News

News

MediaMU.COM

Apr 18, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: RS Muhammadiyah Berazaskan Kasih Sayang, Berpihak Pada Dhuafa Jamu PP Aisyiyah, Haedar Nashir Berpesan Untuk Dekatkan Dakwah dengan Masyarakat Lazismu bersama MPM PP Muhammadiyah Salurkan 1000 Paket Zakat Fitrah dan Fidyah Abdul Mu'ti: Jadikan Idulfitri Momentum Rekonsiliasi Sosial Ketua PP Muhammadiyah Prihatin Korupsi Subur di Tengah Masyakarat yang Religius Haedar Nashir: Puasa Momentum Seimbangkan Hidup dengan Sikap 'Tengahan' Warga Muhammadiyah Lokshumawe Shalat Id Serentak di Halaman Masjid At-Taqwa Taawun Sosial Ramadan PWA DIY: Berbagi Berkah dan Pesan Kebajikan Muhammadiyah DIY Siapkan 718 Lokasi Sholat Idulfitri 1445 H, Ini Daftarnya Layani Para Pemudik, RS PKU Muhammadiyah Bantul Sediakan 3 Posko Kesehatan PDPM Sleman Tebar Kebaikan Ramadhan Bersama Steps2 Allah London di Ponpes Abu Dzar Al Ghifari Gamping Dayah Modern Ihyaaussunnah Kota Lhokseumawe Sukse Gelar Intensive Qur’anic Camp Kunjungi Pos MudikMU Masjid Ahmad Dahlan Pundong, Sekretaris PWM DIY Apresiasi Fasilitas Layanan yang Tersedia MPKU dan Klinik PKU Bambanglipuro Bersinergi dalam Program Muhammadiyah Menyapa Muhammadiyah Umumkan Idul Fitri 1445 H Jatuh Pada Rabu 10 April 2024 Tetap Bertugas di Lebaran, RS PKU Muhammadiyah Yogya Siap Beri Pelayanan Maksimal

PDM Sleman dan FEB UNY Jalin MoU, Susun Strategi Memajukan Pendidikan

Penandatanganan MoU antara PDM Sleman dan FEB UNY, pada Sabtu (9/3). Foto: Dok. PDM Sleman

SLEMAN - Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Sleman dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Yogyakarta (FEB UNY) mengadakan silaturahim pada Sabtu (9/3) di Auditorium FEB UNY. Pada silaturahim ini, juga dilakukan penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) antara PDM Sleman dengan FEB UNY oleh Ketua PDM Sleman H. Harjaka, S.Pd, S.Ag, M.A. dan Dekan FEB UNY Yogyakarta Prof. Dr. Siswanta, M.Pd.

Dalam sambutannya Siswanto menyampaikan ucapan terima kasih kepada PDM Sleman dan terkhusus Majelis Dikdasmen dan PNF dimana kerjasama ini merupakan bentuk yang saling menguatkan. ”Kiprah Muhammadiyah menjadi sesuatu yang harus dicontoh dalam rangka mengembangkan dan meningkatkan dunia pendidikan dimana pendidikan Muhammadiyah sebagai tempat pendidikan, layanan masyarakat, ladang dakwah dan kaderisasi,” ujarnya

Selanjutnya ketua PDM Sleman, Harjaka menyampaikan penguatan ideologi Muhammadiyah kepada para peserta yang hadir, terdiri dari kepala SD, SMP, SMA/K Muhammadiyah se-Sleman serta Majelis Dikdasmen dan PNF PCM se-Sleman. Ia menyampaikan bahwa sebagai orang Muhammadiyah harus berpikir lima hal di bawah ini.

Mulai dari yahdur bil ‘ibadah yakni beribadah itu harus ada dasarnya tidak grubyak-grubyuk. Kedua, yahdur fil ‘ilmi, orang Muhammadiyah itu harus melakukan sesuatu didasarkan dengan Ilmu. Termasuk dalam penentuan 1 Ramadhan ataupun hari raya misalnya itu juga dengan Ilmu. Harjaka yang juga Alumni IKIP (nama lama UNY)  jurusan Matematika juga menerapkan ilmu matematika yang dikenal dengan bilangan kapsilon. 

“Jika lebih dari nol tetap positif sehingga sudah lebih dan masuk bilangan baru. Selain itu jika kita mau membuktikan nanti malam dengan HP, jika belum masuk jam 12 kurang 1 menit maka kalender belum pindah tanggal baru, begitu masuk 00 maka sudah masuk tanggal baru,” papar Harjaka.

Ketiga, yahdur fi ruh. Ruh keislaman harus disiapkan dan perlu dipersiapkan ruhnya. Lalu, keempat, yahdur fil badan, dipersiapkan badan untuk memasuki Bulan Ramadhan. Hingga kelima, yahdur fil maal, mempersiapkan harta.

“Orang Muhammadiyah itu memiliki 5 jenis istiqomah, yakni istiqomah fil Ibadah, istiqomah fil aqidah, istiqomah fil maisyatil thoyibah, istiqomah fil silaturahmiyah, dan istiqomah fil akhlaqil karimah.

Setelah penandatanganan MoU, acara dilanjutkan dengan penyampaian keynote speech strategi untuk memajukan dan mengembangkan pendidikan dari Drs. H. Ery Widaryana, M.M selaku kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman. Ia memberikan motivasi untuk terus menyatukan pendapat bersama-sama mengembangkan pendidikan di Sleman. 

“Bagaimana mengembangkan pendidikan Muhammadiyah? Marilah terus meningkatkan pelayanan pendidikan sebaik-baiknya. Terkait fasilitas, tentu terus ditingkatkan dan tentu sesuai regulasi. 

Jadi, silahkan persiapkan PPDB dengan sebaik-baiknya di lingkungan Muhammadiyah,” kata Ery sambil mengajak untuk terus meningkatkan keimanan dan akhlak yang baik dalam menjalankan amanah sebagai pendidik. (*)

Wartawan: Dzikril Firmansyah

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here