News

News

MediaMU.COM

Jun 14, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Eco Bhinneka Muhammadiyah dan Majelis Sinode GPIB Perkuat Kerjasama Lestarikan Lingkungan GreenFaith x Eco Bhinneka Muhammadiyah Belajar Merawat Bumi Melalui Rumah Ibadah Saat Parkiran Basement PDM Jogja Disulap IPM DIY Jadi Tempat Nobar Timnas, Bawa Kemenangan untuk Garuda Pemilu Sukses, IMM DIY Dukung KPU DIY untuk Pilkada PCIM Tiongkok Bersama Anwar Abbas Kunjungi CIA, Jalin Silaturahmi dan Kerja Sama Gol Mahasiswa Muhammadiyah Antarkan Timnas Indonesia Menuju Piala Dunia 2026 Inovatif! Dosen UMY Kembangkan Rekayasa Teknologi untuk Olahraga Lempar Pisau Muhammadiyah Yakin Timnas Indonesia Bisa Lolos ke Piala Dunia 2026 Ibu-Ibu 'Aisyiyah Mergangsan Belajar Olah Mocaf Jadi Cemilan Sehat Bersama Faperta UMY MPM Pusat Inisiasi Kampung Nelayan Berkemajuan, Fokus Peningkatan Kualitas Hidup Keluarga Nelayan Perpustakaan UMY Raih Juara Instagram Terbaik di FPPTMA AWARDS 2024 PCA Ngampilan Semarakkan Milad ‘Aisyiyah ke-107 Dengan Rangkaian Syiar Dakwah Resmi Diumumkan, Siswa-siswi Kelas IX SMP Muhdasa Yogya Lulus 100% Dari Bazaar hingga Posbakum, PWA Aceh Sukses Gelar Milad ‘Aisyiyah ke-107 Lazismu UMY Raih Sertifikat ISO, Perdana Untuk Kantor Layanan Lazismu Ingat Dosa-dosa ke Lingkungan Hidup, DPP IMM Laksanakan Gerakan Nasional Menanam Pohon Ogah Mengurus Tambang! IMM Pilih Kelola Bank Sampah IBTimes.id Rayakan Milad ke-5: Merayakan Moderasi Beragama Jelang Iduladha, JagalMu Sleman Latih 30 Juru Sembelih Teknik Qurban Halal PWPM DIY Sambangi Pemuda Muhammadiyah Sleman, Ada Apa? 

Pertama di DIY, LazisMu UMY dan RS AMC Muhammadiyah Fasilitasi Khitan Laser Gratis   

YOGYA - Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sadaqah Muhammadiyah (LazisMu) Universitas Muhammadiyah Yoghkarta (UMY) bersama dengan RS AMC Muhammadiyah menggelar khitan laser gratis kepada 50 anak kurang mampu yang berdomisili di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Kegiatan ini berlangsung di Aula Lantai 4 RS AMC Muhammadiyah pagi ini Sabtu (23/12). 

Diketahui, khitan gratis yang dilaksanakan oleh Lazismu UMY ini adalah khitan gratis yang kedua kali. Namun, khitan gratis sebelumnya masih menggunakan metode manual, sehingga khitan dengan menggunakan metode laser ini adalah khitan gratis pertama yang dilakukan oleh Lazismu UMY. Khitan metode laser secara gratis ini juga menjadi yang pertama kalinya dilakukan di DIY

drg. Betha Candra Sari selaku Direktur Utama RS AMC Muhammadiyah pun mengungkapkan bahwa kegiatan khitan laser gratis ini merupakan yang pertama kali di DIY, karena biasanya khitan gratis menggunakan metode manual seperti yang umumnya ditemui.  

“Hari ini kami mendedikasikan khitan gratis dengan metode laser. Dan ini belum pernah ada yang melakukannya. Biaya laser itu lumayan, tidak ada yang di bawah 1,5 juta,” tandasnya.  

Iapun menjelaskan bahwa salah satu keunggulan dari penggunaan laser adalah minimnya pendarahan, sehingga proses penyembuhan menjadi lebih cepat. Namun, ia tetap meminta agar orang tua tetap memantau anaknya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti infeksi sekunder.  

“Kami akan memantau proses penyembuhan lukanya meskipun pendarahannya sedikit. Proses menjahit akan dilakukan, jadi mohon perhatikan tingkat kebersihannya untuk menghindari infeksi sekunder,” imbuhnya.

Lebih lanjut pihaknya  akan menyediakan tindakan lanjutan apabila terjadi hal-hal yang tidak biasa selama proses penyembuhan khitan. 

“Kami menyediakan nomor yang dapat dihubungi untuk memberikan panduan tentang tindakan yang harus diambil,” tuturnya. 

Ahmad Syauqi Soeratno, Komisaris RS AMC Muhammadiyah yang juga hadir membuka acara secara resmi mengatakan bahwa teknik khitan menggunakan laser ini dapat memudahkan dalam proses penyembuhan pasca khitan, yang dibutuhkan hanyalah keberanian. Ia pun menyambut baik diselenggarakannya kegiatan ini dan berharap anak-anak yang dikhitan menjadi anak yang sholeh, cerdas, bijaksana dan berani.  

“Selamat datang di RS AMC, RS milik kita bersama. RS ini milik Persyarikatan Muhammadiyah. Terima Kasih kepada Lazismu, dan PT AUH yang telah memfasilitasi peralatan yang dibutuhkan. Kita sedang menciptakan sejarah kebaikan, karena dengannya, misi kita untuk memberikan kontribusi positif bagi kehidupan di dunia ini dapat terlaksana dengan baik. Semoga para adik yang akan menjalani sunat mendapatkan hikmah, menjadi anak yang sholeh, pemimpin yang bertaqwa, cerdas, bijaksana dan berani," pungkasnya.

Berita ini diterima mediamu.com dari rilisan pers Badan Humas dan Protokoler UMY
Wartawan: Fatan Asshidqi

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here