News

News

MediaMU.COM

May 3, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Kembali Rebut 3 Poin di Liga 3, PSHW UMY Pertahankan Ritme Permainan Timnas U-23 Gagal Kalahkan Irak, Haedar Nashir: Masih Ada Asa Suara Muhammadiyah Buka SM Farm, Ratusan Ekor Sapi Langsung Ludes Dipesan Ratusan Baliho Ketua PWPM DIY Penuhi Titik Strategis Gunungkidul, Isyarat Maju Pilkada Luar Biasa! 926 Guru PAUD/TK ABA Hadir di Silaturahim Keluarga Besar IGABA Sleman Demam Timnas, 200 Titik Pimpinan dan Amal Usaha Muhammadiyah Gelar Nobar PCIM Tiongkok Gelar Kajian Syawal Bersama Din Syamsuddin, Kuatkan Dakwah Melalui Diaspora Timnas Indonesia Kalah Atas Uzbekistan, Haedar Nashir Beri Semangat: Kalian Pahlawan Bangsa Tanpa Mahkota! Ramai Gelar Nobar Timnas U-23, Dosen UMY Beri Penjelasan Begini Rektor Berharap PSHW UMY Jadi Kebanggan Pemuda dan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Amanatkan Jaga Tradisi Syawalan, Haedar Nashir: Identitas Kita Sebagai Bangsa Haedar Nashir Tegaskan Muhammadiyah Netral dalam Politik, Ingatkan Semua Pihak Berintrospeksi Atasi Perubahan Iklim, MLH PP Muhammadiyah Tanam 1000 Pohon Mangrove Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Korsel di Piala Asia, PP Muhammadiyah Beri Apresiasi Menang Lewat Adu Penalti lawan Korsel, Indonesia Satu Kaki Menuju Olimpiade 2024 Babak I Perempat Final Piala Asia U-23: Indonesia Unggul 2-1 atas Korea Selatan Inilah Doa untuk Mengharap Kemenangan Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud

Gelar Pengajian Ramadhan, PDM Sleman Usung Dakwah Kultural Memperkuat Akar Rumput

Pengajian Ramadhan PDM Sleman, Jumat (29/3). Foto: Dok. MPI PDM Sleman

SLEMAN - Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Sleman kembali menggelar Pengajian Ramadhan pada tahun 1445 H. Berlangsung pada Jumat (29/3), pengajian kali ini terasa istimewa, karena bertempat di Rumah Dinas Bupati Sleman.

Mengangkat tema "Dakwah Kultural Perkuat Basis Akar Rumput", acara yang dimotori oleh Majelis Pembinaan Kader dan Sumber Daya Insani (MPKSDI) dan Majelis Tabligh tersebut berlangsung meriah. H. Harjaka, S.Pd., S.Ag., M.A., selaku Ketua PDM Sleman, dalam sambutannya menjelaskan tentang pentingnya gerakan dakwah kultural

"Muhammadiyah harus mengambil peran dalam melestarikan kebudayaan tanpa meninggalkan prinsip-prinsip agama," ujarnya.

Pengajian berlangsung dua sesi. Sesi pertama oleh Dr. Ustadi Hamsah, M.Ag., membahas tentang "Hubungan Agama dan Budaya dalam Kehidupan Masyarakat". Ia menjelaskan bahwa agama dan budaya saling terkait satu sama lain.

Ustadi juga mengapresiasi pendekatan dakwah Muhammadiyah yang mengedepankan solusi konkret dalam menyelesaikan masalah di masyarakat.

Selanjutnya, Dr. Moh. Soehadha, M.Hum., membahas tentang "Pendekatan Dakwah Kultural Masyarakat Kecil, Menengah, dan Atas", dengan menekankan pentingnya rasionalisasi dan transformasi budaya untuk mencapai tujuan dakwah.

Ahmad Najib Wiyadi, M.H.I., sebagai pemateri ketiga, membahas tentang "Dakwah Kultural Muhammadiyah melalui Masyarakat Kecil Menengah", serta mengajak peserta untuk merenungkan praktik dakwah yang sedang berlangsung. Dia juga menyoroti modal dan tahapan yang diperlukan dalam pelaksanaan dakwah kultural.

Terakhir, Bachtiar Dwi Kurniawan, M.P.A., memaparkan materi tentang "Dakwah Kultural Melalui Gerakan Jamaah dan Dakwah Jamaah (GJDJ) Memaksimalkan Potensi Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) sebagai Penggerak", dengan menekankan pentingnya beradaptasi dengan berbagai level masyarakat dalam melakukan dakwah kultural.

Pada kesempatan ini juga, Bupati Sleman Dra.Hj. Kustini Sri Purnomo menyampaikan pesan selamat datang kepada para hadirin serta menyoroti pentingnya kolaborasi antar organisasi Muhammadiyah dalam menghadapi era digital. Acara ini juga menjadi momentum untuk meluncurkan program wakaf pembangunan kantor PDM Sleman yang mendapat dukungan dari berbagai pihak.

Kegiatan ini diharapkan dapat mencerahkan kader Muhammadiyah dalam menjalankan prinsip-prinsip dakwah di berbagai tingkatan organisasi, dari tingkat daerah hingga ranting. Acara kemudian dilanjutkan dengan buka bersama dan sholat Maghrib berjama'ah. (*) 

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here