News

News

MediaMU.COM

May 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Haedar Nashir: Muhammadiyah Ada Karena Panggilan Ilahi, Tak Akan Lelah Bangun Peradaban Timur Tengah Memanas, Dubes RI untuk Lebanon Soroti Dampak Bagi Stabilitas Global MTT PWM DIY Gelar Pelatihan Penentuan Arah Kiblat Metode Rashdul Qiblat Resmi Dikukuhkan, Dua Guru Besar UMY Teliti Anomali Psikologis Pelajar Revisi UU Penyiaran Mengkhawatirkan, Ilmu Komunikasi UMY Serukan Penghentian Perkuat Kolaborasi Internasional, UMY Teken MoU Dengan Provinsi Tawi-Tawi, Filipina Dosen UMY Raih Penghargaan Terbaik 1 Bidang Kesehatan dalam Anugerah Academic Leader 2024 Tasyakur Milad 107 ‘Aisyiyah, PWM DIY Harap ‘Aisyiyah Punya TK ABA Unggulan Ratusan Kader ‘Aisyiyah DIY Hadiri Tasyakur Milad ke-107: Refleksi Perjalanan Panjang ‘Aisyiyah Ridwan Furqoni Dukung Dakwah Inklusi ‘Aisyiyah untuk Jangkau Semua Kalangan Rachmawati Husein: Dakwah Kemanusiaan ‘Aisyiyah adalah Upaya Mengentaskan Keyatiman Dosen Ilmu Pemerintahan UMY: Muhammadiyah Dibutuhkan Dalam Penanganan Isu Kemanusiaan Sah! Inilah Susunan Personel DPP IMM Periode 2024-2026 Soroti Fenomena Feminisida, Tri Hastuti: 'Aisyiyah Dorong Relasi Sosial Tanpa Kekerasan UMY Kembali Gelar Kampanye Kesehatan Mental “Stop Bullying dan Kekerasan Seksual” Kolaborasi Lazismu, MPKU, dan USAID Sediakan Rumah Singgah bagi Ibu Hamil Pesan Haedar Nashir di Hari Kebangkitan Nasional: Momentum Menegakkan Kedaulatan Indonesia Tidak Biasa! Milad 107 Aisyiyah Diperingati dengan Berlari Bareng Sejauh 10,7 Km Kenal Dekat dengan PRM UGM: PRM Berbasis PTN yang Pertama di Yogya Inilah Pentingnya Keberadaan Ranting untuk Dakwah Muhammadiyah

Mahasiswa KKN UAD Bersama Dinas Lingkungan Hidup Melaksanakan Sosialisasi Pengelolaan Sampah Di Dusun Banjarwaru

Foto Dokumentasi : KKN UAD Reguler 119 Unit VIII.C.2

YOGYA - Mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) Reguler Universitas Ahmad Dahlan Periode 119 Unit VIII.C.2 melaksanakan kegiatan sosialisasi pengelolaan sampah di Dusun Banjarwaru, Gilangharjo, Pandak, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan ini diselenggarakan pada Rabu, 21 Februari 2024.

Program ini bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bantul dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pengelolaan sampah secara efektif dan berkelanjutan, serta sebagai bukti bahwa mahasiswa KKN tersebut telah mengambil langkah nyata untuk memberikan edukasi kepada masyarakat setempat.

Sosialisasi ini dilaksanakan sebagai bagian dari program KKN mahasiswa UAD yang bertujuan untuk memberikan kontribusi positif kepada masyarakat. Dengan fokus pada pengelolaan sampah, mahasiswa KKN bersama dengan Dinas Lingkungan Hidup membantu meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan dan mengurangi dampak negatif sampah terhadap kesehatan dan kelestarian lingkungan.

Kegiatan sosialisasi ini mencakup berbagai aspek, mulai dari pemisahan sampah organik dan non-organik, teknik pengomposan, hingga upaya-upaya kreatif dalam mendaur ulang sampah menjadi barang yang bernilai. Melalui pendekatan yang interaktif dan partisipatif, kegiatan kegiatan ini berhasil melibatkan masyarakat dalam diskusi dan demonstrasi langsung, memungkinkan mereka untuk memahami konsep-konsep dasar pengelolaan sampah dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, Dinas Lingkungan Hidup sebagai pemateri dalam kegiatan sosialisasi ini juga memberikan informasi tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sebagai upaya pencegahan penyakit dan meningkatkan kualitas hidup. Mereka juga menyampaikan strategi untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dan mendorong penggunaan produk ramah lingkungan sebagai langkah-langkah konkrit untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Respons masyarakat terhadap kegiatan sosialisasi ini sangat positif. Mereka menyambut baik upaya mahasiswa KKN bersama dengan DLH dalam membantu meningkatkan pemahaman tentang pengelolaan sampah dan memberikan solusi praktis untuk mengatasi masalah lingkungan. Beberapa warga bahkan menyatakan keinginan untuk terlibat secara aktif dalam program-program pengelolaan sampah secara berkelanjutan.

Dengan dilaksanakannya kegiatan sosialisasi ini, diharapkan bahwa kesadaran masyarakat tentang pentingnya pengelolaan sampah secara bertanggung jawab akan terus meningkat, dan masyakarakat akan terdorong dalam mengambil langkah-langkah nyata untuk menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. Mahasiswa KKN UAD Reguler 119 Unit VIII.C.2 bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup telah memberikan contoh nyata bahwa melalui kolaborasi dan edukasi, kita dapat menciptakan lingkungan yang lebih bersih, sehat, dan berkelanjutan untuk generasi mendatang.

“Sampah mu, tanggung jawab mu”

“Sampah ku, tanggung jawab ku”

Berita ini diterima Mediamu dari Freti Prastika, Ketua KKN UAD Reguler 119 Unit VIII.C.2

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here