News

News

MediaMU.COM

Jul 17, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
PCM Kalasan Jadikan Tahun Baru Hijriah Sebagai Momen Refleksi dan Penguatan Dakwah Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: Jika Otak Pintar dan Akhlak Baik Disatukan, Indonesia akan Maju Arif Jamali Muis: Center of Excellent Muhammadiyah Dimulai dari Gunungkidul Prihatin Kondisi Pengelolaan Sampah Ternate, Pemuda Lintas Iman Susun Rekomendasi untuk Pemerintah Ternate Guru Besar UAD Bicarakan Tantangan Kosmetik Halal di International Pharmacy Summer School UMY Ketua PPNI Bireuen Apresiasi Atas Berhasilnya Ummah Raih Akreditasi Baik Sekali  Dorong Peningkatan Ekonomi Umat, Lazismu Pusat Dan PWM Aceh Kerjasama Dengan Bank Danamon Syariah  Selamat Jalan Bu Ahang, Kami Semua Ikhlas PWA DIY Gelar EMKAES TOP, Upayakan Bersama Kebahagian Lansia Ibu Nahar Miladi Dimakamkan, Satu Lokasi dengan Mantan Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir Sampaikan Duka Cita atas Wafatnya Nahar Miladi Mahasiswa UMY Kembangkan Ekstrak Kulit Pohon Bangkal untuk Obati Kanker Payudara Anak Muda Mengaji: Inovasi AMM Depok dalam Kegiatan Mengaji untuk Gen-Z KABAR DUKA: Istri Sekretaris PWM DIY Meninggal Dunia  Gelar Pelatihan Jurnalistik, MPI DIY Siapkan Aktivis Media Muhammadiyah di Daerah dan Cabang Rayakan Milad ke-22 Tahun, Lazismu Siap Berkontribusi Pada Pembangunan Berkelanjutan Penuhi Undangan Dialog Yayasan Kristen, Haedar Nashir Bicara Gagasan Moderasi Beragama Agung Danarto: Muhammadiyah Butuh Kader Berkualitas Untuk Umat, Bangsa, dan Manusia Dalam Apel Akbar Nasional Kokam, Haedar Nashir Tegaskan Kiprah Muhammadiyah untuk Bangsa Upayakan Penanganan Bullying di Kalangan Pelajar, PP IPM Gelar Sekolah Adil Gender

Ngaji Online Tingkat Ranting di Tengah Pandemi Covid-19

SLEMAN — Belum redanya penyebaran virus Corona tidak menyurutkan semangat jama’ah Muhammadiyah Nogotirto, Gamping, Sleman, dalam mengaji. Dalam satu bulan ini mereka sudah mengikuti kajian rutin Tafhimul Qur’an tiap Rabu mulai pukul 16.00 secara daring (dalam jaringan). Hari Rabu 1 Juli 2020 kajian secara online tersebut adalah yang kelima kalinya.

“Ciri utama Muhammadiyah itu ya ngaji. Kata Pak AR dulu, jangan mengaku Muhammadiyah kalau tidak mengaji,” kata Heru Prasetya, Ketua PRM Nogotirto, dalam rilis kepada mediamu.com.

PRM Nogotirto termasuk salah satu ranting yang memiliki gedung dakwah. Sebelum masa pandemi Covid-19 gedung dua lantai itu selalu penuh dengan kegiatan dakwah dan sosial, misalnya kajian agama yang diselenggarakan PRM, PRA, PRPM, maupun PRNA. Tidak hanya di Gedung Dakwah Nogotirto (GDN), aktivitas tabligh juga berlangsung di balai desa maupun masjid/mushola seluruh desa secara bergiliran.

“Aktivitas pengajian sempat mandeg sekitar dua bulan, tapi gantinya adalah bakti sosial bagi terdampak Covid-19. Sekarang kami sedang merancang bentuk lain untuk bakti sosial tersebut,” tambah Heru.

Bahkan, pandemi Covid-19 memberikan hikmah luar biasa bagi keluarga besar Muhammadiyah di Nogotirto. Merespon stay at home, mereka kemudian mendirikan Kedai Bueka Nogotirto, layanan jual beli barang kebutuhan sehari-hari menggunakan layanan WhatsApp.

Barang yang dijual antara lain beras, gula, minyak goreng, tepung terigu, telur, kopi, teh, susu, dan lain-lain. Ada juga makanan dari jama’ah seperti rempeyek, aneka kue, slondok, madu, jeruk, dan kripik jamur.

Melihat potensi besar untuk kemandirian ekonomi jama’ah, Kedai Bueka Nogotirto dirancang menjadi unit usaha PRM Nogotirto. Selama ini ranting tersebut sudah memiliki satu unit usaha Qumiirato yang bergerak di bidang jasa cleaning service. “Kedai Bueka Nogotirto insya Allah menjadi adik kandung Qumiirato,” katanya.

Selain Tafhimul Qur’an bersama Ustadz H. Zaini Munir Fadholi, kajian yang juga sudah berjalan secara online adalah Pengajian Malem Rabu. Pada kajian hari Selasa 23 Juni 2020 menghadirkan Ustadz H. Muhammad Ihwan Akhada (Ketua LPCR PWM DIY). Untuk kajian tanggal 7 Juni 2020 insya Allah bersama Ustadz H. Abdul Choliq Hidayat (dosen FEB UAD).

“Ngaji jalan terus, waspada juga jalan terus. Pandemi Covid-19 bukan halangan mengikuti pengajian,” tegas Heru. (*)


Sumber berita: Rilis PRM Nogotirto

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here