News

News

MediaMU.COM

Apr 27, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Korsel di Piala Asia, PP Muhammadiyah Beri Apresiasi Menang Lewat Adu Penalti lawan Korsel, Indonesia Satu Kaki Menuju Olimpiade 2024 Babak I Perempat Final Piala Asia U-23: Indonesia Unggul 2-1 atas Korea Selatan Inilah Doa untuk Mengharap Kemenangan Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar Anwar Abbas Harap Muhammadiyah-NU Bersatu Hadapi Peralihan Peradaban Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Minta Semua Pihak Hormati Putusan MK Inilah Makna Syawalan Bagi Cabang Ranting dan Masjid Berkemajuan Sukses di DPD RI, PWM DIY Siapkan Kader-kader Terbaiknya di Pilkada Serentak 300 Warga Muhammadiyah Ngaglik Hadiri Syawalan, Siap Bangun SMP Muhammadiyah yang Pertama Timnas U-23 Menang Lawan Australia Berkat Mahasiswa Muhammadiyah, Inilah Komentar Syauqi Soeratno Dukung Timnas U-23 di Piala Asia, PP Muhammadiyah Gelar Nonton Bareng Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: RS Muhammadiyah Berazaskan Kasih Sayang, Berpihak Pada Dhuafa

Panti Bayi Aisyiyah Pertama Resmi Berdiri

YOGYA - Panti Asuhan Yatim (PAY) Putri 'Aisyiyah resmi memiliki layanan panti bayi yang pertama di Yogyakarta. Panti bayi ini diresmikan Majelis Kesejahteraan Sosial (MKS) Pimpinan Pusat 'Aisyiyah pada Sabtu (27 Rabiul Akhir 1445 H bertepatan 11 November 2023), disaksikan segenap tamu undangan yang meliputi Dinas Sosial DIY dan Kota Yogyakarta, Pimpinan Wilayah 'Aisyiyah (PWA) DIY, Kemantren Ngampilan, hingga jajaran RT / RW sekitar.

Diresmikannya panti bayi ini merupakan realisasi dari program unggulan PP 'Aisyiyah periode 2015-2020/2022 lalu. Dimana hal ini dilatarbelakangi dari banyaknya kasus bayi terlantar atau belum mampu mengasuhnya dengan baik dari orang tua atau keluarga bayi itu sendiri.

Terlebih juga, di beberapa rumah sakit kerap terdapat bayi-bayi yang ditinggalkan begitu saja oleh orang tua aslinya. Sementara juga banyak yang ingin mengasuh, namun tidak boleh mengasuhnya dari rumah sakit dan harus melalui LKSA atau panti asuhan

Di sisi lain, dari 'Aisyiyah yang notabene sangat concern terhadap perempuan dan anak belum mempunyai layanan panti atau penitipan bayi. "Sehingga, PP 'Aisyiyah membuat program panti bayi dan menjadikan PAY Putri 'Aisyiyah Yogyakarta sebagai rintisan dari layanan ini," kata Ketua MKS PP 'Aisyiyah Abidah Muflihati, M.Si.

Proses dari pendirian panti bayi ini memakan waktu cukup lama, dimana sudah digagas pada periode 2015-2020/2022 namun sempat terkendala izin dari Dinas Sosial DIY di samping juga adanya pandemi covid-19 selama 2020 dan 2021. Namun, berkat ikhtiar dan dukungan dari berbagai pihak, layanan panti bayi bisa diwujudkan.

Panti bayi terletak di gedung PAY Putri 'Aisyiyah Yogyakarta lantai dua. Terdapat beberapa fasilitas yang disediakan dalam panti bayi ini, seperti ruang pengasuhan, konsultasi, kedekatan, laktasi, menyusui, dua dapur dan kamar mandi. Pengelolaan panti bayi juga didukung oleh tenaga profesional, sehingga panti bayi ini bisa berjalan dan bayi-bayi nantinya ada yang mendampingi.

Dengan adanya panti bayi ini diharapkan mampu menjawab kebutuhan masyarakat akan layanan pengasuhan dan penitipan bayi yang layak. Maka seusai peresmian, PP 'Aisyiyah mengharapkan pengelolaan panti bayi dapat berjalan baik dan bisa semakin berkembang agar terus memberi manfaat bagi masyarakat.

"Semoga kerjasama dengan PWA DIY dan PAY Putri 'Aisyiyah semakin solid agar layanan panti bayi ini dapat dikembangkan lagi," harap Abidah.

Kemudian, dari pihak pengelola menjelaskan jika panti bayi ini merupakan pengembangan dari PAY Putri 'Aisyiyah. Dimana sebelumnya hanya mengasuh anak-anak dari usia 4 tahun sekarang menjadi anak-anak usia bayi atau 0 tahun.

Pengembangan ini juga sesuai dengan implementasi surat Al Ma'un yang menjadi spirit dakwah Muhammadiyah di sosial kemasyarakatan.

"Kita harus peduli terhadap anak-anak, sehingga mereka dapat tumbuh menjadi anak yang berguna bagi umat dan masyarakat. Dengan adanya panti bayi ini, insya Allah menambah fungsi kita untuk menyampaikan kepada masyarakat tentang kiprah 'Aisyiyah dan Muhammadiyah terhadap kaum dhuafa dan anak yatim," papar Dra. Lilik Afifah selaku Ketua Pengurus Panti Bayi PAY Putri 'Aisyiyah.

Anggota MKS PWM DIY itu juga menjelaskan kalau peran panti bayi ini lebih kepada pengasuhan. Sehingga, jika ada yang mau mengasuh, dari pihak panti akan melakukan assessment terhadap keluarga yang bersangkutan. Namun, jika tidak ada yang mengadopsi, maka dari panti akan mengasuhnya hingga mandiri.

Senada dengan Lilik, Wakil Ketua PWA DIY Zulaikha menyampaikan bahwa panti bayi ini akan fokus kepada pengasuhan atau penitipan sementara. Saat bayi dititipkan, para pengurus panti juga memberikan edukasi kepada orang tua agar siap dalam mengasuh.

Untuk itulah dalam panti bayi ini terdapat ruang kedekatan, laktasi, dan sebagainya supaya orang tua bisa menengok dan menerima bayi sedikit demi sedikit. Namun jika orang tua belum siap, maka akan diedukasi lagi selama 6 bulan hingga akhirnya orang tua dan keluarga benar-benar siap.

"Penitipan ini sifatnya sementara. Harapannya bayi tersebut bisa kembali kepada orang tua atau keluarga yang benar-benar siap," tandas Zulaikha. (*)

 

Wartawan: Dzikril Firmansyah

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here