kesyukuran dan apresiasi yang tinggi, kami rekan-rekan di Majelis Tabligh sangat menghormati, sangat mentakzim penerimaan oleh Madrasah Mu’allimin yang menjadi tuan rumah dan saksi sejarah yang Panjang dari Pengajian Malam Selasa ini serta menjadi tempat kita merawat Amanah yang besar ini,” ungkapnya pada Selasa (9/10).

Fathurrahman menambahkan bahwa kehadiran jamaah di Pengajian Malam Selasa tidak sekadar berkumpul untuk belajar bersama. Lebih dari itu, kehadiran dalam PMS adalah upaya untuk menjaga warisan ilmu pengetahuan Muhammadiyah yang terhubung langsung dengan KH. Ahmad Dahlan.

Pembukaan kembali PMS pada tanggal 9 Oktober 2023 ini dihadiri oleh sekitar 100 jamaah dan santri Madrasah Mu’allimin serta diikuti secara daring oleh lebih dari 700 orang.

Direktur Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta, Aly Aulia, dalam pidatonya menyatakan bahwa pengajian merupakan inti dari organisasi Muhammadiyah. Dia juga mengakui bahwa PMS adalah salah satu pengajian yang sangat dihormati, karena dari sini muncul gerakan pembaharuan Muhammadiyah.

“PMS yang dimana ini merupakan kajian prestisius yang dari pengajian ini melahirkan gerakan dakwah dan tajdid Muhammadiyah. Kami menyadari bahwa pengajian itu adalah jantungnya persyarikatan,” tandasnya.

Bagi jamaah yang memiliki kesempatan untuk menghadiri Pengajian Malam Selasa secara langsung, mereka dapat datang ke Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta yang beralamat di Jalan Letjen. S. Parman No. 68, Ketanggungan, Wirobrajan, Kota Yogyakarta.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here