News

News

MediaMU.COM

Apr 18, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: RS Muhammadiyah Berazaskan Kasih Sayang, Berpihak Pada Dhuafa Jamu PP Aisyiyah, Haedar Nashir Berpesan Untuk Dekatkan Dakwah dengan Masyarakat Lazismu bersama MPM PP Muhammadiyah Salurkan 1000 Paket Zakat Fitrah dan Fidyah Abdul Mu'ti: Jadikan Idulfitri Momentum Rekonsiliasi Sosial Ketua PP Muhammadiyah Prihatin Korupsi Subur di Tengah Masyakarat yang Religius Haedar Nashir: Puasa Momentum Seimbangkan Hidup dengan Sikap 'Tengahan' Warga Muhammadiyah Lokshumawe Shalat Id Serentak di Halaman Masjid At-Taqwa Taawun Sosial Ramadan PWA DIY: Berbagi Berkah dan Pesan Kebajikan Muhammadiyah DIY Siapkan 718 Lokasi Sholat Idulfitri 1445 H, Ini Daftarnya Layani Para Pemudik, RS PKU Muhammadiyah Bantul Sediakan 3 Posko Kesehatan PDPM Sleman Tebar Kebaikan Ramadhan Bersama Steps2 Allah London di Ponpes Abu Dzar Al Ghifari Gamping Dayah Modern Ihyaaussunnah Kota Lhokseumawe Sukse Gelar Intensive Qur’anic Camp Kunjungi Pos MudikMU Masjid Ahmad Dahlan Pundong, Sekretaris PWM DIY Apresiasi Fasilitas Layanan yang Tersedia MPKU dan Klinik PKU Bambanglipuro Bersinergi dalam Program Muhammadiyah Menyapa Muhammadiyah Umumkan Idul Fitri 1445 H Jatuh Pada Rabu 10 April 2024 Tetap Bertugas di Lebaran, RS PKU Muhammadiyah Yogya Siap Beri Pelayanan Maksimal

Berdayakan Masyarakat, Muhammadiyah Hadirkan Air Bersih di Desa Tliu NTT

TIMOR TENGAH SELATAN – Muhammadiyah melalui kerjasama antara Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) PP Muhammadiyah dengan PT. Penjamin Infrastruktur Indonesia (PII), menghadirkan air bersih kepada penduduk Desa Tliu, Amanuban Timur, Timor Tengah Selatan, NTT.

Abdul Mu'ti, Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, turut hadir dalam acara peresmian dan syukuran atas Revitalisasi Akses Air Bersih dan Pengelolaan Air Bersih Berbasis Masyarakat "Pasimas Feto Mone" pada tanggal 21 Februari.

Masalah kekurangan air bersih merupakan tantangan yang telah lama dihadapi oleh penduduk Desa Tliu, NTT. Menyadari hal tersebut, MPM PP Muhammadiyah telah bergerak sejak tahun 2017 untuk memberikan akses air bersih kepada masyarakat di sana.

Revitalisasi air bersih ini tidak hanya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, tetapi juga untuk mendukung sektor pertanian dan sektor produksi lainnya. Oleh karena itu, Abdul Mu'ti mendorong agar masyarakat lebih produktif setelah mendapatkan akses air bersih.

"Itulah pentingnya kita bersyukur dan pandai mengelola air untuk kehidupan warga, sektor pertanian maupun usaha produktif lainnya,” ujar Abdul Mu'ti.

Abdul Mu'ti juga menekankan bahwa gerakan pemberdayaan yang dilakukan oleh Muhammadiyah bersifat inklusif, sehingga air tersebut dapat digunakan oleh semua orang dengan syarat harus hemat, tidak berlebihan, dan sesuai dengan kepentingan bersama.

"Su dekat, su nekat, su hemat. Air sudah dekat, jangan nekat berlebihan, tapi hematlah memanfaatkan air bersih untuk kemaslahatan kehidupan manusia dan lingkungan, " tukas Abdul Mu'ti.

Di sisi lain, M. Nurul Yamin, Ketua MPM PP Muhammadiyah, menyampaikan rasa terima kasih kepada PT PII (Persero) sebagai mitra dalam meningkatkan sarana air bersih, termasuk pembangunan bak penampung air, instalasi pipa air, kendaraan operasional, dan manajemen pengelolaan air.

Yamin juga menjelaskan bahwa kemitraan tersebut didukung oleh PWM NTT, MPM PWM NTT, UM Kupang, PCM Amanuban Timur, dan seluruh warga Tliu. Hingga saat ini, proyek Pasimas Feto Mone telah memberikan manfaat kepada 41 kepala keluarga di Desa Tliu, NTT.

"Kami berharap Pasimas Feto Mone dapat menjadi wadah bagi aspirasi masyarakat terkait air bersih dan pemanfaatannya," tutup Yamin.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here