News

News

MediaMU.COM

May 3, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Kembali Rebut 3 Poin di Liga 3, PSHW UMY Pertahankan Ritme Permainan Timnas U-23 Gagal Kalahkan Irak, Haedar Nashir: Masih Ada Asa Suara Muhammadiyah Buka SM Farm, Ratusan Ekor Sapi Langsung Ludes Dipesan Ratusan Baliho Ketua PWPM DIY Penuhi Titik Strategis Gunungkidul, Isyarat Maju Pilkada Luar Biasa! 926 Guru PAUD/TK ABA Hadir di Silaturahim Keluarga Besar IGABA Sleman Demam Timnas, 200 Titik Pimpinan dan Amal Usaha Muhammadiyah Gelar Nobar PCIM Tiongkok Gelar Kajian Syawal Bersama Din Syamsuddin, Kuatkan Dakwah Melalui Diaspora Timnas Indonesia Kalah Atas Uzbekistan, Haedar Nashir Beri Semangat: Kalian Pahlawan Bangsa Tanpa Mahkota! Ramai Gelar Nobar Timnas U-23, Dosen UMY Beri Penjelasan Begini Rektor Berharap PSHW UMY Jadi Kebanggan Pemuda dan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Amanatkan Jaga Tradisi Syawalan, Haedar Nashir: Identitas Kita Sebagai Bangsa Haedar Nashir Tegaskan Muhammadiyah Netral dalam Politik, Ingatkan Semua Pihak Berintrospeksi Atasi Perubahan Iklim, MLH PP Muhammadiyah Tanam 1000 Pohon Mangrove Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Korsel di Piala Asia, PP Muhammadiyah Beri Apresiasi Menang Lewat Adu Penalti lawan Korsel, Indonesia Satu Kaki Menuju Olimpiade 2024 Babak I Perempat Final Piala Asia U-23: Indonesia Unggul 2-1 atas Korea Selatan Inilah Doa untuk Mengharap Kemenangan Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud

Gelar ToF SPAB, MDMC Kulon Progo Daerah Pertama se-Indonesia Laksanakan SPAB

Peserta ToF SPAB LRB PDM Kulon Progo. Foto: Dok. LRB PDM Kulon Progo

KULON PROGO - Lembaga Resiliensi Bencana (LRB/MDMC) PDM Kulon Progo menyelenggarakan Pelatihan Fasilitator atau Training of Facilitator (ToF) Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB).

Kegiatan ini bertujuan menghasilkan fasilitator yang memiliki pengetahuan dan keterampilan sehingga dapat memfasilitasi pembentukan SPAB pada sekolah-sekolah Muhammadiyah dan Aisyiyah khususnya di Kulon Progo, yaitu PAUD, TK, SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA serta SLB secara efektif dan efisien. 

"Pelatihan ini diinisiasi dari perlunya penambahan fasilitator guna mempercepat pembentukan SPAB pada Sekolah-Sekolah Muhammadiyah dan Aisyiyah di Kulon Progo," jelas Ketua LRB PDM Kulon Progo, Ir. Fikri Syahmunakhwa. 

Kegiatan ToF SPAB ini dilaksanakan pada tanggal 20, 21, 27, dan 28 Januari 2024 di Kampus 6 Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Dalangan, Wates, Kulon Progo. Selama 4 hari pelatihan, peserta dibekali dengan 17 materi, yang terdiri dari:

  • Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD)
  • Pengantar SPAB
  • Peta Jalan
  • Pengurangan Risiko Bencana (PRB)
  • Sekolah Darurat
  • Standar Bangunan Sekolah Darurat
  • Penyusunan SOP Kedaruratan
  • Sistem Komando Penanganan Gawat Darurat
  • Psikososial
  • Perencanaan Langkah-Langkah Kesinambungan Pendidikan
  • Pembentukan Tim Siaga Bencana dan Rencana Aksi Satuan Pendidikan
  • Tahapan Implementasi SPAB
  • Teknik Fasilitasi
  • Kajian Risiko Bencana Partisipatif
  • Penilaian Mandiri Satuan Pendidikan
  • RTL dan Monev SPAB
  • Penguatan AIK dan Fiqih Bencana

Khusus untuk Materi Penguatan AIK dan Fiqih Kebencanaan dikemas dalam bentuk kajian pada sesi penutupan ToF SPAB.

"Muhammadiyah harus memiliki kekuatan sebagai penolong dalam kasus kebencanaan. Salah satunya dengan memastikan proses pendidikan tetap berjalan di kondisi darurat.” kata Ketua LRB PWM DIY Indrayanto.

Indrayanto menambahkan dengan dialaksanakannya ToF SPAB ini, LRB PDM Kulon Progo berada di urutan nomor satu dalam pelaksanaan SPAB di DIY. Bahkan, LRB PDM Kulon Progo adalah Lembaga dari Pimpinan Daerah pertama se-Indonesia yang sudah melaksanakan ToF SPAB.

"Kegiatan ToF SPAB ini melahirkan 16 fasilitator yang berasal dari delegasi Ortom/AUM yakni LRB PDM Kulon Progo, PC IMM Kulon Progo, beberapa sekolah Muhammadiyah di Kulon Progo serta warga Muhammadiyah Kulon Progo," ujar Ketua Panitia, Hilmi Musthafa.

Tak lupa, Hilmi mengucapkan terimakasih kepada seluruh panitia, PDM Kulon Progo dan LazisMu Kulon Progo yang telah mendukung dan menyukseskan pelaksanaan kegiatan ini.Seluruh rangkaian kegiatan ToF SPAB berjalan dengan lancar selama 4 hari dan di rencanakan akan melaksanakan praktik fasilitasi pada akhir Februari 2024 mendatang. (*) 

Berita ini diterima Mediamu dari Hilmi Musthafa (LRB/MDMC PDM Kulon Progo) 

Wartawan: Dzikril Firmansyah 

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here