News

News

MediaMU.COM

May 21, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Soroti Fenomena Feminisida, Tri Hastuti: 'Aisyiyah Dorong Relasi Sosial Tanpa Kekerasan UMY Kembali Gelar Kampanye Kesehatan Mental “Stop Bullying dan Kekerasan Seksual” Kolaborasi Lazismu, MPKU, dan USAID Sediakan Rumah Singgah bagi Ibu Hamil Pesan Haedar Nashir di Hari Kebangkitan Nasional: Momentum Menegakkan Kedaulatan Indonesia Tidak Biasa! Milad 107 Aisyiyah Diperingati dengan Berlari Bareng Sejauh 10,7 Km Kenal Dekat dengan PRM UGM: PRM Berbasis PTN yang Pertama di Yogya Inilah Pentingnya Keberadaan Ranting untuk Dakwah Muhammadiyah PRM Berbasis PTN di Yogya ini Gelar Musyran Perdana, Siap Jalankan Kepemimpinan Pustakawan UMY Jadi Perwakilan Indonesia Pada Program STW Erasmus+ di Spanyol Milad 'Aisyiyah ke-107, PRA Prenggan Gelar Senam Bersama Haedar Nashir Apresiasi Usaha 'Aisyiyah untuk Kemanusiaan dan Perempuan Selama 107 Tahun Salmah Orbayinah: Milad ‘Aisyiyah ke-107 Komitmen Kuatkan Dakwah Kemanusiaan Semesta Anwar Abbas Bersama Moeldoko Lakukan Simulasi Alat Sadap Karet Mercu Biotech Mesra Banget! PWM dan PWNU DIY Silaturahmi dan Siap Kerja Bareng Badlul Rifa’i Jadi Khotib Sholat Jum’at Perdana di Masjid Umar bin Khottob Purwokerto Pertamina Bicarakan Energi Terbarukan Untuk Atasi Kelangkaan Energi Umat Muslim Debat Soal Fatwa Musik, Ini Kata Ketua PWPM DIY Pelatihan Paralegal oleh ‘Aisyiyah dan BPHN Tingkatkan Akses Bantuan Hukum PCIM Amerika Bergabung Dalam Gelombang Dukungan Global untuk Palestina Songsong Milad ke-107, 'Aisyiyah Komitmen Perkuat Dakwah Kemanusiaan Semesta

Inilah Alur Pemilihan pada Musywil Muhammadiyah DIY

E-voting buatan UAD pada Muktamar Muhammadiyah di Solo.

SLEMAN – Untuk kelancaran pelaksanaan Musywil XIII Muhammadiyah dan XII ‘Aisyiyah DIY, khususnya pelaksanaan pemilihan, Panitia Pemilihan Wilayah (Panlihwil) Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah melakukan  survey lokasi di kampus Unisa Yogyakarta, Rabu (26/1).

“Panlih Musywil Muhammadiyah dan Aisyiyah telah bertemu di Unisa bersama Tim IT UAD dan Unisa untuk survei lokasi pemilihan saat Musywil,” jelas Ridwan Furqoni, Panlihwil Musywil XIII Muhammadiyah DIY.

Beberapa ruangan di Unisa telah ditinjau untuk digunakan sebagai tempat pemilihan. Seperti ruang seminar di Gedung Siti Walidah dan aula Fakultas Kedokteran.

Ridwan mengemukakan, survei ini sebagai tahapan yang dikerjakan Panlihwil. Sebelumnya, mereka telah melakukan penghimpunan dan verifikasi calon pimpinan.

Pertemuan antara Panlihwil dengan Tim IT UAD dan Unisa untuk menyukseskan pemilihan menggunakan e-voting di Musywil.

“Secara umum kita menggunakan sistem yang dibuat di Muktamar 48 dengan beberapa perbaikan dan masukan di dalamnya,” jelas Ridwan.

Alur pemilihan yang dirancang adalah: mula-mula anggota dan peserta setelah tiba waktunya pemilihan akan dipanggil satu persatu ke pemungutan suara. Pemilih terlebih dahulu melakukan registrasi dengan menunjukkan ID Card, lalu menukarkan semacam tanda bisa memilih dengan QR code yang sudah disiapkan.

Setelah menerima QR Code, pemilih dipersilakan ke tempat pemungutan suara. Setelah QR code discan, dia bisa melihat daftar calon pimpinan di layar komputer. Layar tersebut cukup disentuh (touchscreen) untuk memudahkan anggota dan peserta memilih calon pimpinan.

Setelah memilih akan ada cetakan (print out) nama-nama calon yang dipilih dari printer sebagai bukti bahwa dia sudah memilih. Lalu, dimasukkan ke dalam kotak pemungutan suara yang disediakan.

Ridwan menambahkan, fungsi print out sebagai konfirmasi jika ada suatu masalah dalam sistem, kotak itu bisa dibuka dan dihitung secara manual.

“Selama sistem tidak ada masalah, maka secara elektronik sistem akan menghitung otomatis hasil perolehan suara dengan cepat sebagaimana pernah kita lihat di Muktamar 48,” tambah Ridwan.

Jadi, meskipun hasilnya secara elektronik langsung bisa diketahui setelah peserta melakukan pemilihan, tetap ada kertas yang dimasukkan ke dalam kotak untuk penghitungan manual bila sewaktu-waktu terjadi masalah di sistem pemilihan.

“Jika sistem tidak ada masalah, kotak tidak perlu dibuka,” kata Ridwan. (*)

Wartawan: Dzikril Firmansyah

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here