News

News

MediaMU.COM

May 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Haedar Nashir: Muhammadiyah Ada Karena Panggilan Ilahi, Tak Akan Lelah Bangun Peradaban Timur Tengah Memanas, Dubes RI untuk Lebanon Soroti Dampak Bagi Stabilitas Global MTT PWM DIY Gelar Pelatihan Penentuan Arah Kiblat Metode Rashdul Qiblat Resmi Dikukuhkan, Dua Guru Besar UMY Teliti Anomali Psikologis Pelajar Revisi UU Penyiaran Mengkhawatirkan, Ilmu Komunikasi UMY Serukan Penghentian Perkuat Kolaborasi Internasional, UMY Teken MoU Dengan Provinsi Tawi-Tawi, Filipina Dosen UMY Raih Penghargaan Terbaik 1 Bidang Kesehatan dalam Anugerah Academic Leader 2024 Tasyakur Milad 107 ‘Aisyiyah, PWM DIY Harap ‘Aisyiyah Punya TK ABA Unggulan Ratusan Kader ‘Aisyiyah DIY Hadiri Tasyakur Milad ke-107: Refleksi Perjalanan Panjang ‘Aisyiyah Ridwan Furqoni Dukung Dakwah Inklusi ‘Aisyiyah untuk Jangkau Semua Kalangan Rachmawati Husein: Dakwah Kemanusiaan ‘Aisyiyah adalah Upaya Mengentaskan Keyatiman Dosen Ilmu Pemerintahan UMY: Muhammadiyah Dibutuhkan Dalam Penanganan Isu Kemanusiaan Sah! Inilah Susunan Personel DPP IMM Periode 2024-2026 Soroti Fenomena Feminisida, Tri Hastuti: 'Aisyiyah Dorong Relasi Sosial Tanpa Kekerasan UMY Kembali Gelar Kampanye Kesehatan Mental “Stop Bullying dan Kekerasan Seksual” Kolaborasi Lazismu, MPKU, dan USAID Sediakan Rumah Singgah bagi Ibu Hamil Pesan Haedar Nashir di Hari Kebangkitan Nasional: Momentum Menegakkan Kedaulatan Indonesia Tidak Biasa! Milad 107 Aisyiyah Diperingati dengan Berlari Bareng Sejauh 10,7 Km Kenal Dekat dengan PRM UGM: PRM Berbasis PTN yang Pertama di Yogya Inilah Pentingnya Keberadaan Ranting untuk Dakwah Muhammadiyah

5000 Jamaah Hadiri Syawalan Muhammadiyah Sleman

SLEMAN - Keluarga Besar Muhammadiyah Kabupaten Sleman memadati Masjid Agung Dr. Wahidin Sudirohusodo, Jl. Parasamya, Tridadi, Sleman untuk hadir di Silaturrahmi Syawal 1445 H, Rabu (1/5).

Total, sekitar 5000 warga Muhammadiyah se-Sleman hadir dan sampai memenuhi Masjid dr. Wahidin dan meluber sampai di luar serambi.

H. Harjaka S.Ag., S.Pd., M.A., Ketua PDM Sleman, turut mengucapkan selamat Idulfitri kepada seluruh tamu undangan dan jamaah yang hadirm.

"Taqaballahu minna wa minkum kepada segenap hadirin dan warga Muhammadiyah serta Pemerintah dan masyarakat Sleman. Saya juga menyampaikan bahwa RS PKU Muhammadiyah Sleman telah beroperasi penuh selama 24 jam," kata Harjaka.

Ia juga mengajak semuanya untuk menggali filsafat dari Sunan Kalijaga, yaitu Urip Iku Arep, Urip Iku Urup, dan Urip Iku Padang

Makna dari Urip Iku Arep adalah manusia hidup di dunia harus memiliki kemauan (tujuan hidup) atau memiliki visi misi yakni memikirkan kebahagiaan dunia dan memikirkan akhiratnya melalui ibadah.

Urip Iku Urup, bermakna hidup itu harus saling tolong-menolong, saling bantu-membantu, serta saling menerima dan memberi maaf kepada diantara sesama manusia. Urup ini artinya padang (terang) dalam Bahasa Jawa, yakni menjadi cahaya yang mampu menyinari orang lain.

Urip Iku Urap, dalam artian orang hidup itu pasti menghadapi berbagai macam perbedaan sifat pemikiran, sehingga harus bisa menerima segala perbedaan tersebut dengan baik dan bisa mengajak kebaikan kepada sesama.

Kemudian, Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof. Dr. H. Abdul Mu'ti, M.Ed. memberikan tausiyah yang menekankan silaturahmi aktualisasi ajaran Islam.

"Momentun Syawal Idulfitri seyogyanya umat Islam aktif memperkuat hubungan sosial mereka dengan sesama dan juga dimensi spiritual di dalamnya," kata Mu'ti. 

Pada Syawalan ini, juga diadakan pelepasan calon jamaah haji Muhammadiyah dan 'Aisyiyah Sleman yang berjumlah 243 orang oleh Bupati Sleman Dra. Hj. Kustini Sri Purnomo.

"Selamat idul Fitri 1 Syawal 1445 H, selamat bagi para 243 calon jama’ah Haji Muhammadiyah dan Aisyiyah yang ikut dalam bimbingan KBIHU Asiyiyah Sleman yang akan berangkat tahun ini semoga menjadi haji yang mabrur," ucap Bupati.

Bupati Sleman itu juga menyebutkan kalau Muhammadiyah adalah mitra penting pemerintah Sleman untuk membantu program-program penting di berbagai bidang.

"Betapa Muhammadiyah sebagai mitra penting pemerintah Sleman dalam membantu pendidikan kesehatan, kesejahteraan, dan ekonomi," lanjut Kustini. 

Syawalan ini dihadiri Wakil Ketua PWM DIY Dr. Yayan Suryana beserta Jajaran, Anggota DPD RI terpilih Ir. H. ahmad Syauqi Soeratno M.M, PD Aisyiyah Sleman, PDPM, PDNA, KOKAM dan segenap Ortom, Cabang Ranting, serta Direktur RS PKU Muhammadiyah Gamping dr. H. Ahmad Faesol, Sp.Rad., M.Kes., MMR., dan Direktur PKU Sleman dr. H.M. Ariffudin S.Pot. (*) 

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here