News

News

MediaMU.COM

Apr 27, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Korsel di Piala Asia, PP Muhammadiyah Beri Apresiasi Menang Lewat Adu Penalti lawan Korsel, Indonesia Satu Kaki Menuju Olimpiade 2024 Babak I Perempat Final Piala Asia U-23: Indonesia Unggul 2-1 atas Korea Selatan Inilah Doa untuk Mengharap Kemenangan Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar Anwar Abbas Harap Muhammadiyah-NU Bersatu Hadapi Peralihan Peradaban Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Minta Semua Pihak Hormati Putusan MK Inilah Makna Syawalan Bagi Cabang Ranting dan Masjid Berkemajuan Sukses di DPD RI, PWM DIY Siapkan Kader-kader Terbaiknya di Pilkada Serentak 300 Warga Muhammadiyah Ngaglik Hadiri Syawalan, Siap Bangun SMP Muhammadiyah yang Pertama Timnas U-23 Menang Lawan Australia Berkat Mahasiswa Muhammadiyah, Inilah Komentar Syauqi Soeratno Dukung Timnas U-23 di Piala Asia, PP Muhammadiyah Gelar Nonton Bareng Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: RS Muhammadiyah Berazaskan Kasih Sayang, Berpihak Pada Dhuafa

Dalam Penanganan Banjir Demak, MDMC Fokus Evakuasi dan Bantu Dapur Umum

DEMAK – Kali kedua tanggul jebol akibat derasnya aliran Sungai Wulan pada 17 Maret 2024 lalu menyebabkan banjir susulan dan mengepung seluruh Kabupaten Demak. Muhammadiyah Disaster Management Center Pimpinan Pusat Muhammadiyah bersama MDMC wilayah Jawa Tengah respon cepat mengevakuasi warga dan mendirikan layanan dapur umum untuk 750 jiwa terdampak. 

Menurut Chairil Anam, Ketua Bidang Tanggap Darurat dan Rehabilitasi Rekonstruksi MDMC PP Muhammadiyah, menyebutkan bahwa banjir kali ini melumpuhkan seluruh kota dan kabupaten di Demak. Respon awal yang dilakukan oleh MDMC ialah mengevakuasi masyarakat secara menyeluruh karena beberapa titik belum mendapatkan pendampingan.

“Banjir kedua ini memang berdampak besar, beberapa posko belum tercover oleh lembaga lainnya karena saat itu banyak lembaga yang juga berfokus tangani banjir di Kudus, Jepara dan Semarang,” jelasnya.

“Makanya, saat MDMC turun pada hari Minggu (17/3), kami dengan Koramil segera mengarahkan warga ke titik shelter di daerah yang tinggi, sorenya kita bantu evakuasi warga hingga 3 hari kedepan, salah satunya mengevakuasi santri Pondok Pesantren Muhammadiyah dan Nurul Hikmah,” imbuhnya lagi.

Selain itu, layanan dapur umum gabungan dengan MDMC, BPBD Provinsi, PMI Kudus dan Dinas Sosial Kudus didirikan di Masjid Jam’iyyatul Hujjaj Kudus yang melayani 750 jiwa warga di Kec. Karanganyar, Demak.
“Kami sediakan makanan untuk buka puasa dan sahur, yang tidak puasa seperti anak kecil juga kami sediakan makanan atau snack. Waktu awal itu sempat ada warga telat berbuka, sehingga relawan harus bantu kesana kemari mencari makanan,” ujar Chairil Anam. 

Lebih lanjut, saat wawancara Chairil Anam juga menyampaikan bahwa kondisi air saat ini memang berangsur surut di beberapa titik jalan besar sehingga akses jalanan sudah bisa dilewati. Akan tetapi, beberapa gang di pemukiman warga masih tergenang air dan membuat rumah warga belum dapat kembali ke rumahnya.

Berdasarkan masa tenggat penugasan respon pertama oleh MDMC berakhir pada Jumat (22/3) kemarin, lantas Chairil Anam menjelaskan jika tim kedepannya akan melakukan intervensi lanjutan untuk membantu pembersihan area pemukiman pasca banjir dan mendirikan layanan psikososial.(*)

Berita ini diterima mediamu.com oleh Budi Santoso, S.Psi., M.KM, Wakil Sekretaris MDMC PP Muhammadiyah

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here