News

News

MediaMU.COM

Jul 17, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
PCM Kalasan Jadikan Tahun Baru Hijriah Sebagai Momen Refleksi dan Penguatan Dakwah Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: Jika Otak Pintar dan Akhlak Baik Disatukan, Indonesia akan Maju Arif Jamali Muis: Center of Excellent Muhammadiyah Dimulai dari Gunungkidul Prihatin Kondisi Pengelolaan Sampah Ternate, Pemuda Lintas Iman Susun Rekomendasi untuk Pemerintah Ternate Guru Besar UAD Bicarakan Tantangan Kosmetik Halal di International Pharmacy Summer School UMY Ketua PPNI Bireuen Apresiasi Atas Berhasilnya Ummah Raih Akreditasi Baik Sekali  Dorong Peningkatan Ekonomi Umat, Lazismu Pusat Dan PWM Aceh Kerjasama Dengan Bank Danamon Syariah  Selamat Jalan Bu Ahang, Kami Semua Ikhlas PWA DIY Gelar EMKAES TOP, Upayakan Bersama Kebahagian Lansia Ibu Nahar Miladi Dimakamkan, Satu Lokasi dengan Mantan Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir Sampaikan Duka Cita atas Wafatnya Nahar Miladi Mahasiswa UMY Kembangkan Ekstrak Kulit Pohon Bangkal untuk Obati Kanker Payudara Anak Muda Mengaji: Inovasi AMM Depok dalam Kegiatan Mengaji untuk Gen-Z KABAR DUKA: Istri Sekretaris PWM DIY Meninggal Dunia  Gelar Pelatihan Jurnalistik, MPI DIY Siapkan Aktivis Media Muhammadiyah di Daerah dan Cabang Rayakan Milad ke-22 Tahun, Lazismu Siap Berkontribusi Pada Pembangunan Berkelanjutan Penuhi Undangan Dialog Yayasan Kristen, Haedar Nashir Bicara Gagasan Moderasi Beragama Agung Danarto: Muhammadiyah Butuh Kader Berkualitas Untuk Umat, Bangsa, dan Manusia Dalam Apel Akbar Nasional Kokam, Haedar Nashir Tegaskan Kiprah Muhammadiyah untuk Bangsa Upayakan Penanganan Bullying di Kalangan Pelajar, PP IPM Gelar Sekolah Adil Gender

Senior Muhammadiyah Sleman Tetap Berdaya dan Mandiri

SLEMAN - Dalam suasana Milad ke-111 tahun Muhammadiyah, Majelis Pembinaan Kesejahteraan Sosial (MPKS) Pimpinan Daerah Muhammadiyah Sleman melakukan kunjungan ke Griya Lansia Riyadul Jannah Tempel pada Sabtu (4 Jumadil Awwal 1445 H bertepatan 18 November 2023).

Kunjungan ini menjadi bagian dari program Senior Care dan memang telah menjadi agenda kegiatan dari MPKS PDM Sleman. Terlebih MPKS sebagai majelis yang membidangi kegiatan-kegiatan para senior atau lansia perlu mengetahui sejauh mana kegiatan pemberdayaan kepada kaum yang sudah dianggap sepuh ini.

Ketua MPKS PDM Sleman Wahyu Purhantara, M.M. menyampaikan bahwa lansia dengan senior itu berbeda jauh, kalau lansia itu, segalanya tidak mandiri, penginnya dilayani oleh putra dan cucunya.

Namun senior dalam pandangan Muhammadiyah adalah sosok manusia yang masih punya potensi, masih berdaya, tetap mandiri dalam segala hal. Bahkan dari sisi ekonomi pun, seorang senior Muhammadiyah tetap bisa menghasilkan profit.

"Proses menjadi senior juga hendaknya jangan dipandang sebagai sesuatu yang buruk, meskipun segala sesuatu secara manusiawi perlu disiapkan. Orang tua yang memiliki pengalaman hidup hendaknya difungsikan sebagai guru atau penasehat dalam banyak hal," kata Wahyu.

Oleh karenanya, Muhammadiyah mengangkat derajat kaum yang telah sepuh menjadi sosok manusia yang tetap berkarakter dan mandiri, sehingga diberi gelar “senior”. Bukan lagi tua, lansia, apalagi manula.

Terkait dengan pemberdayaan, MPKS nantinya akan bekerja sama dengan majelis lain di PDM Sleman, seperti Majelis Pemberdayaan Masyarakat, Lazismu, Lembaga Dakwah Komunitas, dan lain-lain.

"Ke depan, MPKS PDM Sleman akan bekerjasama dengan PCM-PCM di lingkungan Kabupaten Sleman untuk mendirikan Lembaga Kesejahteraan Sosial Muhammadiyah Senior Care," jelas pria yang akrab disapa Gus Poer itu.

Di lembaga ini para senior akan diberdayakan sesuai kemauan, kemampuan, minat dan bakatnya. Sehingga hal ini menjadi ladang amal dan pintu surga bagi putra-putrinya untuk memotivasi orang tuanya.

Bila ada PCM yang memiliki potensi SDM, pendanaan, sarana prasarana bisa mendirikan LKS Senior Muhammadiyah, dan harus legal dengan didaftarkan di Dinas Sosial Kabupaten Sleman.

Wahyu yang juga aktivis di Lembaga Koordinator Kesejahteraan Sosial (LKKS) Kabupaten Sleman menyampaikan terima kasih kepada PCM – PCA Tempel, Lazismu PDM Sleman yang telah memberikan paket sembako kepada anggota Griya Lansia Riyadul Jannah. Pada kesempatan ini, anggota MPKS, Ust. Ahmad Suparlan, S.Ag memberikan tausyiah.

Salah satu anggota PCA Tempel, Ervin Iswandayani menyebutkan jika para lansia yang hadir dengan bersemangat menyanyikan lagu mars lansia dipimpin Hj. Sri Arumi , S.Pd dan dilanjutkan periksa Kesehatan, senam lansia, tadarus Al Qur’an, dan diakhiri sholat Dzuhur berjamaah dan penerimaan tali asih dari MPKS dan Lazismu PDM Sleman. (*)

Berita ini diterima Mediamu dari MPI PDM Sleman

Wartawan: Dzikril Firmansyah

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here