News

News

MediaMU.COM

Apr 18, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: RS Muhammadiyah Berazaskan Kasih Sayang, Berpihak Pada Dhuafa Jamu PP Aisyiyah, Haedar Nashir Berpesan Untuk Dekatkan Dakwah dengan Masyarakat Lazismu bersama MPM PP Muhammadiyah Salurkan 1000 Paket Zakat Fitrah dan Fidyah Abdul Mu'ti: Jadikan Idulfitri Momentum Rekonsiliasi Sosial Ketua PP Muhammadiyah Prihatin Korupsi Subur di Tengah Masyakarat yang Religius Haedar Nashir: Puasa Momentum Seimbangkan Hidup dengan Sikap 'Tengahan' Warga Muhammadiyah Lokshumawe Shalat Id Serentak di Halaman Masjid At-Taqwa Taawun Sosial Ramadan PWA DIY: Berbagi Berkah dan Pesan Kebajikan Muhammadiyah DIY Siapkan 718 Lokasi Sholat Idulfitri 1445 H, Ini Daftarnya Layani Para Pemudik, RS PKU Muhammadiyah Bantul Sediakan 3 Posko Kesehatan PDPM Sleman Tebar Kebaikan Ramadhan Bersama Steps2 Allah London di Ponpes Abu Dzar Al Ghifari Gamping Dayah Modern Ihyaaussunnah Kota Lhokseumawe Sukse Gelar Intensive Qur’anic Camp Kunjungi Pos MudikMU Masjid Ahmad Dahlan Pundong, Sekretaris PWM DIY Apresiasi Fasilitas Layanan yang Tersedia MPKU dan Klinik PKU Bambanglipuro Bersinergi dalam Program Muhammadiyah Menyapa Muhammadiyah Umumkan Idul Fitri 1445 H Jatuh Pada Rabu 10 April 2024 Tetap Bertugas di Lebaran, RS PKU Muhammadiyah Yogya Siap Beri Pelayanan Maksimal

Gelar Pengajian Ramadhan, PDM Sleman Usung Dakwah Kultural Memperkuat Akar Rumput

Pengajian Ramadhan PDM Sleman, Jumat (29/3). Foto: Dok. MPI PDM Sleman

SLEMAN - Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Sleman kembali menggelar Pengajian Ramadhan pada tahun 1445 H. Berlangsung pada Jumat (29/3), pengajian kali ini terasa istimewa, karena bertempat di Rumah Dinas Bupati Sleman.

Mengangkat tema "Dakwah Kultural Perkuat Basis Akar Rumput", acara yang dimotori oleh Majelis Pembinaan Kader dan Sumber Daya Insani (MPKSDI) dan Majelis Tabligh tersebut berlangsung meriah. H. Harjaka, S.Pd., S.Ag., M.A., selaku Ketua PDM Sleman, dalam sambutannya menjelaskan tentang pentingnya gerakan dakwah kultural

"Muhammadiyah harus mengambil peran dalam melestarikan kebudayaan tanpa meninggalkan prinsip-prinsip agama," ujarnya.

Pengajian berlangsung dua sesi. Sesi pertama oleh Dr. Ustadi Hamsah, M.Ag., membahas tentang "Hubungan Agama dan Budaya dalam Kehidupan Masyarakat". Ia menjelaskan bahwa agama dan budaya saling terkait satu sama lain.

Ustadi juga mengapresiasi pendekatan dakwah Muhammadiyah yang mengedepankan solusi konkret dalam menyelesaikan masalah di masyarakat.

Selanjutnya, Dr. Moh. Soehadha, M.Hum., membahas tentang "Pendekatan Dakwah Kultural Masyarakat Kecil, Menengah, dan Atas", dengan menekankan pentingnya rasionalisasi dan transformasi budaya untuk mencapai tujuan dakwah.

Ahmad Najib Wiyadi, M.H.I., sebagai pemateri ketiga, membahas tentang "Dakwah Kultural Muhammadiyah melalui Masyarakat Kecil Menengah", serta mengajak peserta untuk merenungkan praktik dakwah yang sedang berlangsung. Dia juga menyoroti modal dan tahapan yang diperlukan dalam pelaksanaan dakwah kultural.

Terakhir, Bachtiar Dwi Kurniawan, M.P.A., memaparkan materi tentang "Dakwah Kultural Melalui Gerakan Jamaah dan Dakwah Jamaah (GJDJ) Memaksimalkan Potensi Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) sebagai Penggerak", dengan menekankan pentingnya beradaptasi dengan berbagai level masyarakat dalam melakukan dakwah kultural.

Pada kesempatan ini juga, Bupati Sleman Dra.Hj. Kustini Sri Purnomo menyampaikan pesan selamat datang kepada para hadirin serta menyoroti pentingnya kolaborasi antar organisasi Muhammadiyah dalam menghadapi era digital. Acara ini juga menjadi momentum untuk meluncurkan program wakaf pembangunan kantor PDM Sleman yang mendapat dukungan dari berbagai pihak.

Kegiatan ini diharapkan dapat mencerahkan kader Muhammadiyah dalam menjalankan prinsip-prinsip dakwah di berbagai tingkatan organisasi, dari tingkat daerah hingga ranting. Acara kemudian dilanjutkan dengan buka bersama dan sholat Maghrib berjama'ah. (*) 

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here