News

News

MediaMU.COM

Apr 18, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: RS Muhammadiyah Berazaskan Kasih Sayang, Berpihak Pada Dhuafa Jamu PP Aisyiyah, Haedar Nashir Berpesan Untuk Dekatkan Dakwah dengan Masyarakat Lazismu bersama MPM PP Muhammadiyah Salurkan 1000 Paket Zakat Fitrah dan Fidyah Abdul Mu'ti: Jadikan Idulfitri Momentum Rekonsiliasi Sosial Ketua PP Muhammadiyah Prihatin Korupsi Subur di Tengah Masyakarat yang Religius Haedar Nashir: Puasa Momentum Seimbangkan Hidup dengan Sikap 'Tengahan' Warga Muhammadiyah Lokshumawe Shalat Id Serentak di Halaman Masjid At-Taqwa Taawun Sosial Ramadan PWA DIY: Berbagi Berkah dan Pesan Kebajikan Muhammadiyah DIY Siapkan 718 Lokasi Sholat Idulfitri 1445 H, Ini Daftarnya Layani Para Pemudik, RS PKU Muhammadiyah Bantul Sediakan 3 Posko Kesehatan PDPM Sleman Tebar Kebaikan Ramadhan Bersama Steps2 Allah London di Ponpes Abu Dzar Al Ghifari Gamping Dayah Modern Ihyaaussunnah Kota Lhokseumawe Sukse Gelar Intensive Qur’anic Camp Kunjungi Pos MudikMU Masjid Ahmad Dahlan Pundong, Sekretaris PWM DIY Apresiasi Fasilitas Layanan yang Tersedia MPKU dan Klinik PKU Bambanglipuro Bersinergi dalam Program Muhammadiyah Menyapa Muhammadiyah Umumkan Idul Fitri 1445 H Jatuh Pada Rabu 10 April 2024 Tetap Bertugas di Lebaran, RS PKU Muhammadiyah Yogya Siap Beri Pelayanan Maksimal

Mudik Nyaman, PWM DIY Buka Posko Mudikmu Aman 2024

Pembukaan Posko Mudikmu Aman 2024 oleh Ketua PWM DIY Ikhwan Ahada dan Kapolda DIY Irjen. Pol. Suwondo Nainggolan. Foto: Dzikril Firmansyah / Mediamu

KULON PROGO - Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DI Yogyakarta membuka secara resmi Posko Mudikmu Aman 2024, pada Rabu (3/4). Acara yang berlangsung di Komplek Muhammadiyah Business Centre (MBC) Kulon Progo itu dihadiri Kapolda DIY bersama jajarannya, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kulon Progo, para relawan Posko Mudikmu Aman, dan tamu lainnya. 

Keberadaan Posko Mudikmu ini digerakkan oleh Lembaga Resiliensi Bencana (LRB) dan Lazismu PWM DIY, didukung oleh majelis/lembaga terkait dan ortom. Hal ini ditujukan untuk mengawal dan memantau perjalanan mudik ini. Sehingga, untuk itulah, Muhammadiyah turut serta memberikan dukungan, agar memperlancar arus mudik supaya aman dan nyaman.

Terlebih, menurut survei Kementerian Perhubungan, kedatangan pemudik ke wilayah DI Yogyakarta mencapai 11,7 juta jiwa, meningkat 54 persen dari tahun lalu. Sehingga ini menjadikannya sebagai Provinsi ke-4 terbesar yang akan menerima tujuan mudik.

Ini menjadi berkah sekaligus tantangan bagi seluruh pihak pengawal mudik, khususnya Muhammadiyah DIY untuk memastikan mudik berjalan aman dan nyaman. 

Posko Mudikmu Aman 2024 dibuka oleh Ketua PWM DIY, Dr. M. Ikhwan Ahada, M.A dan Kapolda DIY Irjen. Pol. Suwondo Nainggolan, S.I.K., M.H., disaksikan oleh para tamu undangan. Dalam penuturannya, Ikhwan sangat mengapresiasi hadirnya Posko Mudikmu Aman ini sebagai wujud dari Muhammadiyah One Respon, dimana semua majelis/lembaga bersatu untuk kegiatan kemanusiaan. 

“Khusus untuk tahun 2024 ini, kami menerima layanan (Posko Mudikmu) di seluruh titik DIY, dengan menggabungkan sekian banyak majelis dan lembaga. Sekaligus juga dalam rangka tetap menjaga mudik tahun ini agar aman, lancar, dan sekaligus nyaman,” jelasnya. 

Posko Mudikmu Aman ini menyediakan berbagai fasilitas yang lengkap dan bisa membuat perjalanan mudik menjadi nyaman. Seperti layanan cek kesehatan, Ambulanmu mushola/masjid, ruang istirahat, ruang laktasi bagi ibu menyusui, posko siaga, dapur umum, bengkelmu, dan fasilitas penunjang lainnya sesuai dengan lokasi posko di titiknya masing-masing. 

Dengan fasilitas yang ada, diharapkan jalannya mudik semakin aman, nyaman, dan zero accident. “(Zero accident) ini adalah tantangan, kita berusaha semaksimal mungkin untuk mewujudkan harapan Kapolda DIY. Jika bisa, tidak ada kecelakaan, justru sebaliknya aman dan nyaman sampai di rumah,” harap Ikhwan. 

Senada dengan Ikhwan, Kapolda DIY Irjen. Pol. Suwondo Nainggolan mengapresiasi hadirnya Posko Mudikmu Aman dari PWM DIY. Menurutnya, Muhammadiyah berperan penting turun langsung mengawal jalannya mudik. 

“Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya, apresiasi kepada Muhammadiyah DI Yogyakarta atas partisipasinya turun langsung (mengawal mudik),” tutur Kapolda DIY. 

Ia juga mendorong adanya kolaborasi dan kerja sama antara Muhammadiyah DIY dan Kepolisian dalam mengawal jalannya mudik tahun ini. Dari Kepolisian juga melakukan Operasi Ketupat, khususnya untuk Polda DIY menyediakan 23 pos pengamanan pada mudik kali ini. 

“Selamat bertugas, pastikan kita semua berharap apa yang dilakukan berdasarkan ketulusan dan terhindar dari malapetaka,” tandas Kapolda. (*) 

Wartawan: Dzikril Firmansyah

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here