News

News

MediaMU.COM

Apr 30, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Ramai Gelar Nobar Timnas U-23, Dosen UMY Beri Penjelasan Begini Rektor Berharap PSHW UMY Jadi Kebanggan Pemuda dan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Amanatkan Jaga Tradisi Syawalan, Haedar Nashir: Identitas Kita Sebagai Bangsa Haedar Nashir Tegaskan Muhammadiyah Netral dalam Politik, Ingatkan Semua Pihak Berintrospeksi Atasi Perubahan Iklim, MLH PP Muhammadiyah Tanam 1000 Pohon Mangrove Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Korsel di Piala Asia, PP Muhammadiyah Beri Apresiasi Menang Lewat Adu Penalti lawan Korsel, Indonesia Satu Kaki Menuju Olimpiade 2024 Babak I Perempat Final Piala Asia U-23: Indonesia Unggul 2-1 atas Korea Selatan Inilah Doa untuk Mengharap Kemenangan Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar Anwar Abbas Harap Muhammadiyah-NU Bersatu Hadapi Peralihan Peradaban Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Minta Semua Pihak Hormati Putusan MK Inilah Makna Syawalan Bagi Cabang Ranting dan Masjid Berkemajuan Sukses di DPD RI, PWM DIY Siapkan Kader-kader Terbaiknya di Pilkada Serentak 300 Warga Muhammadiyah Ngaglik Hadiri Syawalan, Siap Bangun SMP Muhammadiyah yang Pertama Timnas U-23 Menang Lawan Australia Berkat Mahasiswa Muhammadiyah, Inilah Komentar Syauqi Soeratno Dukung Timnas U-23 di Piala Asia, PP Muhammadiyah Gelar Nonton Bareng

Mudik Nyaman, PWM DIY Buka Posko Mudikmu Aman 2024

Pembukaan Posko Mudikmu Aman 2024 oleh Ketua PWM DIY Ikhwan Ahada dan Kapolda DIY Irjen. Pol. Suwondo Nainggolan. Foto: Dzikril Firmansyah / Mediamu

KULON PROGO - Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DI Yogyakarta membuka secara resmi Posko Mudikmu Aman 2024, pada Rabu (3/4). Acara yang berlangsung di Komplek Muhammadiyah Business Centre (MBC) Kulon Progo itu dihadiri Kapolda DIY bersama jajarannya, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kulon Progo, para relawan Posko Mudikmu Aman, dan tamu lainnya. 

Keberadaan Posko Mudikmu ini digerakkan oleh Lembaga Resiliensi Bencana (LRB) dan Lazismu PWM DIY, didukung oleh majelis/lembaga terkait dan ortom. Hal ini ditujukan untuk mengawal dan memantau perjalanan mudik ini. Sehingga, untuk itulah, Muhammadiyah turut serta memberikan dukungan, agar memperlancar arus mudik supaya aman dan nyaman.

Terlebih, menurut survei Kementerian Perhubungan, kedatangan pemudik ke wilayah DI Yogyakarta mencapai 11,7 juta jiwa, meningkat 54 persen dari tahun lalu. Sehingga ini menjadikannya sebagai Provinsi ke-4 terbesar yang akan menerima tujuan mudik.

Ini menjadi berkah sekaligus tantangan bagi seluruh pihak pengawal mudik, khususnya Muhammadiyah DIY untuk memastikan mudik berjalan aman dan nyaman. 

Posko Mudikmu Aman 2024 dibuka oleh Ketua PWM DIY, Dr. M. Ikhwan Ahada, M.A dan Kapolda DIY Irjen. Pol. Suwondo Nainggolan, S.I.K., M.H., disaksikan oleh para tamu undangan. Dalam penuturannya, Ikhwan sangat mengapresiasi hadirnya Posko Mudikmu Aman ini sebagai wujud dari Muhammadiyah One Respon, dimana semua majelis/lembaga bersatu untuk kegiatan kemanusiaan. 

“Khusus untuk tahun 2024 ini, kami menerima layanan (Posko Mudikmu) di seluruh titik DIY, dengan menggabungkan sekian banyak majelis dan lembaga. Sekaligus juga dalam rangka tetap menjaga mudik tahun ini agar aman, lancar, dan sekaligus nyaman,” jelasnya. 

Posko Mudikmu Aman ini menyediakan berbagai fasilitas yang lengkap dan bisa membuat perjalanan mudik menjadi nyaman. Seperti layanan cek kesehatan, Ambulanmu mushola/masjid, ruang istirahat, ruang laktasi bagi ibu menyusui, posko siaga, dapur umum, bengkelmu, dan fasilitas penunjang lainnya sesuai dengan lokasi posko di titiknya masing-masing. 

Dengan fasilitas yang ada, diharapkan jalannya mudik semakin aman, nyaman, dan zero accident. “(Zero accident) ini adalah tantangan, kita berusaha semaksimal mungkin untuk mewujudkan harapan Kapolda DIY. Jika bisa, tidak ada kecelakaan, justru sebaliknya aman dan nyaman sampai di rumah,” harap Ikhwan. 

Senada dengan Ikhwan, Kapolda DIY Irjen. Pol. Suwondo Nainggolan mengapresiasi hadirnya Posko Mudikmu Aman dari PWM DIY. Menurutnya, Muhammadiyah berperan penting turun langsung mengawal jalannya mudik. 

“Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya, apresiasi kepada Muhammadiyah DI Yogyakarta atas partisipasinya turun langsung (mengawal mudik),” tutur Kapolda DIY. 

Ia juga mendorong adanya kolaborasi dan kerja sama antara Muhammadiyah DIY dan Kepolisian dalam mengawal jalannya mudik tahun ini. Dari Kepolisian juga melakukan Operasi Ketupat, khususnya untuk Polda DIY menyediakan 23 pos pengamanan pada mudik kali ini. 

“Selamat bertugas, pastikan kita semua berharap apa yang dilakukan berdasarkan ketulusan dan terhindar dari malapetaka,” tandas Kapolda. (*) 

Wartawan: Dzikril Firmansyah

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here