News

News

MediaMU.COM

May 16, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Abdul Mu'ti: Bukan Mendiskriminasi, Islam Justru Memuliakan Perempuan Lewat Workshop, BMT UMY Komitmen Wujudkan “Modernisasi Koperasi” di Kabupaten Bantul Komitmen Mengabdi Di Daerah 3T, PENA UMY Menuju Sambi Rampas Gallery Walk GCWRI Jadi Saksi Aksi Pemuda-Pemudi Lintas Iman Rawat Perdamaian dan Lingkungan  Nur Ahmad Ghojali Harapkan LKSA Panti Asuhan Muhammadiyah Unggul Berkemajuan PC IMM Djazman Al Kindi Yogya dan BEM UAD Gelar Simposium Pemikiran Islam, Hadirkan Pendiri IMM JISRA Indonesia Suarakan Ecofeminism dan Kerukunan Lintas Iman dalam Global Conference on Women’s Rights in Islam (GCWRI) PCM Ngampilan Adakan Silaturahmi Sekaligus Pelepasan Calon Jamaah Haji Mie Lezatmu dan Mocaf Jadi Bukti Inovasi Cabang-Ranting Muhammadiyah dalam Dakwah Ekonomi PSHW UMY Amankan Tiket Menuju Babak 32 Besar Liga 3 Nasional Gelar Workshop Nasional, LPCRPM PP Siapkan Penguatan Cabang, Ranting, dan Masjid Mahasiswa UAD Tuntut Palestina Merdeka, Presiden BEM UAD: Negara Arab Jangan Cuma Peduli Minyak Saja! Ikut Aksi Bela Palestina, Rektor UAD: Anak Kecil Juga Pedih dengan Penderitaan Palestina Serukan Dukungan Palestina Merdeka, Dosen UAD: Pro Israel Hukumnya Haram Mughallazah Aksi Bela Palestina Menggema di Seluruh Kampus Muhammadiyah dan Aisyiyah Nasyiatul Aisyiyah gelar ToT Fasilitator Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak untuk Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat 1000 Cahaya: Muhammadiyah Gerakkan Ranting Hingga Sekolah untuk Cegah Krisis Iklim Keluarga Alumni UAD Hadiri Syawalan: Taburkan Maaf, Sucikan Hati, Eratkan Tali Persaudaraan Perguruan Tinggi Muhammadiyah - Aisyiyah Bakal Gelar Aksi Serentak Bela Palestina Perkuat Dakwah, Warga Muhammadiyah Bantul Hadiri Syawalan dan Pelepasan Ratusan Jamaah Haji

Asyiknya Mencoba Inovasi Teknologi di MITE

Suasana Muhammadiyah Inovation Technology Expo (MITE) di Bekas Pabrik Gula De Tjolomadoe

SURAKARTA – Muktamar Muhammadiyah ke – 48 telah menyajikan berbagai macam agenda. Mulai dari persidangan, diskusi, penampilan seni, bazar, pameran, dan tentu saja silaturrahim antar warga persyarikatan dari berbagai daerah.

Dari semua agenda tersebut, ada satu hal yang menarik perhatian. Yaitu, Muhammadiyah Inovation and Technology Expo (MITE), yang menampilkan berbagai karya inovasi teknologi dari beberapa sekolah dan perguruan tinggi Muhammadiyah se – Indonesia. MITE berlokasi di bekas pabrik gula De Tjolomadoe, di samping perhelatan Muktamar Fair.

Tentunya ini membuat penasaran banyak pihak, seperti apa karya – karya yang ditampilkan di sana. Maka, pada hari Jumat (18/11), terpantau ada banyak sekali pengunjung yang datang untuk melihat – lihat berbagai macam karya berupa teknologi dan produk unggulan dari sekolah dan perguruan tinggi Muhammadiyah.

Ada banyak hal yang ditampilkan, seperti mobil listrik karya SMK Muhammadiyah Kartasura, pembangkit listrik tenaga angin dan air karya SMK Muhammadiyah Pekalongan, Simulator Media Hidrolik karya SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen, alat bantu difabel Post-Wec dan Ansont karya SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo, teknologi virtual reality karya SMK Muhammadiyah Plus Cianjur, pembuatan karya animasi dari SMK Muhammadiyah Wonosari, serta masih banyak lagi yang ditampilkan di sana.

Seakan tak mau kalah dengan siswa SMA/K yang telah menampilkan berbagai teknologi dan produk kerennya, para mahasiswa juga ikut memamerkan karya inovasi mereka. Macam becak listrik dan teknologi farmasi dari Universitas Ahmad Dahlan, mobil listrik karya Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, virtual reality karya Universitas Muhammadiyah Malang, dan berbagai karya menarik lainnya.

Menjajal metaverse bersama Universitas Muhammadiyah Malang

Tidak hanya sekadar memamerkan saja, baik siswa maupun mahasiswa yang berada di standnya mereka juga menjelaskan dan memeragakan cara kerja dari alat yang mereka buat. Hal ini membuat para pengunjung merasa tertarik untuk mencobanya.

Yang paling menarik perhatian, salah satunya adalah penggunaan virtual reality. Para pengunjung yang mencobanya berkesempatan menjajal metaverse, yang mana dulunya sempat menjadi bahan perbincangan. Jadi, seolah – olah memasuki dunia yang lain daripada biasanya dan tentu saja sangat seru menjajal teknologi seperti ini.

Berbagai kesan positif ditampakkan, salah satunya Ammar, siswa kelas XII SMA Muhammadiyah Sidoarjo. Awalnya, ia cukup terkejut melihat karya yang ditampilkan oleh sekolah – sekolah di MITE ini.

“Syok, karena sekolah – sekolah di sini (MITE) mengeluarkan produk – produk yang keren,” ujar Ammar yang menambahkan jika pameran ini bisa menjadi ajang untuk menunjukkan potensi dari siswa dalam hal teknologi.

Dari pihak mahasiswa, MITE menjadi kegiatan yang sangat bagus untuk menjalin silaturrahim antar kampus selain menunjukkan karya – karya mereka.

“Tiap kampus menampilkan karya yang luar biasa. Kami juga bisa saling kenal antar kampus di kegiatan ini,” kesan Andhika dari Farmasi Universitas Ahmad Dahlan.

Tanggapan positif juga keluar dari guru, yang menilai MITE ini menunjukkan betapa banyaknya hal yang bisa dieksplor di Muhammadiyah.

“Kegiatan ini luar biasa. Kita jadi tahu bahwa di Muhammadiyah ada banyak hal yang bisa dieksplor,” kata Arifin, Guru Matematika SMA Trensains Muhammadiyah Sragen.

Tentu sangat menyenangkan berkeliling melihat berbagai karya teknologi yang inovatif dari sekolah dan perguruan tinggi Muhammadiyah. MITE ini bisa menunjukkan potensi besar persyarikatan dalam hal inovasi, bisnis, dan teknologi. Akan sangat seru bila karya – karya tersebut bisa dikembangkan lebih lanjut dan bisa bermanfaat di masa depan.

Bagi pengunjung yang penasaran ingin menjajal berbagai teknologi keren dari pelajar dan mahasiswa Muhammadiyah, bisa langsung datang ke MITE. Selain itu, tempatnya sangat klasik dengan adanya peninggalan mesin pabrik tua, sangat cocok untuk para pengunjung yang ingin berfoto dengan suasana estetik layaknya tinggal di kota lama. (*)

Wartawan: Dzikril Firmansyah

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here