News

News

MediaMU.COM

Jul 17, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
PCM Kalasan Jadikan Tahun Baru Hijriah Sebagai Momen Refleksi dan Penguatan Dakwah Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: Jika Otak Pintar dan Akhlak Baik Disatukan, Indonesia akan Maju Arif Jamali Muis: Center of Excellent Muhammadiyah Dimulai dari Gunungkidul Prihatin Kondisi Pengelolaan Sampah Ternate, Pemuda Lintas Iman Susun Rekomendasi untuk Pemerintah Ternate Guru Besar UAD Bicarakan Tantangan Kosmetik Halal di International Pharmacy Summer School UMY Ketua PPNI Bireuen Apresiasi Atas Berhasilnya Ummah Raih Akreditasi Baik Sekali  Dorong Peningkatan Ekonomi Umat, Lazismu Pusat Dan PWM Aceh Kerjasama Dengan Bank Danamon Syariah  Selamat Jalan Bu Ahang, Kami Semua Ikhlas PWA DIY Gelar EMKAES TOP, Upayakan Bersama Kebahagian Lansia Ibu Nahar Miladi Dimakamkan, Satu Lokasi dengan Mantan Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir Sampaikan Duka Cita atas Wafatnya Nahar Miladi Mahasiswa UMY Kembangkan Ekstrak Kulit Pohon Bangkal untuk Obati Kanker Payudara Anak Muda Mengaji: Inovasi AMM Depok dalam Kegiatan Mengaji untuk Gen-Z KABAR DUKA: Istri Sekretaris PWM DIY Meninggal Dunia  Gelar Pelatihan Jurnalistik, MPI DIY Siapkan Aktivis Media Muhammadiyah di Daerah dan Cabang Rayakan Milad ke-22 Tahun, Lazismu Siap Berkontribusi Pada Pembangunan Berkelanjutan Penuhi Undangan Dialog Yayasan Kristen, Haedar Nashir Bicara Gagasan Moderasi Beragama Agung Danarto: Muhammadiyah Butuh Kader Berkualitas Untuk Umat, Bangsa, dan Manusia Dalam Apel Akbar Nasional Kokam, Haedar Nashir Tegaskan Kiprah Muhammadiyah untuk Bangsa Upayakan Penanganan Bullying di Kalangan Pelajar, PP IPM Gelar Sekolah Adil Gender

Maksimalkan Konten Sosial Media, PK IMM Ahmad Badawi UNY Adakan Sinau Desain

Peserta Sinau Desain PK IMM Ahmad Badawi UNY berfoto bersama dengan narasumber Faruqi Abdurrasyid (Bidang Media dan Komunikasi PCPM Depok Sleman). Sumber: Dzikril Firmansyah/Mediamu.id

SLEMAN – Perkembangan teknologi dan informasi semakin pesat sepanjang tahun. Hal ini memberikan kemudahan akses berbagai kabar dan berita yang diinginkan masyarakat. Survei memberitakan bahwa hampir 50% warga negara Indonesia melek sosial media.

Merespon hal ini, PK IMM K.H. Ahmad Badawi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mengadakan Sinau Desain, pada Sabtu (26/11), di Kantor Pimpinan Cabang Muhammadiyah Depok Sleman. Kegiatan ini menghadirkan Faruqi Abdurrasyid dari Bidang Media dan Komunikasi PCPM Depok Sleman sebagai narasumber dan diikuti oleh segenap kader PK IMM Ahmad Badawi UNY.

Mengawali materi, Faruqi menjelaskan jika salah satu bentuk konten yang menarik masyarakat adalah berupa gambar. Gambar yang menarik, simpel, padat, dan berisi memiliki daya tarik tersendiri di khalayak umum.

Menurutnya, desain-desain yang menarik di lama sosial media organisasi akan membuat pembaca tidak jenuh dalam mencerna informasi, sekalipun yang disuguhkan muatan materinya agak berat. “Desain grafis dapat membantu para content creator agar desain yang mereka buat menjadi lebih menarik,” ujar mahasiswa S-2 Jurusan Teknologi Pembelajaran UNY ini.

Lanjut Faruqi, desain grafis atau rancang grafis adalah proses komunikasi menggunakan elemen visual, seperti tipografi, fotografi, serta ilustrasi yang dimaksudkan untuk menciptakan persepsi suatu pesan yang disampaikan.

Faruqi juga menyoroti adanya desain yang asal-asalan tanpa memberikan jeda ruang kosong di dalam desain selama ini. “Kasih ruang kosong untuk jeda di setiap desain kita, jangan banyak berisi tulisan dan gambar-gambar saja,” katanya.

Tak lupa juga, ada beberapa komposisi dan elemen yang perlu diperhatikan, antara lain warna dan kontras. “Ini akan lebih menarik perhatian pembaca daripada warna yang kusam. Dengan mengombinasikan warna yang sesuai, dapat meningkatkan fokus pembaca, sehingga informasi yang ingin disampaikan dapat diterima dengan baik,” ungkapnya

Faruqi juga memaparkan kalau pengaturan besar-kecil dan tata letak dari penulisan kata akan menentukan ketertarikan dari pembaca dalam memahami isi desain. Penggunaan huruf yang terlalu kecil dan cenderung “ramai” akan menurunkan minat pembaca dalam memahami isi desain. Hierarki tipografi yang dibuat dari teks dengan berbagai ukuran, bobot, dan spasi atau kombinasi dari setiap elemen akan menciptakan komposisi keseluruhan yang mudah dibaca dan dipahami.

Akhirnya, desain yang dinilai bagus bukanlah desain sekadar indah. Lebih dari itu, desain yang baik adalah desain yang isinya dapat dipahami dengan jelas oleh pembaca. Supaya, para pembaca tertarik dengan informasi yang disampaikan, desain yang dibuat harus memperhatikan kaidah-kaidah atau prinsip-prinsip pembuatan sebuah desain.

“Desain yang menarik tidak hanya dapat menarik minat para pembaca untuk mengetahui informasi di dalam sebuah desain, juga dapat memudahkan pembaca dalam mengolah informasi yang terdapat di dalamnya,” pungkasnya. (*)

Wartawan: Dzikril Firmansyah

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here