News

News

MediaMU.COM

Jul 17, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
PCM Kalasan Jadikan Tahun Baru Hijriah Sebagai Momen Refleksi dan Penguatan Dakwah Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: Jika Otak Pintar dan Akhlak Baik Disatukan, Indonesia akan Maju Arif Jamali Muis: Center of Excellent Muhammadiyah Dimulai dari Gunungkidul Prihatin Kondisi Pengelolaan Sampah Ternate, Pemuda Lintas Iman Susun Rekomendasi untuk Pemerintah Ternate Guru Besar UAD Bicarakan Tantangan Kosmetik Halal di International Pharmacy Summer School UMY Ketua PPNI Bireuen Apresiasi Atas Berhasilnya Ummah Raih Akreditasi Baik Sekali  Dorong Peningkatan Ekonomi Umat, Lazismu Pusat Dan PWM Aceh Kerjasama Dengan Bank Danamon Syariah  Selamat Jalan Bu Ahang, Kami Semua Ikhlas PWA DIY Gelar EMKAES TOP, Upayakan Bersama Kebahagian Lansia Ibu Nahar Miladi Dimakamkan, Satu Lokasi dengan Mantan Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir Sampaikan Duka Cita atas Wafatnya Nahar Miladi Mahasiswa UMY Kembangkan Ekstrak Kulit Pohon Bangkal untuk Obati Kanker Payudara Anak Muda Mengaji: Inovasi AMM Depok dalam Kegiatan Mengaji untuk Gen-Z KABAR DUKA: Istri Sekretaris PWM DIY Meninggal Dunia  Gelar Pelatihan Jurnalistik, MPI DIY Siapkan Aktivis Media Muhammadiyah di Daerah dan Cabang Rayakan Milad ke-22 Tahun, Lazismu Siap Berkontribusi Pada Pembangunan Berkelanjutan Penuhi Undangan Dialog Yayasan Kristen, Haedar Nashir Bicara Gagasan Moderasi Beragama Agung Danarto: Muhammadiyah Butuh Kader Berkualitas Untuk Umat, Bangsa, dan Manusia Dalam Apel Akbar Nasional Kokam, Haedar Nashir Tegaskan Kiprah Muhammadiyah untuk Bangsa Upayakan Penanganan Bullying di Kalangan Pelajar, PP IPM Gelar Sekolah Adil Gender

Inovasi Dakwah, PDM Gunungkidul Luncurkan Pesantren Ramadhan Virtual

Foto: Dok. PDM Gunungkidul

GUNUNGKIDUL - Pada era digital saat ini, berbagai inovasi harus terus dilakukan supaya tidak tertinggal zaman, termasuk dalam hal dakwah Islam. 

Hal inilah yang mendorong Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Gunungkidul untuk me-launching program spesial menyambut bulan ramadhan 1445 H, yaitu Pesantren Ramadhan Virtual (PRV), pada Senin (26/2) di BMT Dana Insani Wonosari, Gunungkidul. 

PRV ini merupakan program unggulan PDM Gunungkidul dalam rangka memberikan layanan edukasi agama islam kepada seluruh masyarakat luas dan merupakan langkah nyata PDM Gunungkidul dalam merespon kemajuan teknologi dimana semua aspek dituntut untuk berdigitalisasi.

Wakil Ketua PDM Gunungkidul, Agus Suroyo, M.Pd.I. menjelaskan bahwa PRV tahun ini menggunkan aplikasi yang sudah disiapkan dan bisa didownload di play store. Ada beragam menu diantranya e-modul thaharah, ibadah, Al-Quran, al-hadits, hikmah ramadhan, lalu ada juga menu salat tarawih yang harus diisi peserta dengan memberikan keterangan dimenu.

Pada menu shadaqah berisi targhib shadaqah dan ajakan bershadaqah tiap hari dengan mentransfer shadaqah ke Lazismu Gunungkidul melalui QRIS. "Aplikasi ini juga dilengkapi dengan uji pemahaman dan refleksi. (Lalu) di akhir aplikasi ada raport untuk melihat skor ibadah para peserta PRV," jelas Agus Suroyo. 

Selanjutnya, Drs. Sadmonodadi, Ketua PDM Gunungkidul mengungkapkan bahwa Pesantren Ramadhan Virtual ini sudah berjalan tiga ramadhan. "Setiap tahun program ini mendapat respon yang baik khususnya dari warga Muhammadiyah di Gunungkidul dan sekitarnya," ujarnya.

Lanjut Sadmonodadi, tahun 1444 H kemarin jumlah santri yang mengikuti program ini hampir 3.000 peserta. Pada pesantren Ramadhan 1445 H kali ini menggunakan aplikasi yang didesain oleh Majelis Pustaka dan Informasi PDM Gunungkidul. 

Apresiasi pun datang dari Ketua PP Muhammadiyah, dr. Agus Taufiqurrahman, Sp.S., M.Kes. Menurutnya, PDM Gunungkidul telah melakukan inovasi dalam berdakwah dan melayani umat.

Harapannya PRV ini diikuti 50.000 an lebih peserta, mengingat baru saja PDM Gunungkidul sukses mengusung Ir. Ahmad Syauqi Soeratno sebagai calon DPD RI dengan perolehan suara yang cukup fantastis di atas angka 70.000.

"Dakwah virtual saat ini merupakan keniscayaan dimana semua orang hidupnya sudah tidak bisa dipisahkan dengan android. Program PDM Gunungkidul ternyata sinergi dengan program PP. Muhammadiyah yang saat ini juga sedang mengembangkan dakwah virtual," jelas Agus. (*) 

Wartawan: Dzikril Firmansyah 

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here