News

News

MediaMU.COM

Apr 28, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Atasi Perubahan Iklim, MLH PP Muhammadiyah Tanam 1000 Pohon Mangrove Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Korsel di Piala Asia, PP Muhammadiyah Beri Apresiasi Menang Lewat Adu Penalti lawan Korsel, Indonesia Satu Kaki Menuju Olimpiade 2024 Babak I Perempat Final Piala Asia U-23: Indonesia Unggul 2-1 atas Korea Selatan Inilah Doa untuk Mengharap Kemenangan Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar Anwar Abbas Harap Muhammadiyah-NU Bersatu Hadapi Peralihan Peradaban Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Minta Semua Pihak Hormati Putusan MK Inilah Makna Syawalan Bagi Cabang Ranting dan Masjid Berkemajuan Sukses di DPD RI, PWM DIY Siapkan Kader-kader Terbaiknya di Pilkada Serentak 300 Warga Muhammadiyah Ngaglik Hadiri Syawalan, Siap Bangun SMP Muhammadiyah yang Pertama Timnas U-23 Menang Lawan Australia Berkat Mahasiswa Muhammadiyah, Inilah Komentar Syauqi Soeratno Dukung Timnas U-23 di Piala Asia, PP Muhammadiyah Gelar Nonton Bareng Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah

Ikuti Kejurnas PORLEMPIKA, PisauMu Bantu Kontingen DIY Raih 6 Medali

JAKARTA – Prestasi membanggakan kembali diraih oleh kader Muhammadiyah. Kelompok PisauMu (Lempar Pisau Muhammadiyah) yang tergabung dalam Kontingen DIY berhasil meraih juara dalam Kejuaraan Nasional PORLEMPIKA (Perkumpulan Olahraga Lempar Pisau dan Kapak) tahun 2023.

Kejuaran Nasional PORLEMPIKA ini adalah kali kedua dilaksanakan di MABES TNI Cilangkap Jakarta, setelah sukses melaksanakan KEJURNAS PORLEMPIKA pertama di DISJASAD Bandung. Selain sebagai ajang berkumpul, silaturahmi dan meningkatkan skill para olahragawan lempar pisau dan kapak di Indonesia. Adapun, kejuaraan tahun ini untuk menuju cabang olahraga lempar pisau dan kapak diakui KONI, sebagai wadah olahraga resmi di bawah Kemenpora RI.

Kejuaraan berlangsung di PUSJAS PERMILDAS MABES TNI selama 3 hari, dimulai dari tanggal 17 sampai dengan 19 Maret 2023, diikuti dari beberapa 11 Provinsi.

Termasuk Kontingen PORLEMPIKA Pengprov DIY merupakan gabungan dari klub lempar pisau dan kapak di DIY. Selain PisauMu, juga ada JFM (Jogja Flying Metal), Menwa Instiper. PisauMu sendiri diwakili oleh 7 orang, yakni Teguh Kuato, Edwin Firmansyah, Maman Sulaeman, M. Ali Sholihin, M. Nur Mufid didampingi oleh pelatih Victor Muhammadenis dan official Yolandra Kusuma Bayu.

Dalam kejuaraan ini, Kontingen DIY meraih juara di beberapa kategori, antara lain:

  1. Short range no spin dewasa putra – perak
  2. Short range halfspin dewasa putra- perunggu
  3. Long range halfspin dewasa putra – perak
  4. Presecion mix technique
  5. Presecion intensive mix technique ( beregu putra ) – perak
  6. Presecion free technique beregu putra – emas.

Prestasi ini tentunya sangat membanggakan bagi Kontingen DIY, terutama PisauMu yang telah berlatih keras untuk mengikuti kejuaraan.

“Untuk persiapan mengikuti kejuaran, secara rutin berlatih setiap hari Rabu sore dan Ahad Pagi setelah Pengajian di parkiran Masjid Ahmad Dahlan Rejodani. Selain itu lempar pisau dan kapak sudah berlangsung selama kurang lebih 1,5 tahun,” ungkap Maman Sulaeman selaku Ketua Rombongan.

Terkait kendala yang dihadapi saat persiapan, Maman mengatakan jika minimnya sponsor dan dana untuk bisa memberangkatkan para perwakilan agar bisa mengikuti kejuaraan ini, membuat PisauMu harus bahu membahu secara swadaya agar bisa berangkat ke kejuaraan ini.

“Secara teknis tim akan terus berlatih untuk event selanjutnya. Kami tentunya sangat bahagia dengan pencapaian ini, karena PisauMu secara usia adalah pendatang baru yang masih muda tetapi sudah bisa ikut meramaikan dan memenangkan beberapa kategori pertandingan,” kata Ketua Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah (PCPM) Ngaglik itu.

Dirinya berharap akan ada pembinaan lebih intensif sistematis agar bisa berkembang dan berprestasi. Sebab, olahraga lempar pisau dan kapak ini sedang proses untuk diakui secara resmi oleh KONI dan tahap berikutnya PisauMu akan mengikuti eksibisi Pra-PON. (*)


Berita ini diterima mediamu.com dari Fajar Yuda (Anggota PCPM Ngaglik)
Wartawan: Dzikril Firmansyah

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here