News

News

MediaMU.COM

Jul 17, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
PCM Kalasan Jadikan Tahun Baru Hijriah Sebagai Momen Refleksi dan Penguatan Dakwah Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: Jika Otak Pintar dan Akhlak Baik Disatukan, Indonesia akan Maju Arif Jamali Muis: Center of Excellent Muhammadiyah Dimulai dari Gunungkidul Prihatin Kondisi Pengelolaan Sampah Ternate, Pemuda Lintas Iman Susun Rekomendasi untuk Pemerintah Ternate Guru Besar UAD Bicarakan Tantangan Kosmetik Halal di International Pharmacy Summer School UMY Ketua PPNI Bireuen Apresiasi Atas Berhasilnya Ummah Raih Akreditasi Baik Sekali  Dorong Peningkatan Ekonomi Umat, Lazismu Pusat Dan PWM Aceh Kerjasama Dengan Bank Danamon Syariah  Selamat Jalan Bu Ahang, Kami Semua Ikhlas PWA DIY Gelar EMKAES TOP, Upayakan Bersama Kebahagian Lansia Ibu Nahar Miladi Dimakamkan, Satu Lokasi dengan Mantan Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir Sampaikan Duka Cita atas Wafatnya Nahar Miladi Mahasiswa UMY Kembangkan Ekstrak Kulit Pohon Bangkal untuk Obati Kanker Payudara Anak Muda Mengaji: Inovasi AMM Depok dalam Kegiatan Mengaji untuk Gen-Z KABAR DUKA: Istri Sekretaris PWM DIY Meninggal Dunia  Gelar Pelatihan Jurnalistik, MPI DIY Siapkan Aktivis Media Muhammadiyah di Daerah dan Cabang Rayakan Milad ke-22 Tahun, Lazismu Siap Berkontribusi Pada Pembangunan Berkelanjutan Penuhi Undangan Dialog Yayasan Kristen, Haedar Nashir Bicara Gagasan Moderasi Beragama Agung Danarto: Muhammadiyah Butuh Kader Berkualitas Untuk Umat, Bangsa, dan Manusia Dalam Apel Akbar Nasional Kokam, Haedar Nashir Tegaskan Kiprah Muhammadiyah untuk Bangsa Upayakan Penanganan Bullying di Kalangan Pelajar, PP IPM Gelar Sekolah Adil Gender

Pasca Pergantian Ketua, Busyro Muqoddas Harapkan MK Berbenah

MALANG – Mahkamah Konstitusi (MK) menunjuk Suhartoyo sebagai ketua baru menggantikan Anwar Usman yang dipecat Majelis Kehormatan MK (MKMK) karena pelanggaran etik dan integritas.

Atas penunjukan itu, Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Dr. H. M. Busyro Muqoddas, S.H., M.Hum., mengapresiasi langkah yang diambil MK. Ia juga berharap nantinya hakim MK mampu mengembalikan marwah lembaga.

Sebagai lembaga negara, tutur Busyro, Mahkamah Konstitusi memegang kepercayaan masyarakat untuk menjaga kualitas demokrasi dan peradilan hukum di Indonesia. Ia menuntut adanya evaluasi besar-besaran seiring lunturnya kepercayaan publik karena nepotisme terang-terangan dalam lembaga.  

“Nepotisme itu di era Suharto sudah tampak, tapi kan tidak sekasar ini. Ini kasar banget, lewat MK,” jelasnya pada penutupan Rakernas Majelis Hukum dan HAM (MHH) PP Muhammadiyah di Universitas Muhammadiyah Malang, Ahad (12/11).

Pada kesempatan yang sama, Busyro juga membacakan beberapa poin sikap MHH PP Muhammadiyah hasil rakernas. Sikap majelis ini terkait beberapa hal seperti Proyek Strategis Nasional (PSN), Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, dan ajakan moral majelis kepada masyarakat umum.

Mengenai aspek PSN, MHH mengharapkan komitmen dan upaya serius pemerintah agar pengelolaan sumber daya alam berorientasi pada hak-hak rakyat, kelestarian lingkungan, serta penyelesaian konflik dengan prinsip kemanusiaan, keadilan dan pembangunan yang berkelanjutan.

Untuk aspek pilpres 2024, MHH meminta penyelenggara pemilu, ASN, dan aparat penegak hukum agar menjaga netralitas, integritas dan imparsialitas. Hal itu demi terselenggaranya pemilu 2024 dengan aman, damai, jauh dari konflik dan perpecahan.

Sedangkan dalam ajakan moral, MHH mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mewujudkan cita-cita luhur bangsa Indonesia dengan menghentikan pembentukan peraturan yang tidak adil dan bercirikan kesewenang-wenangan. MHH juga mengajak untuk bersama-sama menghentikan tindakan tidak prosedural dan tidak professional dari aparat penegak hukum.

“Pernyataan ini merupakan refleksi dari bacaan kami semua selama ini. Muhammadiyah sampai sekarang terus mampu mengkonsolidasikan diri secara internal, sehingga tidak mudah tergoda dan digoda dengan penyakit dan virus mematikan demokrasi, yakni pragmatisme serta hedonisme,” tegas Busyro.

Berita ini disadur mediamu.com dari muhammadiyah.or.id dengan artikel berjudul sampaikan harapan baru pada MK, MHH PP Muhammadiyah Ajak Masyarakat Sipil Kawal Kebijakan Publik Dengan Sikap Kritis-Konstruktif

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here