News

News

MediaMU.COM

Jun 14, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Eco Bhinneka Muhammadiyah dan Majelis Sinode GPIB Perkuat Kerjasama Lestarikan Lingkungan GreenFaith x Eco Bhinneka Muhammadiyah Belajar Merawat Bumi Melalui Rumah Ibadah Saat Parkiran Basement PDM Jogja Disulap IPM DIY Jadi Tempat Nobar Timnas, Bawa Kemenangan untuk Garuda Pemilu Sukses, IMM DIY Dukung KPU DIY untuk Pilkada PCIM Tiongkok Bersama Anwar Abbas Kunjungi CIA, Jalin Silaturahmi dan Kerja Sama Gol Mahasiswa Muhammadiyah Antarkan Timnas Indonesia Menuju Piala Dunia 2026 Inovatif! Dosen UMY Kembangkan Rekayasa Teknologi untuk Olahraga Lempar Pisau Muhammadiyah Yakin Timnas Indonesia Bisa Lolos ke Piala Dunia 2026 Ibu-Ibu 'Aisyiyah Mergangsan Belajar Olah Mocaf Jadi Cemilan Sehat Bersama Faperta UMY MPM Pusat Inisiasi Kampung Nelayan Berkemajuan, Fokus Peningkatan Kualitas Hidup Keluarga Nelayan Perpustakaan UMY Raih Juara Instagram Terbaik di FPPTMA AWARDS 2024 PCA Ngampilan Semarakkan Milad ‘Aisyiyah ke-107 Dengan Rangkaian Syiar Dakwah Resmi Diumumkan, Siswa-siswi Kelas IX SMP Muhdasa Yogya Lulus 100% Dari Bazaar hingga Posbakum, PWA Aceh Sukses Gelar Milad ‘Aisyiyah ke-107 Lazismu UMY Raih Sertifikat ISO, Perdana Untuk Kantor Layanan Lazismu Ingat Dosa-dosa ke Lingkungan Hidup, DPP IMM Laksanakan Gerakan Nasional Menanam Pohon Ogah Mengurus Tambang! IMM Pilih Kelola Bank Sampah IBTimes.id Rayakan Milad ke-5: Merayakan Moderasi Beragama Jelang Iduladha, JagalMu Sleman Latih 30 Juru Sembelih Teknik Qurban Halal PWPM DIY Sambangi Pemuda Muhammadiyah Sleman, Ada Apa? 

Muhammadiyah Diwakili Saad Ibrahim Hadir Dalam Konferensi Internasional Persatuan Islam Di Iran

TEHERAN - Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, KH M Saad Ibrahim, menghadiri Konferensi Internasional Persatuan Islam Ke-37 di International Conference Center Teheran, ibukota Republik Islam Iran, pada 1-3 Oktober 2023.

Dalam acara tersebut, Saad Ibrahim menjadi satu-satunya delegasi perwakilan ormas Islam dari Indonesia, didampingi oleh Sekjen Kemenag RI, Nizar, dan Kepala Biro Hukum KLN, Ahmad Bahiej. Kehadiran Muhammadiyah di konferensi ini sesuai dengan amanat Muktamar ke-47 Muhammadiyah untuk membuka dialog konstruktif antara Sunni dan Syiah, dengan tujuan meningkatkan pemahaman tentang persamaan dan perbedaan di antara mereka. Muhammadiyah berupaya membangun kesadaran historis tentang kerja sama konstruktif antara kaum Sunni dan Syiah dalam membangun peradaban Islam.

Konferensi ini dibuka oleh Presiden Republik Islam Iran, Syed Ebrahim Raisi, pada hari Ahad, 1 Oktober. Acara tersebut dihadiri oleh 110 ulama dan pemikir dari 41 negara, serta 110 pejabat dan tokoh masyarakat seperti imam salat Jumat, ketua organisasi budaya, dan tokoh perempuan dari Iran. Tujuan konferensi adalah meningkatkan persatuan dan solidaritas di kalangan umat Islam, mengembangkan kesepakatan di antara para ulama dan ilmuwan, dan menyajikan solusi praktis untuk mencapai persatuan umat serta memberikan alternatif solusi dalam permasalahan umat.

Dalam konferensi tahunan ini, lebih dari 200 artikel dari 20 negara berbahasa Arab seperti Mesir, Aljazair, Tunisia, dan Irak telah dikirimkan ke sekretariat konferensi Persatuan Islam. Artikel-artikel ini membahas isu-isu strategis seperti perdamaian yang adil, persaudaraan Islam, perang melawan terorisme, kebebasan beragama, ijtihad agama, perlawanan terhadap takfir, ekstremisme, serta menghormati perbedaan dan menghindari perselisihan.

Dalam perjalanannya ke Iran, Saad Ibrahim didampingi oleh Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Republik Islam Iran. Saad Ibrahim, sebagai utusan PP Muhammadiyah, dikenal sebagai sosok yang visioner, terbuka, dan memiliki penguasaan yang baik terhadap kitab kuning, terutama dalam tema-tema sirah (biografi), tarikh (sejarah), dan hadharah (peradaban).

Berita ini disadur mediamu.com dari muhammadiyah.or.id dengan artikel berjudul Amanat Muktamar, Kiai Saad Ibrahim Wakili Muhammadiyah Hadiri Konferensi Persatuan Islam ke-37 di Republik Islam Iran

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here