News

News

MediaMU.COM

Apr 19, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Dukung Timnas U-23 di Piala Asia, PP Muhammadiyah Gelar Nonton Bareng Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: RS Muhammadiyah Berazaskan Kasih Sayang, Berpihak Pada Dhuafa Jamu PP Aisyiyah, Haedar Nashir Berpesan Untuk Dekatkan Dakwah dengan Masyarakat Lazismu bersama MPM PP Muhammadiyah Salurkan 1000 Paket Zakat Fitrah dan Fidyah Abdul Mu'ti: Jadikan Idulfitri Momentum Rekonsiliasi Sosial Ketua PP Muhammadiyah Prihatin Korupsi Subur di Tengah Masyakarat yang Religius Haedar Nashir: Puasa Momentum Seimbangkan Hidup dengan Sikap 'Tengahan' Warga Muhammadiyah Lokshumawe Shalat Id Serentak di Halaman Masjid At-Taqwa Taawun Sosial Ramadan PWA DIY: Berbagi Berkah dan Pesan Kebajikan Muhammadiyah DIY Siapkan 718 Lokasi Sholat Idulfitri 1445 H, Ini Daftarnya Layani Para Pemudik, RS PKU Muhammadiyah Bantul Sediakan 3 Posko Kesehatan PDPM Sleman Tebar Kebaikan Ramadhan Bersama Steps2 Allah London di Ponpes Abu Dzar Al Ghifari Gamping Dayah Modern Ihyaaussunnah Kota Lhokseumawe Sukse Gelar Intensive Qur’anic Camp Kunjungi Pos MudikMU Masjid Ahmad Dahlan Pundong, Sekretaris PWM DIY Apresiasi Fasilitas Layanan yang Tersedia MPKU dan Klinik PKU Bambanglipuro Bersinergi dalam Program Muhammadiyah Menyapa Muhammadiyah Umumkan Idul Fitri 1445 H Jatuh Pada Rabu 10 April 2024

Lazismu DIY dan Bank BPD DIY Syariah Bantu Anak Yatim Piatu karena Covid-19

Foto: dok. Lazismu DIY

YOGYA – Pandemi memberikan dampak besar di setiap sisi lini kehidupan, termasuk keluarga. Lebih dari 1.000 anak ditinggal orangtua karena meninggal dunia akibat terpapar Covid-19 di 5 kabupaten/kota se DIY. Lazismu DIY bersama Bank BPD DIY Syariah bersinergi membantu keluarga yang memiliki anak yatim piatu akibat Covid-19.

Pentasyarufan pemberian santunan sembako kepada keluarga anak yatim piatu berlangsung di Gedung Muhammadiyah DIY, Senin (20/12). Acara tersebut dihadiri Badan Pengurus Lazismu DIY Eka Yuhendri, Ketua Majelis Pelayanan Sosial (MPS) PWM DIY Ridwan Furqoni, dan perwakilan BPD DIY Syariah Andrew.

Pendataan anak yatim piatu dilakukan secara terbuka kemudian dilakukan assessment berkala oleh MPS dengan mendatangi rumah masing-masing. Pelaksanaan pendataan ini berbasis cabang dengan pertimbangan lebih dekat domisili anak dan akurat.

“Selama ini Muhammadiyah DIY sudah berkoordinasi dengan sekolah-sekolah Muhammadiyah untuk memberikan beasiswa pendidikan secara layak pada anak,” kata Ridwan Furqoni.

Anak yang ditinggal pengasuh utama menjadi yatim piatu menjadi tanggung jawab bersama melalui program pemberdayaan dengan memberikan santunan dan mencarikan pengasuh pengganti. Hal ini menjadi prioritas program untuk mengoptimalkan dalam pengasuhan kepada anak sehingga menjadi tumbuh secara berkualitas.

Mayoritas anak yang ditinggal orangtua meninggal akibat terpapar Covid belum baligh. “Ini menjadi tanggung jawab bersama dengan memberikan pengasuhan dan bantuan melalui dana zakat yang terkumpul. Kami mengajak masyarakat dan mitra untuk terus berkomitmen membantu para fakir miskin,” tutur Eka Yuhendri.

Sementara itu, Andrew menjelaskan bahwa Bank BPD DIY Syariah sudah berjalan 14 tahun terus melayani kebutuhan masyarakat dengan konsep syari’ah. Persoalan yang muncul akibat pandemi Covid-19 harus diselesaikan bersama-sama.

“Oleh karena itu sebagai rasa syukur, kami bersama Lazismu DIY bisa melakukan pemberdayaan,” kata Andrew. (*)

Berita ini diterima mediamu.com dari Lazismu DIY
Editor: Heru Prasetya

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here