News

News

MediaMU.COM

May 9, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Mahasiswa UAD Tuntut Palestina Merdeka, Presiden BEM UAD: Negara Arab Jangan Cuma Peduli Minyak Saja! Ikut Aksi Bela Palestina, Rektor UAD: Anak Kecil Juga Pedih dengan Penderitaan Palestina Serukan Dukungan Palestina Merdeka, Dosen UAD: Pro Israel Hukumnya Haram Mughallazah Aksi Bela Palestina Menggema di Seluruh Kampus Muhammadiyah dan Aisyiyah Nasyiatul Aisyiyah gelar ToT Fasilitator Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak untuk Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat 1000 Cahaya: Muhammadiyah Gerakkan Ranting Hingga Sekolah untuk Cegah Krisis Iklim Keluarga Alumni UAD Hadiri Syawalan: Taburkan Maaf, Sucikan Hati, Eratkan Tali Persaudaraan Perguruan Tinggi Muhammadiyah - Aisyiyah Bakal Gelar Aksi Serentak Bela Palestina Perkuat Dakwah, Warga Muhammadiyah Bantul Hadiri Syawalan dan Pelepasan Ratusan Jamaah Haji K.H. Harun Abdi Manaf: Banggalah Menjadi Warga Muhammadiyah dan Pegawai AUM Gelar Syawalan dan Silatnas, IPM Luncurkan Inovasi dan Rencana Masa Depan Menjanjikan Syawalan PCM Kalasan Bahas Diplomasi Makanan Sebagai Upaya Melenturkan Dakwah Berkemajuan Syawalan PCM Gamping, dr. Agus Taufiqurrahman: Dakwah Muhammadiyah Tidak Selesai di Lisan Pentas Dakwah Seni Budaya Meriahkan Syawalan PCM Gamping Dalam Syawalan dan Family Gathering, IMM UGM Bersatu dan Bersilaturahmi Resmi Terpilih Jadi DPD RI, Syauqi Soeratno Siap Bawa Muhammadiyah dan Jogja Lebih Istimewa Sukses Antar Syauqi Soeratno ke DPD RI, PWM DIY Songsong Pilkada 2024 Ahmad Syauqi Soeratno Jadi Senator DIY Terpilih, Relawan Tasyakuran Besar-besaran Kembali Rebut 3 Poin di Liga 3, PSHW UMY Pertahankan Ritme Permainan Timnas U-23 Gagal Kalahkan Irak, Haedar Nashir: Masih Ada Asa

Pengajian Sabtu Pagi PWM DIY: Kedepankan Kebaikan untuk Orang Lain

YOGYA – Setiap umat Islam harus berbuat baik untuk orang lain agar bisa mendapatkan kebahagiaan di akhirat dan ridho dari Allah SWT.

Hal ini disampaikan Ketua Majelis Tabligh PWM DIY, Miftahulhaq, S.H.I., M.S.I., dalam Pengajian Sabtu Pagi (4 Muharram 1445 H bertepatan 22 Juli 2023), di Aula Gedung Muhammadiyah DIY, Yogyakarta.

Miftahulhaq menekankan pentingnya menumbuhkan sikap al itsar, yaitu mengedepankan kebaikan untuk orang lain daripada diri sendiri. Hal itu demi mendapatkan kebahagiaan akhirat.

Al itsar bahasa umumnya adalah alturisme. Artinya kurang lebih sama, yaitu mengedepankan kepentingan orang lain daripada diri sendiri.

“Sikap alturisme atau al itsar ini harus dimiliki setiap muslim, termasuk warga Muhammadiyah yang diartikan sebagai semangat filantropi atau kedermawanan,” kata Miftahulhaq.

Akan tetapi, lanjutnya, yang terpenting dari sikap alturisme ini, harus berdasar pada dua (2) spirit, sebagaimana terkandung dalam surat Al Insan ayat 7-10.

Spirit pertama adalah semata-mata ingin mendapatkan kebahagiaan di akhirat. Kesadaran akan datangnya hari kiamat harus mendorong kita untuk berbuat baik agar menjadi pribadi yang baik.

Kedua, tidak boleh berharap mendapatkan balasan, termasuk ucapan terima kasih dari orang lain. Jadi, semata-mata ingin mendapatkan ridho dari Allah SWT.

Miftahulhaq menjelaskan, semangat alturisme dengan metode, situasi, dan kondisi apapun tidak boleh mempengaruhi orientasi kita dalam berbuat baik.

Dalam surat Al Baqarah ayat 274, manusia diperintahkan Allah untuk berinfaq di waktu malam dan siang, baik secara terang-terangan maupun sembunyi-sembunyi. Dasarnya adalah orientasi kepada akhirat dan betul-betul hanya mengharapkan ridho Allah.

Di Muhammadiyah, tradisi alturisme atau al itsar atau filantropi sudah menyatu seiring berkembangnya Muhammadiyah itu sendiri.

Seiring berjalannya waktu, tradisi ini terus berkembang menyesuaikan kemajuan teknologi masa sekarang, melalui metode QRIS, transfer bank, dan pembayaran elektronik lainnya.

“Silakan menggunakan teknologi dan aplikasi untuk berbagi. Namun kembali lagi, orientasinya harus karena takut akan hari akhir dan ingin mengharapkan ridho Allah,” tandasnya. (*)


Wartawan: Dzikril Firmansyah

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here