News

News

MediaMU.COM

May 1, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Luar Biasa! 926 Guru PAUD/TK ABA Hadir di Silaturahim Keluarga Besar IGABA Sleman Demam Timnas, 200 Titik Pimpinan dan Amal Usaha Muhammadiyah Gelar Nobar PCIM Tiongkok Gelar Kajian Syawal Bersama Din Syamsuddin, Kuatkan Dakwah Melalui Diaspora Timnas Indonesia Kalah Atas Uzbekistan, Haedar Nashir Beri Semangat: Kalian Pahlawan Bangsa Tanpa Mahkota! Ramai Gelar Nobar Timnas U-23, Dosen UMY Beri Penjelasan Begini Rektor Berharap PSHW UMY Jadi Kebanggan Pemuda dan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Amanatkan Jaga Tradisi Syawalan, Haedar Nashir: Identitas Kita Sebagai Bangsa Haedar Nashir Tegaskan Muhammadiyah Netral dalam Politik, Ingatkan Semua Pihak Berintrospeksi Atasi Perubahan Iklim, MLH PP Muhammadiyah Tanam 1000 Pohon Mangrove Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Korsel di Piala Asia, PP Muhammadiyah Beri Apresiasi Menang Lewat Adu Penalti lawan Korsel, Indonesia Satu Kaki Menuju Olimpiade 2024 Babak I Perempat Final Piala Asia U-23: Indonesia Unggul 2-1 atas Korea Selatan Inilah Doa untuk Mengharap Kemenangan Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar Anwar Abbas Harap Muhammadiyah-NU Bersatu Hadapi Peralihan Peradaban Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Minta Semua Pihak Hormati Putusan MK Inilah Makna Syawalan Bagi Cabang Ranting dan Masjid Berkemajuan

Mahasiswa KKN UAD Bersama Dinas Lingkungan Hidup Melaksanakan Sosialisasi Pengelolaan Sampah Di Dusun Banjarwaru

Foto Dokumentasi : KKN UAD Reguler 119 Unit VIII.C.2

YOGYA - Mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) Reguler Universitas Ahmad Dahlan Periode 119 Unit VIII.C.2 melaksanakan kegiatan sosialisasi pengelolaan sampah di Dusun Banjarwaru, Gilangharjo, Pandak, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan ini diselenggarakan pada Rabu, 21 Februari 2024.

Program ini bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bantul dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pengelolaan sampah secara efektif dan berkelanjutan, serta sebagai bukti bahwa mahasiswa KKN tersebut telah mengambil langkah nyata untuk memberikan edukasi kepada masyarakat setempat.

Sosialisasi ini dilaksanakan sebagai bagian dari program KKN mahasiswa UAD yang bertujuan untuk memberikan kontribusi positif kepada masyarakat. Dengan fokus pada pengelolaan sampah, mahasiswa KKN bersama dengan Dinas Lingkungan Hidup membantu meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan dan mengurangi dampak negatif sampah terhadap kesehatan dan kelestarian lingkungan.

Kegiatan sosialisasi ini mencakup berbagai aspek, mulai dari pemisahan sampah organik dan non-organik, teknik pengomposan, hingga upaya-upaya kreatif dalam mendaur ulang sampah menjadi barang yang bernilai. Melalui pendekatan yang interaktif dan partisipatif, kegiatan kegiatan ini berhasil melibatkan masyarakat dalam diskusi dan demonstrasi langsung, memungkinkan mereka untuk memahami konsep-konsep dasar pengelolaan sampah dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, Dinas Lingkungan Hidup sebagai pemateri dalam kegiatan sosialisasi ini juga memberikan informasi tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sebagai upaya pencegahan penyakit dan meningkatkan kualitas hidup. Mereka juga menyampaikan strategi untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dan mendorong penggunaan produk ramah lingkungan sebagai langkah-langkah konkrit untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Respons masyarakat terhadap kegiatan sosialisasi ini sangat positif. Mereka menyambut baik upaya mahasiswa KKN bersama dengan DLH dalam membantu meningkatkan pemahaman tentang pengelolaan sampah dan memberikan solusi praktis untuk mengatasi masalah lingkungan. Beberapa warga bahkan menyatakan keinginan untuk terlibat secara aktif dalam program-program pengelolaan sampah secara berkelanjutan.

Dengan dilaksanakannya kegiatan sosialisasi ini, diharapkan bahwa kesadaran masyarakat tentang pentingnya pengelolaan sampah secara bertanggung jawab akan terus meningkat, dan masyakarakat akan terdorong dalam mengambil langkah-langkah nyata untuk menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. Mahasiswa KKN UAD Reguler 119 Unit VIII.C.2 bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup telah memberikan contoh nyata bahwa melalui kolaborasi dan edukasi, kita dapat menciptakan lingkungan yang lebih bersih, sehat, dan berkelanjutan untuk generasi mendatang.

“Sampah mu, tanggung jawab mu”

“Sampah ku, tanggung jawab ku”

Berita ini diterima Mediamu dari Freti Prastika, Ketua KKN UAD Reguler 119 Unit VIII.C.2

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here