News

News

MediaMU.COM

Jun 14, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Eco Bhinneka Muhammadiyah dan Majelis Sinode GPIB Perkuat Kerjasama Lestarikan Lingkungan GreenFaith x Eco Bhinneka Muhammadiyah Belajar Merawat Bumi Melalui Rumah Ibadah Saat Parkiran Basement PDM Jogja Disulap IPM DIY Jadi Tempat Nobar Timnas, Bawa Kemenangan untuk Garuda Pemilu Sukses, IMM DIY Dukung KPU DIY untuk Pilkada PCIM Tiongkok Bersama Anwar Abbas Kunjungi CIA, Jalin Silaturahmi dan Kerja Sama Gol Mahasiswa Muhammadiyah Antarkan Timnas Indonesia Menuju Piala Dunia 2026 Inovatif! Dosen UMY Kembangkan Rekayasa Teknologi untuk Olahraga Lempar Pisau Muhammadiyah Yakin Timnas Indonesia Bisa Lolos ke Piala Dunia 2026 Ibu-Ibu 'Aisyiyah Mergangsan Belajar Olah Mocaf Jadi Cemilan Sehat Bersama Faperta UMY MPM Pusat Inisiasi Kampung Nelayan Berkemajuan, Fokus Peningkatan Kualitas Hidup Keluarga Nelayan Perpustakaan UMY Raih Juara Instagram Terbaik di FPPTMA AWARDS 2024 PCA Ngampilan Semarakkan Milad ‘Aisyiyah ke-107 Dengan Rangkaian Syiar Dakwah Resmi Diumumkan, Siswa-siswi Kelas IX SMP Muhdasa Yogya Lulus 100% Dari Bazaar hingga Posbakum, PWA Aceh Sukses Gelar Milad ‘Aisyiyah ke-107 Lazismu UMY Raih Sertifikat ISO, Perdana Untuk Kantor Layanan Lazismu Ingat Dosa-dosa ke Lingkungan Hidup, DPP IMM Laksanakan Gerakan Nasional Menanam Pohon Ogah Mengurus Tambang! IMM Pilih Kelola Bank Sampah IBTimes.id Rayakan Milad ke-5: Merayakan Moderasi Beragama Jelang Iduladha, JagalMu Sleman Latih 30 Juru Sembelih Teknik Qurban Halal PWPM DIY Sambangi Pemuda Muhammadiyah Sleman, Ada Apa? 

Jelang Iduladha, JagalMu Sleman Latih 30 Juru Sembelih Teknik Qurban Halal

Proses simulasi pelatihan pemotongan hewan qurban oleh JagalMu Sleman. Foto: Dok. LP4H PDM Sleman

SLEMAN - Jelang hari raya Iduladha, seluruh umat muslim, tak terkecuali Muhammadiyah, terus berlatih untuk bisa menyembelih sesuai dengan syariat Islam. Melihat peluang ini, Jagal Muhammadiyah (JagalMu) Kabupaten Sleman berinisiatif menyelenggarakan Pelatihan Manajemen Pengelolaan Hewan Qurban (handling, teknik dan praktik penyembelihan dan praktek asah alat/pisau sembelih).

Kegiatan berlangsung pada Sabtu (8/6) pukul 13.00 - 15.20 WIB, bertempat di Angkringan Sultan Jl. Truntung, Tamanmartani, Kalasan, Sleman. Pelatihan ini berlangsung dengan antusias yang luar biasa, dengan diikuti sekitar 30 peserta dari perwakilan PCM se-Sleman, perwakilan DMI se-Sleman, PRM dan DMI di Kapanewon Kalasan, serta para takmir masjid di Kalurahan Tamanmartani.

Kegiatan ini sendiri merupakan tindak lanjut dari pengukuhan JagalMu Sleman yang telah berlangsung pada Sabtu (1/6) di Kantor PDM Sleman. JagalMu berada di bawah koordinasi Lembaga Pengawasan Pengkajian dan Pendampingan Produk Halal (LP4H) PDM Sleman.

Pelatihan ini disampaikan oleh Tri Hartanto Saputro, Ketua Juleha (Juru Sembelih Halal) Kabupaten Sleman. Materi pelatihan disampaikan dua sesi, sesi pertama penjelasan tentang teknik handling dan praktik penyidikan hewan. Lalu, di sesi kedua, Hartanto menyampaikan teknik dan praktik asah peralatan sembelih baik pra maupun pasca menyembelih.

“Banyak ilmu pengalaman dan manfaat yang didapat. Silaturahmi diantara para juru sembelih baik di lingkungan internal Muhammadiyah maupun dengan para peserta perwakilan dari lembaga lain berlangsung hangat dan penuh keakraban,” kata Ketua JagalMu Sleman, Muhammad Hasan, S.H.I.

Setelah ini, JagalMu diharapkan bisa menjadi wadah bagi para juru sembelih khususnya di persyarikatan Muhammadiyah untuk memberikan manfaat bagi masyarakat. 

“Mari bersama-sama menebarkan manfaat dan bisa mewujudkan apa yang menjadi misi utama dari Lembaga Pengawasan Pengkajian dan Pendampingan Produk Halal (LP4H) PDM Sleman,” ucap Ketua LP4H PDM Sleman, Drs. Sutarman, M.A. (*) 

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here