News

News

MediaMU.COM

May 15, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Nur Ahmad Ghojali Sayangkan Orang Muhammadiyah Sekolahkan Anaknya di Luar Muhammadiyah PC IMM Djazman Al Kindi Yogya dan BEM UAD Gelar Simposium Pemikiran Islam, Hadirkan Pendiri IMM PCM Ngampilan Adakan Silaturahmi Sekaligus Pelepasan Calon Jamaah Haji Mie Lezatmu dan Mocaf Jadi Bukti Inovasi Cabang-Ranting Muhammadiyah dalam Dakwah Ekonomi PSHW UMY Amankan Tiket Menuju Babak 32 Besar Liga 3 Nasional Gelar Workshop Nasional, LPCRPM PP Siapkan Penguatan Cabang, Ranting, dan Masjid Mahasiswa UAD Tuntut Palestina Merdeka, Presiden BEM UAD: Negara Arab Jangan Cuma Peduli Minyak Saja! Ikut Aksi Bela Palestina, Rektor UAD: Anak Kecil Juga Pedih dengan Penderitaan Palestina Serukan Dukungan Palestina Merdeka, Dosen UAD: Pro Israel Hukumnya Haram Mughallazah Aksi Bela Palestina Menggema di Seluruh Kampus Muhammadiyah dan Aisyiyah Nasyiatul Aisyiyah gelar ToT Fasilitator Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak untuk Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat 1000 Cahaya: Muhammadiyah Gerakkan Ranting Hingga Sekolah untuk Cegah Krisis Iklim Keluarga Alumni UAD Hadiri Syawalan: Taburkan Maaf, Sucikan Hati, Eratkan Tali Persaudaraan Perguruan Tinggi Muhammadiyah - Aisyiyah Bakal Gelar Aksi Serentak Bela Palestina Perkuat Dakwah, Warga Muhammadiyah Bantul Hadiri Syawalan dan Pelepasan Ratusan Jamaah Haji K.H. Harun Abdi Manaf: Banggalah Menjadi Warga Muhammadiyah dan Pegawai AUM Gelar Syawalan dan Silatnas, IPM Luncurkan Inovasi dan Rencana Masa Depan Menjanjikan Syawalan PCM Kalasan Bahas Diplomasi Makanan Sebagai Upaya Melenturkan Dakwah Berkemajuan Pentas Dakwah Seni Budaya Meriahkan Syawalan PCM Gamping Dalam Syawalan dan Family Gathering, IMM UGM Bersatu dan Bersilaturahmi

Pak Radi, Guru SD MUH CC, Persembahkan Lagu Muroja’ah Cinta

SLEMAN – Suradi, S.H.I., guru mata pelajaran Al Qur’an di SD Muhammadiyah Condongcatur, Depok, Sleman. Ia mempersembahkan lagu berjudul “Muroja’ah Cinta” bagi siswa-siswinya dan seluruh santri penghafal Al Qur’an di seluruh penjuru Nusantara.

Selain dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1443 H, lagu tersebut untuk menumbuhkan semangat istiqomah muroja’ah atau mengulang dan menjaga hafalan Al Qur’an.

Menurut Pak Radi, sapaan akrab Suradi, latar belakang diciptakannya lagu tersebut berangkat dari keprihatinan atas kondisi siswa dan santri Taman Ash-Habul Qur’an “Al-Hakiim” Yogyakarta. Juga, Taman Pendidikan Al Qur’an di beberapa masjid di Yogyakarta yang terpaksa meliburkan kegiatan belajar tatap muka karena adanya pandemi Covid-19.

“Hal tersebutlah yang memotivasi saya untuk menciptakan lagu Muroja’ah Cinta,” terang Suradi.

Kalau belajar membaca Al Qur’an itu melazimkan tatap muka (musafahah). Apalagi dalam hal menghafal membutuhkan contoh dari guru (talaqqi), pembetulan (tashih), pengulangan (muroja’ah). Hal tersebut untuk menjaga hafalan ayat-ayat Al Qur’an.

Dalam Hadits Riwayat Muslim no. 1313, Rasulullah SAW mewasiatkan perumpamaan orang yang hafal Al Qur`an seperti unta yang ditambatkan. Artinya, jika tetap diawasi, maka akan tetap tertambat, tetapi jika dibiarkan akan lepas.

“Begitu pula dengan penghafal Al Qur’an. Jika penghafal Al Qur’an shalat, lalu ia membacanya pada malam dan siang hari niscaya akan senantiasa mengingatnya,” ungkap Suradi. Namun, jika tidak melakukan hal itu, ia akan melupakannya.

Lagu “Muroja’ah Cinta” tersebut bertemakan semangat dan motivasi menghafal dan muroja’ah (mengulang-ulang) hafalan untuk menjaga hafalan Al Qur’an itu sendiri.

Lagu itu diciptakan sendiri dengan bantuan Diky al-Fatih, salah seorang musisi dari Yogyakarta sekaligus pemilik studio FDP Music & Recording.

Suradi berharap, melalui lagu yang sederhana ini bisa dimudahkan oleh Allah SWT untuk menyampaikan pesan kepada seluruh siswa dan santri penghafal Al Qur’an khususnya dan umat Islam pada umumnya.

“Juga untuk menguatkan keyakinan akan pentingnya menjaga hafalan dengan terus-menerus muroja’ah atau mengulang hafalan,” tandasnya.

Cepat menghafal itu bukan prestasi dan lambat menghafal bukan kelemahan. “Tapi intens dan terus-menerus berinteraksi dengan Al Qur’an itulah prestasi,” kata Suradi.

Ia mengajak umat Islam menyambut Tahun Baru Islam 1443 Hijriyah dengan sungguh-sungguh berhijrah. Hijrah dari egoisme menuju jiwa yang rela dan bangga berbagi. Hijrah dari kemalasan menuju semangat beramal salih, hijrah dari rajin game dan jarang baca Al Qur’an di rumah menjadi generasi yang cinta, rela, dan bangga membaca Al Qur’an. (*)

Wartawan: Dzikril Firmansyah Atha Ridhai
Editor: Affan Safani Adham

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here