News

News

MediaMU.COM

May 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Haedar Nashir: Muhammadiyah Ada Karena Panggilan Ilahi, Tak Akan Lelah Bangun Peradaban Timur Tengah Memanas, Dubes RI untuk Lebanon Soroti Dampak Bagi Stabilitas Global MTT PWM DIY Gelar Pelatihan Penentuan Arah Kiblat Metode Rashdul Qiblat Resmi Dikukuhkan, Dua Guru Besar UMY Teliti Anomali Psikologis Pelajar Revisi UU Penyiaran Mengkhawatirkan, Ilmu Komunikasi UMY Serukan Penghentian Perkuat Kolaborasi Internasional, UMY Teken MoU Dengan Provinsi Tawi-Tawi, Filipina Dosen UMY Raih Penghargaan Terbaik 1 Bidang Kesehatan dalam Anugerah Academic Leader 2024 Tasyakur Milad 107 ‘Aisyiyah, PWM DIY Harap ‘Aisyiyah Punya TK ABA Unggulan Ratusan Kader ‘Aisyiyah DIY Hadiri Tasyakur Milad ke-107: Refleksi Perjalanan Panjang ‘Aisyiyah Ridwan Furqoni Dukung Dakwah Inklusi ‘Aisyiyah untuk Jangkau Semua Kalangan Rachmawati Husein: Dakwah Kemanusiaan ‘Aisyiyah adalah Upaya Mengentaskan Keyatiman Dosen Ilmu Pemerintahan UMY: Muhammadiyah Dibutuhkan Dalam Penanganan Isu Kemanusiaan Sah! Inilah Susunan Personel DPP IMM Periode 2024-2026 Soroti Fenomena Feminisida, Tri Hastuti: 'Aisyiyah Dorong Relasi Sosial Tanpa Kekerasan UMY Kembali Gelar Kampanye Kesehatan Mental “Stop Bullying dan Kekerasan Seksual” Kolaborasi Lazismu, MPKU, dan USAID Sediakan Rumah Singgah bagi Ibu Hamil Pesan Haedar Nashir di Hari Kebangkitan Nasional: Momentum Menegakkan Kedaulatan Indonesia Tidak Biasa! Milad 107 Aisyiyah Diperingati dengan Berlari Bareng Sejauh 10,7 Km Kenal Dekat dengan PRM UGM: PRM Berbasis PTN yang Pertama di Yogya Inilah Pentingnya Keberadaan Ranting untuk Dakwah Muhammadiyah

Muhammadiyah Umumkan Idul Fitri 1445 H Jatuh Pada Rabu 10 April 2024

YOGYA - Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengumumkan bahwa Idul Fitri 1 Syawal 1445 H akan jatuh pada Rabu Pahing, 10 April 2024. Meskipun terjadi perbedaan awal Ramadhan, diprediksi Idul Fitri di Indonesia akan jatuh pada hari yang sama.

Muhammadiyah memutuskan demikian berdasarkan Metode Hisab Hakiki Wujudul Hilal yang digunakan oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah. Dengan metode tersebut didapati bahwa pada hari Senin Kliwon, 29 Ramadan 1445 H bertepatan dengan 8 April 2024 M, ijtimak jelang Syawal 1445 H belum terjadi. Ijtimak jelang Syawal 1445 H terjadi pada hari Selasa Legi, 30 Ramadan 1445 H bertepatan dengan 9 April 2024 M pukul 01:23:10 WIB.

Tinggi Bulan saat Matahari terbenam tanggal 9 April 2024 M di Yogyakarta menunjukkan bahwa hilal sudah wujud, dan di seluruh Wilayah Indonesia saat Matahari terbenam, Bulan berada di atas ufuk. Oleh karena itu, di Wilayah Indonesia tanggal 1 Syawal 1445 H jatuh pada hari Rabu Pahing, 10 April 2024 M.

Penetapan ini diumumkan dalam Maklumat PP Muhammadiyah Nomor 1/MLM/I.0/E/2024 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1445 H pada konferensi pers di Kantor PP Muhammadiyah Cik Ditiro Yogyakarta, Sabtu (6/4).

Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof Dr KH Haedar Nashir, MSi, menyatakan bahwa Muhammadiyah menghormati keputusan pemerintah dan berharap adanya satu kalender Hijriyah global di masa depan, sebagai langkah peradaban.

Seperti diketahui sebelumnya, PP Muhammadiyah menetapkan 1 Ramadan jatuh pada Senin, 11 Maret 2024, sementara pemerintah menetapkan awal Ramadhan pada Selasa, 12 Maret 2024 melalui sidang isbat rukyatul hilal.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here