News

News

MediaMU.COM

Apr 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Ramai Gelar Nobar Timnas U-23, Dosen UMY Beri Penjelasan Begini Rektor Berharap PSHW UMY Jadi Kebanggan Pemuda dan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Amanatkan Jaga Tradisi Syawalan, Haedar Nashir: Identitas Kita Sebagai Bangsa Haedar Nashir Tegaskan Muhammadiyah Netral dalam Politik, Ingatkan Semua Pihak Berintrospeksi Atasi Perubahan Iklim, MLH PP Muhammadiyah Tanam 1000 Pohon Mangrove Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Korsel di Piala Asia, PP Muhammadiyah Beri Apresiasi Menang Lewat Adu Penalti lawan Korsel, Indonesia Satu Kaki Menuju Olimpiade 2024 Babak I Perempat Final Piala Asia U-23: Indonesia Unggul 2-1 atas Korea Selatan Inilah Doa untuk Mengharap Kemenangan Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar Anwar Abbas Harap Muhammadiyah-NU Bersatu Hadapi Peralihan Peradaban Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Minta Semua Pihak Hormati Putusan MK Inilah Makna Syawalan Bagi Cabang Ranting dan Masjid Berkemajuan Sukses di DPD RI, PWM DIY Siapkan Kader-kader Terbaiknya di Pilkada Serentak 300 Warga Muhammadiyah Ngaglik Hadiri Syawalan, Siap Bangun SMP Muhammadiyah yang Pertama Timnas U-23 Menang Lawan Australia Berkat Mahasiswa Muhammadiyah, Inilah Komentar Syauqi Soeratno Dukung Timnas U-23 di Piala Asia, PP Muhammadiyah Gelar Nonton Bareng

DPPM UII dan PWNA DIY Adakan Workshop Kepenulisan Perempuan

YOGYAKARTA — Dakwah bil qolam bagi perempuan  di era ini harus aktual. Tidak pasaran dan terdapat inovasi yang orisinal.

Hal tersebut disampaikan Iqbal Aji Daryono, influencer dan kontributor beberapa majalah online Nasional, dalam workshop kepenulisan dengan tajuk “Internalisasi Dakwah Bil Qolam Bagi Perempuan Berkemajuan”.

Di depan peserta dalam kegiatan yang diselenggarakan Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta bekerjasama dengan Pimpinan Wilayah Nasyiatul Aisyiah (PWNA) Daerah Istimewa Yogyakarta, Iqbal Aji Daryono mengatakan bahwa sistematika menulisnya bukan dimulai dari bidang garapan. “Tapi berangkat dari kasus, realita atau fenomena, kemudian utarakan premis atau pendapat, perkuat data dan kesimpulan di bagian penutupnya,” paparnya.

Dalam kegiatan yang digelar di Gedung DPD RI Jl Kusumanegara No. 133 Umbulharjo, Yogyakarta, Sabtu (3/4/2021) sore, tampil sebagai pembicara selain Iqbal Aji Daryono adalah Mona Atalina (Pimpinan Redaksi Rahma.Id/Pimpinan Pusat Nasyiatul ‘Aisyiyah).

Pada kesempatan itu, Iqbal Aji Daryono juga menyinggung tentang soft skill kepenulisan agar tembus media.

Komposisi penulisannya, seperti disampaikan Iqbal, jangan berpanjang-panjang latar belakang. “Usahakan dominan dalam pembahasan yang mengandung paparan masalah, tawaran solusi, ilustrasi dan sebagainya,” kata Iqbal.

Selain itu, lanjut Iqbal, kenali karakter opini atau esai saat ini, yakni paragraf pendek, jangan terlalu ngoyo kaidah, rapi dan bersih serta judul yang mengundang.

Kolaborasi dalam workshop kepenulisan perempuan tersebut merupakan program pengabdian masyarakat sebagai salah satu Catur Dharma Perguruan Tinggi yang dilaksanakan oleh Syahdara Anisa Makruf sebagai ketua pengusul hibah pengabdian masyarakat Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta.

Pada kesempatan tersebut sebanyak 35 orang peserta dari Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah se-DIY, IPMawati se-DIY dan IMMawati se-DIY ikuti kegiatan tersebut dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Tema pengabdian tersebut dipilih oleh Syahdara karena dakwah melalui tulisan (dakwah bil qolam) merupakan salah satu metode yang tepat di era disrupsi dan pandemi Covid-19.

Menurut Syahdara, saat ini ketrampilan menulis merupakan sarana alternatif dalam memaksimalkan potensi perempuan. “Dan dengan menulis perempuan menjadi lebih berdaya atau women empowerment,” kata Syahdara.

Maka dari itu, seperti dijelaskan Syahdara, workshop kepenulisan ini bertujuan untuk meningkatkan soft skill kepenulisan bagi peserta dalam menghadirkan tulisan yang menarik, mudah dipahami, aktual dan diterima oleh publik.

“Selain itu, mewujudkan cita-cita pemberdayaan perempuan melalui tulisan- tulisan yang mencerahkan dan memberdayakan sehingga perempuan terjaga kesehatan mentalnya karena saling mendukung dalam perubahan kebaikan atau woman supporting woman,” kata Syahdara.

Rangkaian kegiatan ini, menurut Syahdara, diharapkan dapat menghasilkan luaran. “Yakni berupa terbitnya tulisan-tulisan oleh peserta di berbagai kanal media, terbitnya buku bunga rampai keperempuanan dan jurnal ilmiah pengabdian masyarakat,” terang Syahdara Anisa Makruf. (Affan)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here