News

News

MediaMU.COM

Apr 28, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Atasi Perubahan Iklim, MLH PP Muhammadiyah Tanam 1000 Pohon Mangrove Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Korsel di Piala Asia, PP Muhammadiyah Beri Apresiasi Menang Lewat Adu Penalti lawan Korsel, Indonesia Satu Kaki Menuju Olimpiade 2024 Babak I Perempat Final Piala Asia U-23: Indonesia Unggul 2-1 atas Korea Selatan Inilah Doa untuk Mengharap Kemenangan Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar Anwar Abbas Harap Muhammadiyah-NU Bersatu Hadapi Peralihan Peradaban Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Minta Semua Pihak Hormati Putusan MK Inilah Makna Syawalan Bagi Cabang Ranting dan Masjid Berkemajuan Sukses di DPD RI, PWM DIY Siapkan Kader-kader Terbaiknya di Pilkada Serentak 300 Warga Muhammadiyah Ngaglik Hadiri Syawalan, Siap Bangun SMP Muhammadiyah yang Pertama Timnas U-23 Menang Lawan Australia Berkat Mahasiswa Muhammadiyah, Inilah Komentar Syauqi Soeratno Dukung Timnas U-23 di Piala Asia, PP Muhammadiyah Gelar Nonton Bareng Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah

Perkokoh Dakwah Dan Ideologi Muhammadiyah di Luar Negeri, PCIM Australia Gelar Baitul Arqam

SYDNEY - Untuk memperkuat dakwah dan menegakkan ideologi keislaman dan kepemimpinan, Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Australia menyelenggarakan Baitul Arqam (BA) dari tanggal 29 Desember 2023 hingga 1 Januari 2024 di Kent Lodge, Crosslands and Convention Centre, Galston, Sydney, New South Wales.

Sama seperti tahun sebelumnya, PCIM Australia kembali mempercayakan Pimpinan Ranting Istimewa Muhammadiyah (PRIM) New South Wales sebagai panitia pelaksana BA. Acara ini melibatkan instruktur resmi dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Hamim Jufri, Ketua PCIM Australia, menyatakan bahwa kader dan simpatisan Muhammadiyah di Australia perlu didorong untuk meningkatkan semangat beramal melalui Muhammadiyah. Menurutnya, Muhammadiyah harus lebih "outward looking" atau menatap ke luar dan memperkenalkan Muhammadiyah kepada berbagai lembaga sosial dan keagamaan di Australia.

Hamim menekankan bahwa Muhammadiyah tidak boleh hanya berkegiatan di internal organisasi, tetapi harus meluas ke masyarakat serta berdampak.

“Tidak cukup bila Muhammadiyah hanya berkegiatan di internal organisasi. Namun, harus ada kegiatan yang berdampak luas bagi komunitas dan masyarakat pada umumnya”, kata Hamim dilansir dari muhammadiyah.or.id.

BA ini merupakan upaya PCIM Australia untuk membangkitkan semangat dan komitmen bermuhammadiyah dalam menyebarkan dakwah Islam amar ma’ruf dan nahi munkar di tengah masyarakat multi-etnis dan multiagama di Australia.

Izza Rahman, Ketua PRIM NSW, menjelaskan bahwa kegiatan BA ini sejalan dengan semangat internasionalisasi Muhammadiyah yang telah dirumuskan pada Mukhtar tahun 2000 dan 2015. Internasionalisasi dalam konteks ini merujuk pada penyebarluasan paham keagamaan dan keislaman Muhammadiyah kepada kader dan mereka yang berkhidmat untuk berdakwah melalui Muhammadiyah di Australia.

BA ini dihadiri oleh 40 peserta, termasuk anggota Muhammadiyah dewasa dan anak-anak yang diharapkan menjadi kader penerus Muhammadiyah. Seluruh rangkaian acara BA dikelola oleh Majelis Pembina Kader dan Sumber Daya Insani (MPKSDI) PP Muhammadiyah. Instruktur yang diutus melibatkan Bachtiar Dwi Kuriawan, Azaki Khoirudin, dan Muthoharun Jinan (sekaligus Imam Training), dengan Yayah Khisbiyah, Sekretaris LHKI PP Muhammadiyah, sebagai salah satu narasumber.

Sebagai awal kegiatan, pada malam hari hari pertama, panitia akan menayangkan film dokumenter Muhammadiyah. Pembukaan resmi BA dijadwalkan dilaksanakan pada hari Sabtu, 30 Desember 2024, pukul 08.00 pagi, dengan rencana kehadiran perwakilan Konsul Jenderal RI dan Australian National Imams Council (ANIC) Australia.

Wartawan: Fatan Asshidqi

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here