News

News

MediaMU.COM

Apr 18, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Agus Taufiqurrahman: RS Muhammadiyah Berazaskan Kasih Sayang, Berpihak Pada Dhuafa Jamu PP Aisyiyah, Haedar Nashir Berpesan Untuk Dekatkan Dakwah dengan Masyarakat Lazismu bersama MPM PP Muhammadiyah Salurkan 1000 Paket Zakat Fitrah dan Fidyah Abdul Mu'ti: Jadikan Idulfitri Momentum Rekonsiliasi Sosial Ketua PP Muhammadiyah Prihatin Korupsi Subur di Tengah Masyakarat yang Religius Haedar Nashir: Puasa Momentum Seimbangkan Hidup dengan Sikap 'Tengahan' Warga Muhammadiyah Lokshumawe Shalat Id Serentak di Halaman Masjid At-Taqwa Taawun Sosial Ramadan PWA DIY: Berbagi Berkah dan Pesan Kebajikan Muhammadiyah DIY Siapkan 718 Lokasi Sholat Idulfitri 1445 H, Ini Daftarnya Layani Para Pemudik, RS PKU Muhammadiyah Bantul Sediakan 3 Posko Kesehatan PDPM Sleman Tebar Kebaikan Ramadhan Bersama Steps2 Allah London di Ponpes Abu Dzar Al Ghifari Gamping Dayah Modern Ihyaaussunnah Kota Lhokseumawe Sukse Gelar Intensive Qur’anic Camp Kunjungi Pos MudikMU Masjid Ahmad Dahlan Pundong, Sekretaris PWM DIY Apresiasi Fasilitas Layanan yang Tersedia MPKU dan Klinik PKU Bambanglipuro Bersinergi dalam Program Muhammadiyah Menyapa Muhammadiyah Umumkan Idul Fitri 1445 H Jatuh Pada Rabu 10 April 2024 Tetap Bertugas di Lebaran, RS PKU Muhammadiyah Yogya Siap Beri Pelayanan Maksimal Saat Ariswan Jelaskan Keberkahan Ramadhan dan Perjalanan Spiritual Melalui Muhammadiyah

Respons Cepat Angin Puting Beliung di Sumedang, MDMC dan Lazismu Turun Tangan

SUMEDANG - Daerah Sumedang, khususnya di Jatinangor dan Rancaekek, mengalami dampak dari angin puting beliung pada hari Rabu (21/2) sekitar pukul 15.30 WIB. Kejadian ini mengakibatkan kerusakan serius di beberapa lokasi, termasuk rumah-rumah penduduk, serta fasilitas umum termasuk masjid Muhammadiyah dan MI Muhammadiyah Citanggulun.

Dalam tanggap cepat terhadap keadaan darurat, tim Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) bersama Lazismu (Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah) Sumedang segera turun ke lokasi untuk memberikan bantuan dan pendampingan kepada para korban.

Menurut saksi mata, angin puting beliung datang secara tiba-tiba di tengah hujan lebat dan menyebabkan kerusakan yang signifikan dalam waktu singkat. Banyak pohon yang tumbang, atap rumah yang terlepas, dan sejumlah bangunan mengalami kerusakan berat akibat peristiwa ini.

"Kami sangat terkejut dengan kekuatan angin tersebut. Rumah kami hancur dalam sekejap mata," ujar salah satu korban, Rizal, yang juga merupakan salah satu relawan Muhammadiyah yang rumahnya terkena dampak angin.

Tim MDMC dan Lazismu bekerja keras untuk memberikan pertolongan pertama kepada para korban, sambil melakukan penilaian cepat terhadap dampak bencana ini, meskipun kondisi di lapangan masih basah karena terus diguyur hujan. Mereka juga menyediakan bantuan darurat seperti makanan dan perlengkapan lainnya untuk membantu korban menghadapi situasi ini.

Pihak berwenang setempat juga telah mengimbau warga sekitar untuk tetap waspada dan tenang menghadapi situasi ini. Proses pemulihan dan evaluasi kerusakan masih berlangsung untuk memastikan bahwa semua korban mendapatkan bantuan yang mereka perlukan.

Saat ini, situasi di lokasi terus dipantau secara ketat oleh tim darurat, sementara upaya penanganan dan pemulihan terus dilakukan. MDMC akan terus memperbarui informasi tentang perkembangan situasi seiring dengan informasi yang diterima.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here