News

News

MediaMU.COM

May 2, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Luar Biasa! 926 Guru PAUD/TK ABA Hadir di Silaturahim Keluarga Besar IGABA Sleman Demam Timnas, 200 Titik Pimpinan dan Amal Usaha Muhammadiyah Gelar Nobar PCIM Tiongkok Gelar Kajian Syawal Bersama Din Syamsuddin, Kuatkan Dakwah Melalui Diaspora Timnas Indonesia Kalah Atas Uzbekistan, Haedar Nashir Beri Semangat: Kalian Pahlawan Bangsa Tanpa Mahkota! Ramai Gelar Nobar Timnas U-23, Dosen UMY Beri Penjelasan Begini Rektor Berharap PSHW UMY Jadi Kebanggan Pemuda dan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Amanatkan Jaga Tradisi Syawalan, Haedar Nashir: Identitas Kita Sebagai Bangsa Haedar Nashir Tegaskan Muhammadiyah Netral dalam Politik, Ingatkan Semua Pihak Berintrospeksi Atasi Perubahan Iklim, MLH PP Muhammadiyah Tanam 1000 Pohon Mangrove Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Korsel di Piala Asia, PP Muhammadiyah Beri Apresiasi Menang Lewat Adu Penalti lawan Korsel, Indonesia Satu Kaki Menuju Olimpiade 2024 Babak I Perempat Final Piala Asia U-23: Indonesia Unggul 2-1 atas Korea Selatan Inilah Doa untuk Mengharap Kemenangan Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar Anwar Abbas Harap Muhammadiyah-NU Bersatu Hadapi Peralihan Peradaban Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Minta Semua Pihak Hormati Putusan MK Inilah Makna Syawalan Bagi Cabang Ranting dan Masjid Berkemajuan

MTQ Pelajar Muhammadiyah Kulonprogo, Ajang Wujudkan Generasi Islami

KULON PROGO – Pelajar Muhammadiyah sebagai pelopor, pelangsung, dan penyempurna serta ujung tombak dakwah persyarikatan sudah sepatutnya mengamalkan Al-Quran dan menjadikannya sebagai poros utama dalam aktivitasnya. Hal tersebut bisa dilakukan dengan cara senantiasa meningkatkan pemahaman dan pengetahuannya mengenai Al-Quran itu sendiri.

Inilah yang diupayakan oleh Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PD IPM) Kulon Progo dengan menggelar Musabaqoh Tilawatil Quran Pelajar Muhammadiyah (MPM) ke-3 se-Kulon Progo, pada Sabtu (11/3). Agenda yang mengusung tema “Bumikan Al-Qur’an sebagai Poros Utama Peradaban” ini berlokasi di kompleks SMK Muhammadiyah 3 Wates dan SMA Muhammadiyah Wates, Kulon Progo. Tema tersebut diangkat dengan maksud untuk meningkatkan pengetahuan dan pengamalan Al-Qur’an Pelajar Muhammadiyah Kulon Progo.

Selain digunakan sebagai ajang silaturahmi Pelajar Muhammadiyah se-Kulon Progo, agenda tahunan yang sempat terjeda karena pandemi covid-19 ini juga bertujuan untuk menggemakan kegiatan berbasis keislaman di lingkungan peserta dengan potensi yang mereka miliki.

Ajang yang memperebutkan Piala Bupati, DPRD, dan Disdikpora Kulon Progo ini diikuti kurang lebih 300 pelajar Muhammadiyah se-Kulon Progo dari jenjang SD/MI, SMP/MTs, hingga SMA/K/MA. Pada pembukaan acara, turut hadir PJ Bupati Kulon Progo yang diwakili oleh Drs. Jazil Ambar Was’an, Ketua DPRD yang diwakili oleh H. Ponimin, S.E., M.M., Kepala Disdikpora Kulon Progo yang diwakili oleh Arif Prastowo, M.Si., Perwakilan Kementerian Agama Kulon Progo, Ayahanda H. Alip Mulyono, S.Pd., M.S.I. sebagai perwakilan dari PDM Kulon Progo, Ibunda PDA Kulon Progo, Kepala SMK Muhammadiyah 3 Wates yang dihadiri oleh Endro Haryadi, S.T., M.Pd., Kepala SMA Muhammadiyah Wates yang dihadiri oleh Barir Fathoni, S.Pd., Organisasi Otonom Muhammadiyah se-Kulon Progo, serta Organisasi Keagamaan Tingkat Kabupaten Kulon Progo.

Taufiq Adi Kurniawan selaku Ketua Panitia MPM ke-3 mengungkapkan bahwa ajang ini sebagai wadah apresiasi Pelajar Muhammadiyah Kulon Progo, khususnya dalam bidang keagamaan. “Kami berharap pelajar Muhammadiyah Kulon Progo dapat termotivasi untuk meningkatkan pengetahuan dan pengamalan tentang Al-Qur’an. Bukan hanya berhenti pada bacaan dan hafalan, tetapi juga pada peningkatan taraf pengamalan sehingga menjadi lokomotif gerakan dalam kehidupan,” tutur Taufiq.

Sementara itu, Alip Mulyono selaku perwakilan dari PDM Kulon Progo turut mengapresiasi atas terselenggaranya MPM ke-3 PD IPM Kulon Progo. “Kami dari PDM Kulon Progo sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh ananda-ananda PD IPM Kulon Progo,” ungkap Alip.

Dalam momentum tersebut, PJ Bupati Kulon Progo yang diwakili oleh Ambar Jazil Was’an turut menyampaikan prakata dari PJ Bupati Kulon Progo sekaligus melakukan pemukulan gong sebagai simbolisasi dibukanya kegiatan MPM ke-3 PD IPM Kulon Progo yang didampingi oleh tamu undangan. “Kegiatan ini harus dirutinkan. Bila perlu, sasaran peserta bisa diperluas kepada ranah sekolah umum,” ungkap Ambar Jazil.

Di akhir kegiatan, rekapitulasi kejuaraan menunjukkan Juara Umum Tingkat SD/MI diraih oleh SD Muhammadiyah Bendo, Juara Umum Tingkat SMP/MTs diraih oleh SMP Muhammadiyah 2 Kalibawang, dan Juara Umum Tingkat SMA/K/MA diraih oleh MA Muhammadiyah Al Manar Pengasih. “Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh sekolah Muhammadiyah di Kulon Progo yang telah mengerahkan seluruh kekuatan dan siswa-siswanya untuk mengikuti kegiatan ini,” pungkas Taufiq. (*)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here