News

News

MediaMU.COM

May 3, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Suara Muhammadiyah Buka SM Farm, Ratusan Ekor Sapi Langsung Ludes Dipesan Luar Biasa! 926 Guru PAUD/TK ABA Hadir di Silaturahim Keluarga Besar IGABA Sleman Demam Timnas, 200 Titik Pimpinan dan Amal Usaha Muhammadiyah Gelar Nobar PCIM Tiongkok Gelar Kajian Syawal Bersama Din Syamsuddin, Kuatkan Dakwah Melalui Diaspora Timnas Indonesia Kalah Atas Uzbekistan, Haedar Nashir Beri Semangat: Kalian Pahlawan Bangsa Tanpa Mahkota! Ramai Gelar Nobar Timnas U-23, Dosen UMY Beri Penjelasan Begini Rektor Berharap PSHW UMY Jadi Kebanggan Pemuda dan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Amanatkan Jaga Tradisi Syawalan, Haedar Nashir: Identitas Kita Sebagai Bangsa Haedar Nashir Tegaskan Muhammadiyah Netral dalam Politik, Ingatkan Semua Pihak Berintrospeksi Atasi Perubahan Iklim, MLH PP Muhammadiyah Tanam 1000 Pohon Mangrove Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Korsel di Piala Asia, PP Muhammadiyah Beri Apresiasi Menang Lewat Adu Penalti lawan Korsel, Indonesia Satu Kaki Menuju Olimpiade 2024 Babak I Perempat Final Piala Asia U-23: Indonesia Unggul 2-1 atas Korea Selatan Inilah Doa untuk Mengharap Kemenangan Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar Anwar Abbas Harap Muhammadiyah-NU Bersatu Hadapi Peralihan Peradaban Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Minta Semua Pihak Hormati Putusan MK

Hari Pemilihan Kian Dekat, Ini Pesan dan Refleksi Haedar Nashir untuk Pemilu 2024

YOGYA - Jelang pemilihan umum (Pemilu) 2024 yang akan dilaksanakan pada Rabu (14/2), Haedar Nashir, Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, menyampaikan pesan penting dalam Refleksinya pada Pemilu 2024. Dalam pesannya tersebut, Haedar menekankan untuk para kontestan Pemilu 2024 untuk berkompetisi secara demokratis, jujur, berlapang dada pada apapun hasil yang akan terjadi. 

Dalam pesan yang disiarkan oleh TVMU pada Ahad (11/2), Haedar memandang baik peserta maupun pendukung harus bersikap sportif dan berjiwa patriotik. Hal ini diharapkan dapat menjadikan Pemilu 2024 berlangsung secara bersih, beretika, dan bebas dari kecurangan.

“Seluruh pihak yang berkontestasi siapapun yang menang dan memperoleh mandat rakyat benar-benar hasilnya autentik, tidak takabur diri, serta bebas dari hisab dan hujatan publik,” kata Haedar.

Haedar kemudian mengingatkan para pejabat publik, termasuk aparat TNI, Polri, dan penyelenggara pemerintahan, untuk menjunjung tinggi patriotisme, profesionalisme, moralitas, dan tanggung jawab konstitusional mereka dalam mengawal Pemilu.

Pesan yang sama juga ditujukan kepada penyelenggara Pemilu 2024, seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan lembaga terkait lainnya, untuk bertindak dengan integritas dan tanggung jawab, tidak hanya di dunia ini tetapi juga di akhirat.

“Pemilu yang bersih tanpa penyimpangan menjadi dan mesti menjadi komitmen dan budaya politik seluruh elit dan warga serta penyelenggara negara, dan komponen bangsa,” tutur Haedar.

Dalam lima Pemilu sebelumnya, diharapkan bahwa Pemilu 2024 akan berlangsung lebih baik, lebih bersih, dan lebih bermartabat sesuai dengan peraturan yang berlaku. Namun, jika terjadi penyimpangan atau pelanggaran konstitusi, Haedar mengkhawatirkan kemungkinan terjadinya insiden buruk.

Jika terjadi sengketa setelah Pemilu 2024, Haedar menganjurkan pentingnya menyelesaikannya melalui jalur hukum yang lurus, jujur, akuntabel, terbuka, dan mengedepankan etika yang tinggi. Haedar juga memperingatkan agar menghindari provokasi dan anarki yang dapat merusak demokrasi dan masa depan bangsa.

Haedar juga memberikan pesan kepada rakyat Indonesia untuk tidak golput, karena penyaluran suara mereka merupakan tanggung jawab kebangsaan. Masyarakat diharapkan untuk mengikuti Pemilu dengan tertib, aman, damai, taat, cerdas, kritis, dewasa, beretika, toleran, dan menjaga persaudaraan.

wartawan: Fatan Asshidqi

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here