News

News

MediaMU.COM

May 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Haedar Nashir: Muhammadiyah Ada Karena Panggilan Ilahi, Tak Akan Lelah Bangun Peradaban Timur Tengah Memanas, Dubes RI untuk Lebanon Soroti Dampak Bagi Stabilitas Global MTT PWM DIY Gelar Pelatihan Penentuan Arah Kiblat Metode Rashdul Qiblat Resmi Dikukuhkan, Dua Guru Besar UMY Teliti Anomali Psikologis Pelajar Revisi UU Penyiaran Mengkhawatirkan, Ilmu Komunikasi UMY Serukan Penghentian Perkuat Kolaborasi Internasional, UMY Teken MoU Dengan Provinsi Tawi-Tawi, Filipina Dosen UMY Raih Penghargaan Terbaik 1 Bidang Kesehatan dalam Anugerah Academic Leader 2024 Tasyakur Milad 107 ‘Aisyiyah, PWM DIY Harap ‘Aisyiyah Punya TK ABA Unggulan Ratusan Kader ‘Aisyiyah DIY Hadiri Tasyakur Milad ke-107: Refleksi Perjalanan Panjang ‘Aisyiyah Ridwan Furqoni Dukung Dakwah Inklusi ‘Aisyiyah untuk Jangkau Semua Kalangan Rachmawati Husein: Dakwah Kemanusiaan ‘Aisyiyah adalah Upaya Mengentaskan Keyatiman Dosen Ilmu Pemerintahan UMY: Muhammadiyah Dibutuhkan Dalam Penanganan Isu Kemanusiaan Sah! Inilah Susunan Personel DPP IMM Periode 2024-2026 Soroti Fenomena Feminisida, Tri Hastuti: 'Aisyiyah Dorong Relasi Sosial Tanpa Kekerasan UMY Kembali Gelar Kampanye Kesehatan Mental “Stop Bullying dan Kekerasan Seksual” Kolaborasi Lazismu, MPKU, dan USAID Sediakan Rumah Singgah bagi Ibu Hamil Pesan Haedar Nashir di Hari Kebangkitan Nasional: Momentum Menegakkan Kedaulatan Indonesia Tidak Biasa! Milad 107 Aisyiyah Diperingati dengan Berlari Bareng Sejauh 10,7 Km Kenal Dekat dengan PRM UGM: PRM Berbasis PTN yang Pertama di Yogya Inilah Pentingnya Keberadaan Ranting untuk Dakwah Muhammadiyah

Saat Ariswan Jelaskan Keberkahan Ramadhan dan Perjalanan Spiritual Melalui Muhammadiyah

Prof. Ariswan, M.Si., DEA. Foto: Dok. Universitas Negeri Yogyakarta

YOGYA - Dalam suatu renungan mendalam, ditemukan bahwa kebahagiaan dan kesejahteraan hidup, baik di dunia maupun di akhirat, sangat ditentukan oleh perilaku dan pengabdian kita di dunia ini. 

"Maka, kita harus berupaya untuk bisa melakukan tiga hal. Yaitu, dengan menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya, serta senantiasa bersyukur atas nikmat-Nya, kita mempersiapkan diri untuk kehidupan yang lebih baik," jelas Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DI Yogyakarta, Prof. Dr. Ariswan, M.Si., DEA. saat memberikan kultum jelang buka puasa bersama PWM DIY, Sabtu (30/3). 

Menurutnya, bulan suci Ramadhan menjadi momen istimewa dalam kehidupan umat Islam. Mengapa? Karena selain berpuasa sebagai amalan batin, Ramadhan memberikan kesempatan untuk mendekatkan diri pada Allah SWT melalui ibadah yang lebih intens.

Dalam surat, As-Syam ayat 9, dijelaskan bahwa puasa adalah amalan batin dalam pembelajaran rohani. Pembelajaran dalam menyucikan jiwa dan sngguh beruntung orang yang menyucikan jiwa. 

Kemudian, di bulan ini pula, umat muslim bisa melakukan 4 rukun Islam dari 5 rukun Islam, yang maknanya kedekatan hamba dengan Allah SWT itu sangat dekat.

"Di sinilah munculnya energi kinetik rohani dimana sifat- sifat malaikatiyah lebih dominan dalam diri kita dibandingkan sifat- sifat syaitoniyah. Maka banyak- banyak berdoa, insya Allah bulan Ramadhan menjadi bulan solusi dalam kehidupan kita," tutur Prof. Ariswan.

Ketiga, bulan Ramadhan juga dikenal bulan diturunkannya Al- Quran sebagai petunjuk bagi orang- orang bertakwa bahkan petunjuk bagi seluruh manusia. Al-Quran sebagai kebenaran mutlak dimana kebenarannya tidak bergantung pada ruang dan waktu.

Maka, sebagai keberuntungan yang selain di atas, bagi orang yang telah menjadikan Persyarikatan Muhammadiyah sebagai jalan dakwah dalam mengabdikan diri kepada Allah SWT. "Keberuntungan inilah yang akan dan telah mengantarkan kita menjadi orang- orang yang beruntung. Melalui Muhammadiyah kita akan mampu meraih puncak prestasi kehidupan kita sesuai dengan maqom kita masing- masing," ujarnya.

"Kita tidak pernah putus asa dan kita kita pernah bersedih hati (yang berkelanjutan). Karena kita adalah orang- orang yang paling tinggi derajadnya karena dengan bermuhammadiyah kita benar- benar orang- orang beriman," jelas Guru Besar Universitas Negeri Yogyakarta itu. 

Oleh karena itu, dengan menekuni dakwah Islam melalui Persyarikatan Muhammadiyah, maka yang berada di dalamnya seperti berjalan melalui jalan menuju puncak prestasi masing- masing dalam kehidupan ini, baik di dunia maupun di akhirat kelak. (*) 

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here