News

News

MediaMU.COM

May 13, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
PCM Ngampilan Adakan Silaturahmi Sekaligus Pelepasan Calon Jamaah Haji Mie Lezatmu dan Mocaf Jadi Bukti Inovasi Cabang-Ranting Muhammadiyah dalam Dakwah Ekonomi PSHW UMY Amankan Tiket Menuju Babak 32 Besar Liga 3 Nasional Gelar Workshop Nasional, LPCRPM PP Siapkan Penguatan Cabang, Ranting, dan Masjid Mahasiswa UAD Tuntut Palestina Merdeka, Presiden BEM UAD: Negara Arab Jangan Cuma Peduli Minyak Saja! Ikut Aksi Bela Palestina, Rektor UAD: Anak Kecil Juga Pedih dengan Penderitaan Palestina Serukan Dukungan Palestina Merdeka, Dosen UAD: Pro Israel Hukumnya Haram Mughallazah Aksi Bela Palestina Menggema di Seluruh Kampus Muhammadiyah dan Aisyiyah Nasyiatul Aisyiyah gelar ToT Fasilitator Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak untuk Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat 1000 Cahaya: Muhammadiyah Gerakkan Ranting Hingga Sekolah untuk Cegah Krisis Iklim Keluarga Alumni UAD Hadiri Syawalan: Taburkan Maaf, Sucikan Hati, Eratkan Tali Persaudaraan Perguruan Tinggi Muhammadiyah - Aisyiyah Bakal Gelar Aksi Serentak Bela Palestina Perkuat Dakwah, Warga Muhammadiyah Bantul Hadiri Syawalan dan Pelepasan Ratusan Jamaah Haji K.H. Harun Abdi Manaf: Banggalah Menjadi Warga Muhammadiyah dan Pegawai AUM Gelar Syawalan dan Silatnas, IPM Luncurkan Inovasi dan Rencana Masa Depan Menjanjikan Syawalan PCM Kalasan Bahas Diplomasi Makanan Sebagai Upaya Melenturkan Dakwah Berkemajuan Pentas Dakwah Seni Budaya Meriahkan Syawalan PCM Gamping Dalam Syawalan dan Family Gathering, IMM UGM Bersatu dan Bersilaturahmi Resmi Terpilih Jadi DPD RI, Syauqi Soeratno Siap Bawa Muhammadiyah dan Jogja Lebih Istimewa Sukses Antar Syauqi Soeratno ke DPD RI, PWM DIY Songsong Pilkada 2024

Lembaga Pendidikan Muhammadiyah Harus Lahirkan Mujtahid Baru

Suasana acara Anugerah Pendidikan Berkemajuan yang diadakan Majelis Dikdasmen PWM DIY, Sabtu (24/12).

YOGYA – Bendahara Umum/Bidang Wakaf dan Zakat, Infaq, dan Shodaqoh (ZIS) Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Hilman Latief, menjadi pembicara pada Tabligh Akbar Anugerah Pendidikan Berkemajuan Muhammadiyah Daerah Istimewa Yogyakarta di GOR Amongrogo, Sabtu (24/12).

Anugerah Pendidikan Berkemajuan merupakan bagian dari semarak Musyawarah Wilayah (Musywil) XIII Muhammadiyah DIY yang akan digelar tanggal 17-19 Februari 2023 tahun di kampus Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta.

Ia mengutip salah satu perkataan Nelson Mandela “Education is the most powerful weapon we can use to change the world”. Pendidikan adalah senjata paling ampuh yang bisa digunakan untuk mengubah dunia.

Hilman  yang juga Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama itu mengatakan, KH. Ahmad Dahlan pernah melakukan perjalanan spiritual sebanyak dua kali, yaitu menunaikan ibadah haji dan belajar mengeksplorasi ilmu pengetahuan. Pada saat bersamaan ulama lain juga berkhidmat belajar atau menuntut ilmu untuk mengubah wajah dunia.

“Ulama-ulama saat itu menunjukkan kiprah luar biasa sehingga dapat memberikan inspirasi bagi generasi berikutnya,” kata Hilman.

Spirit para ulama itulah yang mendorong Majelis Dikdasmen PWM DIY untuk bekerja keras dalam mengidentifikasi para pendidik yang tersembunyi di dalam gedung-gedung sekolah atau madrasah. Mereka adalah pendidik hebat, unggul, dan berkemajuan alam mendidik tunas-tunas bangsa sebagai penggerak roda kepemimpinan masa depan.

Hilman mengingatkan, Muhammadiyah lahir sebagai organisasi pembaharuan (tajdid) yang bermaksud melahirkan mujtahid atau orang-orang yang selalu memikirkan dan mendorong proses transformasi. Tidak ada transformasi yang kuat, kecuali melalui lembaga pendidikan.

Lembaga pendidikan Muhammadiyah dalam sejarahnya konsisten untuk mendorong kelahiran kader-kader yang unggul dan berkemajuan.

“Lembaga pendidikan Muhammadiyah tidak sekadar melahirkan lulusan, juga melahirkan mujtahid baru yang akan mengisi gerakan Persyarikatan di masa depan. Dengan kata lain kita ingin melahirkan kader-kader berkemajuan,” katanya.

Hilman menganggap Muhammadiyah sangat ramai dan dipercaya khalayak luas. Sisi pengelolaan lembaga pendidikan sudah tersistematisasi dengan baik lewat tarikan nafas pengkaderan.

Lembaga pendidikan di lingkungan Persyarikatan tidak terfokus pada misi menghasilkan lulusan standar, tetapi lulusan yang memiliki visi serta karakter berkeunggulan dan berkemajuan.

Hilman sangat mengapresiasi digelarnya Anugerah Pendidikan Muhammadiyah sebagai wujud kerja keras Majelis Dikdasmen PWM DIY untuk melahirkan guru dan tenaga kependidikan yang berdedikasi.

“Karena tanpa kerja keras, tidak akan ditemukan guru-guru berdedikasi,” tandasnya. (*)

Wartawan: Dzikril Firmansyah

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here