News

News

MediaMU.COM

May 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Haedar Nashir: Muhammadiyah Ada Karena Panggilan Ilahi, Tak Akan Lelah Bangun Peradaban Timur Tengah Memanas, Dubes RI untuk Lebanon Soroti Dampak Bagi Stabilitas Global MTT PWM DIY Gelar Pelatihan Penentuan Arah Kiblat Metode Rashdul Qiblat Resmi Dikukuhkan, Dua Guru Besar UMY Teliti Anomali Psikologis Pelajar Revisi UU Penyiaran Mengkhawatirkan, Ilmu Komunikasi UMY Serukan Penghentian Perkuat Kolaborasi Internasional, UMY Teken MoU Dengan Provinsi Tawi-Tawi, Filipina Dosen UMY Raih Penghargaan Terbaik 1 Bidang Kesehatan dalam Anugerah Academic Leader 2024 Tasyakur Milad 107 ‘Aisyiyah, PWM DIY Harap ‘Aisyiyah Punya TK ABA Unggulan Ratusan Kader ‘Aisyiyah DIY Hadiri Tasyakur Milad ke-107: Refleksi Perjalanan Panjang ‘Aisyiyah Ridwan Furqoni Dukung Dakwah Inklusi ‘Aisyiyah untuk Jangkau Semua Kalangan Rachmawati Husein: Dakwah Kemanusiaan ‘Aisyiyah adalah Upaya Mengentaskan Keyatiman Dosen Ilmu Pemerintahan UMY: Muhammadiyah Dibutuhkan Dalam Penanganan Isu Kemanusiaan Sah! Inilah Susunan Personel DPP IMM Periode 2024-2026 Soroti Fenomena Feminisida, Tri Hastuti: 'Aisyiyah Dorong Relasi Sosial Tanpa Kekerasan UMY Kembali Gelar Kampanye Kesehatan Mental “Stop Bullying dan Kekerasan Seksual” Kolaborasi Lazismu, MPKU, dan USAID Sediakan Rumah Singgah bagi Ibu Hamil Pesan Haedar Nashir di Hari Kebangkitan Nasional: Momentum Menegakkan Kedaulatan Indonesia Tidak Biasa! Milad 107 Aisyiyah Diperingati dengan Berlari Bareng Sejauh 10,7 Km Kenal Dekat dengan PRM UGM: PRM Berbasis PTN yang Pertama di Yogya Inilah Pentingnya Keberadaan Ranting untuk Dakwah Muhammadiyah

Syawalan AMM Kotagede Jadi Ajang Merangkai Harapan Menuju Kader Berkemajuan

YOGYA - Momen syawalan dimanfaatkan Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Kotagede sebagai ajang merangkai harapan menjadi kader persyarikatan yang berkemajuan melalui acara Syawalan. Acara silaturahmi ini diselenggarakan AMM Kotagede pada Sabtu (27/4) di Masjid Gedhe Mataram, Kotagede.

Selaku ketua AMM Kotagede, Ahmad Amiruddin Priyatmaja menyatakan bahwa apa yang dimaksud berkemajuan adalah proses bergerak maju menjadi lebih baik dan dinamis. Ia menyebut salah satu ciri berkemajuan adalah mampu menerapkan konsep tabayyun.

“Hal tersebut berangkat dari kisah Iblis yang menentang perintah Allah untuk bersujud kepada Adam, namun Allah tidak langsung menghukumnya. Allah malah mencoba tabayyun (konfirmasi) alasan iblis enggan bersujud. Begitulah kisahnya,” kata Amir, mencontohkan.

Melalui acara syawalan, AMM Kotagede berupaya untuk merekatkan persaudaraan dan kebersamaan. Kedua hal ini perlu untuk dipupuk lebih dulu, sebelum kemudian mewujudkan harapan menjadi muda-mudi berkemajuan.

“Harapannya adalah terjalin hubungan kekeluargaan yang erat dan saling bahu-membahu, saling berjuang dan memperjuangkan,” imbuh Amir, saat dihubungi via pesan teks, Ahad (28/4).

“Perlu ditekankan di sini akan pentingnya pengorbanan, namun jangan sampai jadi korban. Semuanya saling merangkul dan berjalan bersama-sama,” tandas Amir.

Amir mengamini bahwa Ramadan merupakan bulan peningkatan iman, yang mesti diteruskan semangatnya pada bulan-bulan berikutnya. Tak terkecuali pula semangat gotong royong di antara anggota AMM yang juga mesti dipertahankan guna menyukseskan setiap acara.

Selepas disibukkan dengan berbagai agenda AMM, Amir berharap bahwa para anggota AMM tetap mampu menjaga semangatnya. Hal itu dapat dilakukan dengan mempertahankan komunikasi di antara anggotanya, meskipun di luar kegiatan formal. Misalnya, dengan mengikuti kajian Gema Dakwah.

Amir mengungkapkan, rencana terdekat AMM saat ini adalah persiapan kepanitiaan Hari Raya Idul Adha, tepatnya melalui sie PPHQ AMM Kotagede. Kemudian, bakal ada agenda kolaborasi juga untuk menghelat pelatihan jurnalistik dengan MPI PCM Kotagede.

Syawalan yang digelar AMM Kotagede pada Sabtu, 27 April 2024 diikuti oleh 80 orang, meliputi perwakilan dari berbagai ortom Muhammadiyah Kotagede. Acara juga diisi dengan pengajian yang dipimpin Andy Putra Wijaya, Dosen Perbankan Syariah UAD sekaligus Ketua Majelis Pembinaan Kader dan Sumber Daya Insani PWM DIY.

Kontributor: ahmad yasin, pcmkotagede.com

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here